Setiap kelahiran membawa cerita dan kebahagiaan baru. Rasa haru dan bangga menyeruak seketika anggota keluarga yang dinantikan telah hadir. Kebahagiaan yang dibawa ini tentunya membuat perubahan pada setiap anggota terutama orang tua. Perlunya orang tua memiliki pengetahuan mengenai prosedur hingga hukum syariat yang berkenaan dengan kelahiran sang anak. Salah satunya syariat mengenai pelaksanaan aqiqah. Saat ini telah marak penyelenggara aqiqah memberi jasa berbentuk pemotongan hewan aqiqah, hingga berbagai paket menarik seperti pemasakan daging aqiqah dan pendistribusiannya. Hal ini dilakukan oleh penyelenggara aqiqah, dan salah satu yang menjadi pelopor juga terbaik di bidangnya adalah Rumah Aqiqah. Inovasi demi inovasi dilakukan oleh Rumah Aqiqah dari perluasan jangkauan hingga penambahan produk. Kemudian di awal 2023 ini Rumah Aqiqah membawa kebahagiaan baru yang hadir dengan rebranding logo terbaru. 

rebranding rumah aqiqah
Peresmian Rebranding Rumah Aqiqah

Rumah Aqiqah sebagai brand produk di bidang jasa aqiqah, makanan dan qurban semakin melebarkan sayap. Brand yang dimulai pada bulan September 2004 dengan membuka kantor layanan di kota Jakarta, Bandung, Solo, dan Yogyakarta. Kini Rumah Aqiqah telah hadir di 14 kota di pulau Jawa dan pulau Sumatera untuk melayani kebutuhan masyarakat muslim dalam beraqiqah. Hadir di 14 kota, Rumah Aqiqah telah membantu masyarakat menyambut kebahagiaan di keluarganya serta para peternak lokal yang bekerjasama dengan Rumah Aqiqah.

Kehadiran rebranding logo terbaru ini memiliki filososi dan seiringan dengan visi misi Rumah Aqiqah. Selain menyajikan kualitas, Rumah Aqiqah juga senantiasa membagikan manfaat kepada masyarakat luas melalui aqiqah. Sebelum Manda lebih lanjut bahas branding baru Rumah Aqiqah yang keren, yuk kita kenali dulu tentang aqiqah.

Keutamaan Aqiqah

Akikah (bahasa Arab:  عقيقة hasa Arab, transliterasi: Aqiqah) adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adaalh sunah muakkad, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits. Kemudian ada ulama yang menjelaskan bahwa akikah sebagai penebus adalah artinya akikah itu akan menjadikan terlepasnya kekangan jin yang mengiringi semua bayi sejak lahir.

Sementara hukum banyaknya aqiqah untuk anak adalah :

Perempuan satu ekor (Hadis sanadnya shahih riwayat Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan)
Dari Aisyah Radhiallaahu anha berkata, yang artinya: "Nabi S.A.W. memerintahkan mereka agar disembelihkan akikah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor." (Shahih riwayat At Tirmidzi). Dan karena kebahagiaan dengan mendapatkan anak laki-laki adalah berlipat dari dilahirkannya anak perempuanm dan dikarenakan laki-laki adalah dua kali lipat wanita dalam banyak hal. 

Teringat kembali saat kelahiran anak pertama kami Nayyara pada tahun 2015. Hari ketujuh setelah kelahiran, Nayyara masih dirawat di ruang perawatan bayi. Saya dan suami merasa sangat terbantu dengan fasilitas paket aqiqah yang sudah dimasak. Paket tersebut telah melalui proses sesuai syariat dan kami cukup membagikan dalam bentuk nasi box kepada para penerima. Hal ini memberikan kelegaan tersendiri bagi kami selaku orang tua. Praktis dan menjadi pilihan terbaik bagi keluarga berkondisi khusus. 

Inovasi seperti ini Manda rasa sangat butuh terus dikembangkan, agar setiap kelahiran membawa utuhnya kebahagiaan. Inovasi ini yang banyak dilakukan oleh Rumah Aqiqah selama perjalanannya. Selaku pelopor, Rumah Aqiqah juga banyak melakukan penyesuaian berdasarkan feed back yang diterima dari masyrakat. Salah satunya berkaitan dengan usulan melakukan rebranding logo dan desain.

Rebranding Rumah Aqiqah

Setelah istiqomah dengan logo lama sejak tahun 2004, Rumah Aqiqah hadir dengan tampilan baru yang lebih luwes. Logo baru ini terlihat muda dan dinamis dengan grafis yang menyerupai tanduk domba. Tanduk domba berwarna pink fuchsia, emas dengan latar putih yang menjadikannya lebih modern. 

Pada tanggal 15 Maret 2023 lalu bertempat di Pine Cabin, Agro Farm, Cimenyan Bandung, Rumah Aqiqah meresmikan branding baru ini. 

Venue rebranding rumah aqiqah
Peresmian bertempat di Pine Cabin Agro Farm Cimenyan

"Semangat menjadi lebih baik kami wujudkan melalui branding baru. Rebranding tidak hanya sekedar berganti logo, kami juga memperbarui strategi dan value. Besar harapan kami perubahan ini dapat membawa #kebahagiaanbaru di keluarga Indonesia", tutur Presiden Direktur Rumah Aqiqah, Syahid Hasan. 

Peresmian logo dan desain baru ini ditandai dengan hadirnya ikon dari Rumah Aqiqah bernama Dombra (Domba Rumah Aqiqah). Kehadiran Dombra dengan pakaian berwarna fuschia, senada dengan logo baru Rumah Aqiqah. Dombra menari dengan iringan lagu berperan sebagai lengser yang mengiringi pasangan pengantin. Pengantin hari itu adalah Anandito dan Anisa Rahma.

Anandito dan Anisa Rahma hadir sebagai pasangan selebritas dan perwakilan konsumen Rumah Aqiqah. Pasangan yang baru diberkahi oleh kehadiran dua putri kembar ini, merupakan konsumen yang merasa puas dengan kualitas Rumah Aqiqah. Pada kesempatan kali ini mereka juga menyuguhkan dua lantunan lagu. Secara duet mereka menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh girlband  Cherrybelle yaitu Love Is You. Setelahnya Anindito melantunkan lagu Izinkan Aku Menghalalkanmu milik Adam.

Selain itu hadir juga Ustadz Ray Shareza sebagai pengisi tausiyah. Ustadz Ray Shareza juga menyumbangkan satu buah lagu yang pernah dinyanyikannya ketika masih sebagai vokalis band Nine Ball. Lagu Hingga Akhir Waktu ini seolah menjadi mesin waktu yang membawa kita kepada kenangan di masa lampau.

Selain pengisi acara, turut hadir tamu undangan dari berbagai kalangan. Perwakilan Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Edelweiss, perwakilan RT dan RW, konsumen, tim Rumah Aqiqah, juga dari pihak media. Salah satunya adalah kami dari Blogger Bandung.

Blogger Bandung di Peresmian Rebranding Rumah Aqiqah
Blogger Bandung di Peresmian Rebranding Rumah Aqiqah

Menu dan Produk Rumah Aqiqah

Pada kesempatan ini kami dapat mencicipi menu andalan dari Rumah Aqiqah yang rasanya jelas istimewa. Menu yang ditawarkan antara lain adalah gulai domba, kambing guling, juga rendang bersama nasi kebuli. Kualitas rasa bisa diadu karena dibuat langsung oleh chef dari Rumah Aqiqah. Rumah Aqiqah juga menjamin kualitasnya melalui kerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA). Semua tersaji dengan estetik dan dengan latar belakang hutan pinus juga rintik hujan, semakin menambah nuansa syahdu. 

Berasa banget makan enak kualitas hotel bintang lima. Semua makanan dimasak dengan baik dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam. Paling favorit tentu kambing guling yang rasa dan aromanya melenakan.

menu dan produk Rumah Aqiqah
Gulai, Kambing Guling dan Nasi Kebuli

Sementara untuk produk yang ditawarkan oleh Rumah Aqiqah antara lain adalah :

Aqiqah Reguler menyediakan pilihan paket beragam. Paket beragam merupakan variasi paket aqiqah yang sudah siap makan. Pelaksanaan sembelih, masak, dan pengantaran dapat difasilitasi oleh pihak Rumah Aqiqah. Saat ini Rumah Aqiqah memiliki 21 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Paket yang dapat dipesan memiliki banyak sekali varian. Mulai dari pilihan jenis domba (tersedia paket aqiqah domba betina maupun jantan). Selain itu juga Rumah Aqiqah juga menyediakan paket tambahan, seperti berbagai pilihan nasi box siap santap.

Aqiqah Berbagi merupakan aqiqah yang disalurkan kepada penerima manfaat di desa-desa pelosok dan sudah dimasak menjadi satu olahan menu. Hewan aqiqah dibagikan dalam bentuk telah dimasak menjadi olahan yang bisa dipilih antara gule, tongseng, atau asam manis. 

Selain itu Rumah Aqiqah juga menjalankan program I-share, yairu mengaqiqahkan orang kurang mampu namun berkeinginan kuat untuk melakukan aqiqah. Program ini telah berhasil meng-aqiqah-kan 500 anak. Harapannya program ini dapat terus memberi manfaat bagi lebih banyak orang yang membutuhkan. 

Selain untuk masyarakat muslim Indonesia. Rumah aqiqah juga memfasilitasi masyarakat muslim di luar negeri dalam ibadah aqiqah dan qurbannya melalui program Aqiqah Berbagi dan Aqiqah oversease.Aqiqah Berbagi dan Aqiqah oversease sebagai alternatif layanan di era New Normal bagi umat muslim di Indonesia maupun luar negeri. Program yang diinisiasi sejak Pandemi ini turut membantu pemerintah mengurangi kerumunan dengan tidak melaksanakan acara aqiqah yang mengundang banyak orang. Serta membantu program pemerintah, khususnya Kementrian Kesehatan untuk melakukan percepatan penurunan Stunting pada 1000 HPK.

Suatu kebanggaan bagi Manda bisa turut serta menghadiri suatu perhelatan yang membawa semangat, kebahagiaan baru bersama Rumah Aqiqah. Sukses selalu untuk Rumah Aqiqah. Nuansa baru yang terlihat lebih luwes dan modern nyaman dipandang. Semoga dengan logo dan branding baru, mampu menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat juga penuh keberkahan dalam setiap usahanya. 

Logo Baru Rumah Aqiqah
Logo Baru Rumah Aqiqah


Referensi tulisan dan informasi :

 https://www.rumahaqiqah.co.id/


SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS