Sumber Gambar _ halodoc.com (10)Bun, pernah gak ngerasa stuck banget ga ada ide. Entah itu ide menu masakan untuk keluarga, atau mungkin ide kegiatan bermain bersama anak.

Manda yang saat ini berkecimpung di tim media komunikasi, sering juga mengalami ini. Rasanya bingung mau buat konten apalagi. Walaupun berbagai clue bermunculan, tapi tidak jarang merasa buntu saat akan mengeksekusi.

Terus biasanya Manda gimana agar ide kembali mengucur deras? Simak yuk tips ala Manda mengatasi buntu gak ada ide berikut.

1. Tidur




Saat kita merasa sangat buntu, tidak perlu kita paksakan. Beristirahatlah, dapatkan tidur yang berkualitas dan isi kembali tenaga kita.

Setelah mendapatkan tidur yang berkualitas, Bunda bisa terbangun dengan semangat baru. Ide segar akan segera bermunculan.

2. Makan makanan favorit.




Lupakan sejenak diet Bunda. Makanlah menu favorit yang sangat diidamkan Bunda. Lebih seru juga bila makannya di lokasi kesukaan Bunda. Saat merasa bahagia, ide dan inspirasi akan bermunculan. Ide itu bisa juga muncul saat melihat bentuk makanan, pacakaging, atau suasana sekitar.

3. Nonton drama atau tayangan kesukaan.


Sumber Gambar _ halodoc.comBagi pecinta film maupun serial, inspirasi bisa muncul saat menonton. Tayangan dengan kualitas baik seringnya menyajikan ide baru dari sinematografi maupun alur cerita yang memukau. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Bunda, butuh ide apa hari ini?

Bahkan dari tayangan drama Korea pun bisa menjadi hikmah yang luar biasa bila kita mau mencoba merenungkannya. Pecinta drama Korea mana suaranya?

4. Menatap langit.


Sumber Gambar _ halodoc.com (1)


Pernahkah Bunda menemukan bentuk unik dari awan? Keunikan bentuk awan yang kita lihat adalah hasil imajinasi dan kejelian visual kita. Saat Bunda merasa hati begitu berat, cobalah sejenak menatap awan.

Selain mampu memberikan beragam ide, keindahan yang Maha Kuasa mampu meredakan kecamuk di hati. Saat melihat kebesaranNya, Manda kerap merasa nyaman dan tenang.

5. Membaca buku.


Sumber Gambar _ halodoc.com (2)

Sama halnya dengan menonton film, membaca buku memberikan ragam kisah dan inspirasi. Buku sebagai jendela dunia mampu memberikan banyak informasi yang bermanfaat.

Saat Bunda membutuhkan ide bermain dengan anak misalnya, pilihlah buku yang sesuai. Bunda bisa mulai dari membaca, memahami, meniru ide dalam buku, dan memodifikasinya. Pilih yang sesuai dengan value dan kebutuhan ananda. Tambahkan juga beragam sentuhan favorit mereka untuk menambah makna. Pasti jadi tambah seru mainnya!

6. Mengobrol dengan orang lain.


Sumber Gambar _ halodoc.com (3)

Bersosialisasilah dengan teman ataupun kerabat. Berbagi cerita dan mencurahkan isi hati kepada mereka. Obrolan ringan biasanya memberi insight tersendiri.

Cerita orang lain mampu memberi masukan bagi inspirasi kita. Yuk, mulai perbanyak ngobrol dan silaturahmi dengan orang lain.

7. Liburan.


Sumber Gambar _ halodoc.com (4)Nah, kalau yangini sih pasti semua kepingin kan ya. Liburan dan merasakan suasana baru mampu memberi banyak ide segar.

Selain membuat kita jauh dari stres, liburan mampu membuat kita lebih kaya wawasan. Saat kita berlibur ke daerah lain, kearifan lokal di daerah tersebut mampu menjadi kreativitas baru.

Liburan tidak perlu berpatok dekat jauhnya jarak. Suasana baru yang belum pernah kita alami sudah cukup memberi kesan berbeda.

8. Olah raga.


Sumber Gambar _ halodoc.com (5)Olah raga dan mengeluarkan keringat membuat tubuh dan pikiran lebih segar. Segala yang kita pikirkan akan lebih terasa lengang setelah berolah raga.

Jalan santai mengitari lingkungan sekitar dan mengamati situasi yang terjadi tentu menyenangkan. Ide dan inspirasi terkait daerah kita dan informasi terbaru dari lingkungan akan juga kita dapati.

9. Ikuti kegiatan inspiratif dan bertemu orang yang menginspirasi.


Sumber Gambar _ halodoc.com (6)Sesekali kita juga bisa mengikuti berbagai acara inspiratif. Seminar atau lokakarya yang berkaitan dengan minat Bunda.

Ilmu baru dan pengalaman baru sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan jam terbang kita. Selain itu, dari mengikuti kegiatan inspiratif kita juga akan bertemu dengan banyak orang.

Bertemu dengan orang baru yang menginspirasi akan mampu membuka pikiran kita. Kita akan mendapat sudut pandang baru. Sudut pandang dan wawasan baru itu akan menjadi ide baru yang berkualitas.

10. Browsing ide dari internet.


Sumber Gambar _ halodoc.com (7)Yap, cara ini paling mudah dan cepat untuk menemukan ide. Saat sudah sangat buntu tidak tahu lagi mau berbuat apa, internetlah jawabannya. Berbekal jari dan jaringan internet, voila, semua ide yang dibutuhkan akan muncul berurutan.

Jangan lupa juga semua ide dan inspirasi datangnya dari Yang Maha Kuasa. Maka selalu memintalah inspirasi terbaik dari segala pemilik ide. Bismillah, semoga berkah!
SHARE 1 comment

Add your comment

  1. Manda, terima kasih tips nya. Menatap langit salah satu favorit Karin juga loh, Karena visual langit bisa berbeda2 indahnya, ada biru cerah, berbagai bentuk awan, warna jingga, pink, ungu, bahkan ketika mendung atau malam sekalipun, langit kanvas Tuhan ❤

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS