Bagi beberapa sebagian pecinta karya kreatif Korea Selatan, budaya Korea akhirnya menjadi sangat menarik untuk dipelajari.

Tidak aneh bila yang tadinya hanya senang menonton drama, tiba-tiba giat belajar bahasa Korea, atau bahkan belajar penulisannya, hangul.

Pada tulisan kali ini grup Drakor dan Literasi mengajak kita kembali mengingat awal muasal kita menyukai karya kreatif Korea Selatan ini. Apakah lebih dahulu senang menonton drama atau lebih dahulu gemar ngebias Oppa jago ngedance di Kpop.

Awalnya Manda sendiri kurang suka melihat sekelompok pria meliuk-liuk di atas panggung. Jadi memang awalnya Manda hanya sebatas senang menonton serial Korea.

Tapi setahun belakangan ini Manda mulai terbiasa melihat video musik KPop. Hal ini karena betapa bagus dan niatnya pembuatan video musik ini.

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat para penyuka drama Korea akhirnya terbiasa untuk menyukai band Korea.

1. Band Terkenal Sering Disebut dalam Drama Korea

Bila sering menonton drama Korea pasti beberapa kali artis KPop dibahas ataupun jadi bahan dialog dalam drama.

Yang paling baru adalah Manda ingat bagaimana Sang Tae di drama Its Okay To Not Be Okay menyebut Gang Tae tidak menyenangkan dan terkenal. Sementara menurutnya yang terkenal adalah Blackpink.

Lalu diingat-ingat, bagaimana BTS sangat sering disebut di drama-drama sebagai kebanggaan negaranya.

Pada drama Crash Landing On You, BTS menjadi penyelamat Yoon Se Ri saat melarikan diri dari rumah sakit di Korea Utara. Saat itu diceritakan seorang gadis remaja sedang asyik mendengarkan lagu BTS di ponselnya.

Yoon Seri lalu mengancam gadis itu untuk membantunya, atau ia akan melaporkannya karena menonton BTS. Sang gadis tentu langsung membantunya karena di Korea Utara dilarang mengikuti budaya luar terutama Korea Selatan yang dianggap kapitalis.

Dari situ saja kita secara otomatis akan penasaran, siapa sih BTS, atau siapa sih Blackpink.

2. Personil Band Kpop Ada Juga yang Bermain Drama

Pertama kali Manda lihat Blackpink konser di Indonesia melalui tayangan telivisi nasional. Manda ingat betapa langsingnya mereka, bahkan kelewat langsing. Meliuk-liuk dan bernyanyi, tidak juga membuat Manda kepo.

Tapi saat Jisoo main di Arthdal Chronicles, jagad raya sosial media heboh. Memuji-muji betapa cantiknya visual Blackpink tersebut. Yang saat itu mainnya juga cuma selewat banget.

Berbeda dengan kehebohan yang dibuat oleh Rowoon SF9 yang berkali-kali main drama. Walau aktingnya kata Manda mah standar banget, tapi para fans heboh histeris melihat biasnya main drama.

Sama halnya dengan saat Cha Eun Woo Astro dan D.O EXO langganan jadi pemeran utama di drama.

Tapi untuk dua anggota band ini, Manda akui aktingnya memuaskan untuk disaksikan.

3. Terbiasa Mendengar Lagu Berbahasa Korea

Awalnya hanya menonton drama Korea. Lalu lama-lama terbiasa dan larut dalam lagu soundtrack yang begitu membuat susah move on.

Lama kelamaan, saat tidak ada drama yang sedang ditonton jadi kepo-kepo lagu Korea lainnya.

Kepo ini akhirnya membawa kita pada mencari-cari lagu yang mirip. Salah satunya band Kpop yang sedang trending. Atau berakhir dengan menemukan kolaborasi antara pemain drama favoritnya dengan salah satu band Kpop.

4. KPop Band Sering Menjadi Brand Ambassador di Marketplace Langganan Pencinta Drakor

Ini nih salah satu alasan terkuat Manda nyaris jadi Army sejati. Yaitu gara-gara setiap hari kalau Manda mau cari barang online diawali dengan melihat formasi BTS rapi berbaris di laman Tokopedia.

Belum lagi Suga yang terus menerus muncul di iklan Tokopedia. Lama kelamaan kepo ini membawa Manda pada video musik mereka di YouTube. Ternyata memang niat banget sih itu.

Koreografi, lirik lagu yang dipadukan antara bahasa Korea dan Inggris, juga visual video musiknya yang niat abis.

Jadi Manda pribadi lebih suka sama karyanya dari pada personilnya.

Juga dulu saat Shopee masih pakai Blackplink. Duh, iklannya terus menerus diputar dan membuat kepo maksimal.

Tapi memang lagu dan video musiknya sangat niat bin konseptual. Setiap mereka mengeluarkan lagu baru, Manda pasti segera nonton.

5. Sering Cari Berita Drama Korea Berujung Banyak Artis Kpop Mampir Juga di Feeds Sosmed Kita

Nah ini penjerumusan selanjutnya. Karena selalu viral dan trending, feeds diisi Kpop semua. Alhasil kita pintar tentang Kpop tanpa sengaja mempelajarinya, ahaha.


SHARE 2 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS