Ketika kegagalan menyapa apa yang akan kamu pilih? Bersedih dan merutuki nasib atau tetap memilih positive thinking dan mencari pelajaran atasnya? 

Virtual Conference yang sudah dipersiapkan secara matang, berlatih secara optimal, mengerahkan tim keluarga dan juga lingkaran terdekat, berakhir pada kegagalan. 

Gagal apa? Gagal disimpan di IGTV. Jadi sesi live tersebut memang menjadi sesi eksklusif yang hanya bisa disaksikan oleh mereka yang menyaksikan secara tepat waktu. 

Beberapa sahabat menghubungi secara pribadi untuk menanyakan apa ada rekamannya karena tidak bisa ditemukan di Instagram City Hexagon. 

Tapi memang keseruan chitchat itu berakhir menjadi rahasia antara kami yang ada di situ saja, huehehhe. 

Semalam sebelumnya disaksikan Coach DJ kesayangan, Mba Tri Mukti dan Mba Norma Devita, kami berlatih di Instagram yang biasa Manda gunakan untuk mencoba piranti dan pelafalan dialog. 


kegagalan itu investasi masa depan


Manda mendapat input untuk menggunakan alat peraga agar layar tidak terasa kosong. Secara spontan esok harinya Manda mencetak secara online dan diantar ke rumah oleh ojek online. 

Live diawali dengan pemaparan materi yang bisa dilihat di sini : https://www.aliendasophia.com/2020/11/jadi-desainer-tanpa-baper.html?m=1


Waktu masih sangat panjang saat kita mulai berbincang panjang lebar tentang desain, kebiasaan, kebaperan, dan inspirasi. 

Masih tersisa rasa antusias kami saat Bunda Septi juga turut hadir menyaksikan Live dan menyapa "Mandaaaa.. " 

Teman-teman di sana bertanya seputar bagaimana Manda menyeimbangkan kegiatan dengan amanah mengurus balita. 

Teknik multitasking yang biasa Manda lakukan bila ada keadaan mendesak pun sempat Manda peragakan. Bagaimana Manda biasa menggendong Mysha lalu memangkunya sambil tangan tetap memainkan keyboard dan mouse. Kok Mysha? Iya, dulu zaman Nayyara bayi Manda full tidak kepikiran kerja hehe. Super fokus sama Nayyara yang memang tidak bisa ditinggal sama sekali. Baru saja saat adiknya lahir Nayyara malah jadi lebih susah dipeluk dan jauh lebih mandiri. 


Manda juga bercerita tentang bagaimana proses kreatif dan inspirasi biasa didapatkan. 

Sampai juga tiba di akhir waktu, 60 menit hampir berakhir, Manda lega. Manda sudah bersiap mematikan tombol live saat ponsel seketika tidak bisa diubah sama sekali, Freeze! 

Manda terus berada di acara live dengan wajah bingung, tapi tetap senyum, hahahaa. 

Manda yang panik menghubungi panitia, teman-teman di grup IG live tetap memberi semangat. 

Panitia menyarankan untuk merestart dan Alhamdulillah IG Live berhasil diakhiri. Namun rupanya karena dipaksa berakhir, sesi tersebut tidak sempat terekam, Qadarullah. 

Otomatis Manda merasa dilatih langsung dari materi yang Manda bawakan yaitu, Kegagalan Adalah Investasi Masa Depan

Hati penuh lega saat Manda mulai mencoba menerapkan langkah sebagai berikut :

Oke Berhenti Dulu, Cermati Apa yang Terjadi

Saat gagal, ingat lagi plan B. Apa sudah ada plan B yang dipersiapkan? Bila memungkinkan untuk dilakukan, silahkan lakukan. 

Bila tidak mungkin ya sudah, waktunya move on. 

Bila masih belum mampu mengurai rasa kecewa, take your time. Tapi jangan lupa, berikan tenggat waktu untuk kembali fit. 

Oh Gagal, Berarti Belajar Hal Baru

Saat menghadapi kegagalan, kita akan bertemu hal baru yang kita pelajari. Ini bisa jadi investasi kita untuk di hari yang akan datang. 

Bangkit dari kegagalan akan membawa kita kepada kebijaksanaan. 

Bisa jadi kita akan merasakan rasa tidak nyaman di awal. Merasa usaha optimal kita berubah menjadi sia-sia. Lalu kita mungkin berakhir menyalahkan diri sendiri atas diri yang terasa tidak cakap. 

Tapi coba runut lagi, apa prosedurnya sudah sesuai dan optimal? 

Bila jawabannya iya, stop membuat diri sendiri bersedih atau terpaku pada kesalahan. 

Fokus pada pencapaian, jangan terpaku membuat pembenaran atau berandai-andai. 

Susun lagi strategi baru agar menjadi semakin handal. 

"Oke, apa yang bisa aku perbaiki kali ini?"

Berapa Kali Bayi Terjatuh Sampai Akhirnya Mampu Berdiri

Bayi yang belajar berjalan akan terjatuh dan terjatuh lagi. Belajarlah dari bayi yang tidak pernah takut mencoba bangkit lagi dan memulai langkah baru. 

Milikilah jiwa ksatria yang tidak takut akan gagal. Bukan berarti tidak menyakitkan, tapi menjadi pemberani yang siap sedia menghadapi resiko yang perlu dihadapi. Gagal tidak menjadikanmu pasti bodoh. Ingatlah, saat berdiri kembali, saat itu juga kita menjadi lebih berhasil dari sebelumnya. 

Maka mulailah kembali. 

Ingatlah semangat bayi yang tidak ada salahnya kita tiru. 

Lebih Baik Mencoba Namun Gagal Daripada Menyesal Tidak Pernah Mengambil Kesempatan

Saat awal mau mencoba mungkin ketakutan gagal siaran ini sempat terbesit dan juga akhirnya terjadi. Sinyal dan teknis selalu lekat dengan siaran Live. Gagal setelah mengikuti semua prosedur dan tindakan preventif tentu lebih baik daripada tidak mencoba secara optimal. 

Momentum keberhasilan adalah saat kesempatan bertemu dengan kecakapan. Saat kita menyia-nyiakan kesempatan kita tentu tidak bisa menabung keberhasilan itu. 

Optimalkan Usaha, Soal Hasil Serahkan Kepada Kuasa Yang Maha Pengasih

Balik lagi ke usaha kita harus optimal. Semua ilmu dan kemampuan dikerahkan untuk mencapai tujuan. Jangan lupa memulai dengan menyebut nama Yang Maha Pengasih dan mengharap Ridha Nya. 

Setelahnya, apapun yang terjadi kita terima ketetapan dengan penuh keikhlasan. Kenapa? Karena bisa jadi itu adalah yang terbaik dan pembelajaran bagi kita. 

Setelahnya jadikan hal tersebut penyemangat kita untuk belajar lebih giat. 

Saat kita mengalami kegagalan, kita tengah menambah isi kamus pengalaman kita. Orang yang kaya akan pengalaman akan memiliki kebijaksanaan. 

Kegagalan membuat kita semakin bijaksana dan kaya akan pengalaman yang bisa jadi berharga bagi diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain.

Berikut adalah sepenggal kenangan hasil screen shot yang tersisa dari live Virtual Conference nya Manda. 

fokus pada solusi



SHARE 8 comments

Add your comment

  1. Mandaaaaa,kegagalan nyimpen rekaman pertanda Manda perlu live lagiiii di akun pribadiiiii. Kereen persiapan live-nya Manda, totalitas. Barakallah Mandaaaa :)

    ReplyDelete
  2. Ulalaaaa... Siap Teh Meccaaaa... Nanti dicoba daku agendakan.. Wa fiik Barakallah.. Nuhun pisannn ❤❤

    ReplyDelete
  3. Hehe aku pernah tuh kayak gitu saat lagi mengisi materi kelas online di Zoom, ternyata tidak terekam jadi peserta yang butuh materinya gagal dapat rekaman..huhu.. semangat..

    ReplyDelete
  4. Mantap memang... jangan lelah meski gagal berulang kali.

    ReplyDelete
  5. Kegagalan adalah tetap tetap kegagalan. Bukan sukses yang tertunda klo kita tak berusaha mengubahnya jadi sukses. Bahahha.

    ReplyDelete
  6. wah bener banget, tulisannya mmotivasi banget untuk tetap tegar dan terus bangkit berjuang. Namun terkadang kita sering lupa belajar pada anak kecil atau bayi, yang selalu tak pernah putus asa untuk emndapatkan apa yang diinginkannya.

    ReplyDelete
  7. Setuju sekali soal gagal adalah investasi masa depan, karena kegagalanlah yang membuat kita belajar, semakin kuat, dan tangguh sehingga kesuksesan akan datang dan hadir kelak

    ReplyDelete
  8. Setuju banget sama tulisan ini
    Kegagalan seharusnya jadi pembelajaran untuk lebih baik lagi
    Jangan sampai gagal lalu putus asa dan terpuruk
    Semoga setiap kita bisa mengambil hikmah dari semua peristiwa yang dilalui

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS