Hai Hai TemaNda! 

Pernah dengar tentang program keren bertajuk Indonesia Mendongeng? Nah, Indonesia Mendongeng merupakan kegiatan kolaboratif antara Rumah Zakat dan LKG TPQ Solo Raya yang telah berlangsung sejak tahun 2011. Acara ini telah memasuki satu dekade dengan harapan mampu mengedukasi anak Indonesia untuk berbagi. Acara yang diselenggarakan setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya ini telah konsisten menularkan anak untuk berempati dengan sesama.

Mengisi liburan akhir tahun 2023, agenda 1 dekade Indonesia Mendongeng pada tanggal 25 Desember 2023 ini akan dilakukan secara serentak.  Kegiatan yang berisikan cerita, kisah edukatif dan juga sejarah Palestina serta anek lomba akan tersuguhkan kepada anak anak, santri TPQ di 57 titik se Indonesia yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota di 17 Provinsi Indonesia. Yuk simak detailnya.


Indonesia Mendongeng 2023

Tujuan kegiatan

Setiap program dari Rumah Zakat memiliki ruh. Seperti yang dipaparkan oleh Bapak HM Sobirin, Chief Program Rumah Zakat.

Berdasarkan pemaparannya, HM Sobirin mengungkapkan bahwa dalam setiap programnya, Rumah Zakat membawa 3 ruh dan semangat, yakni membahagiakan, memberdayakan dan Menyelamatkan. "Dalam setiap program, Rumah Zakat berupaya membahagiakan para penerima manfaat dan donatur. Siapa membahagikan saudaranya, mereka akan mendapatkan pahala," paparnya.

Rumah Zakat, lanjut dia, juga berupaya memberdayakan para penerima manfaat atau mustaik mampu bertransformasi menjadi donatur atau muzaki. Ruh ketiga ditetapkan karena alasan Indonesia yang berada di negeri yang penuh potensi bencana. Untuk itu, Rumah Zakat menyiapkan relawan yang diwadahi dalam Rumah Zakat Action. Mereka siap dan hadir di lokasi bencana dan melakukan upaya-upaya kemanusiaan.

Kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk mengedukasi anak Indonesia untuk senantiasa berbagi dan menumbuhkan rasa empati kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Target kegiatan

Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat Al Razi Izzatul Yazid menjabarkan kegiatan ini akan melibatkan para pendongeng profesional dan sejumlah guru.

Pada awalnya, kegiatan ini dimulai di Kota Solo pada 2011 silam oleh para relawan Rumah Zakat di kota itu. Selanjutnya, pada 2013, Rumah Zakat menjadikan acara ini berlaku secara nasional dengan Indonesia Mendongeng. Saat itu, acara digelar di 27 titik di 12 kota. 

"Setiap tahun, kami mengedepankan tema mengajarkan hal baik pada anak-anak Indonesia. Kita ajarkan pada mereka semangat berbagi dan kepedulian kepada saudara yang membutuhkan," tambah Izza. 

Pada tahun 2023, Indonesia Mendongeng diadakan pada 57 titik di 29 kabupaten dan Kota pada 17 provinsi. Kegiatan ini juga ditargetkan akan melibatkan 30.000 anak se-Indonesia.

Indonesia Mendongeng

Satu Dekade Indonesia Mendongeng

Tahun lalu, Indonesia mendongeng mengambil tema kepedulian pada anak-anak di lokasi gempa Cianjur. Tahun ini, tema kepedulian mengarah untuk anak-anak di Palestina. Tahun ini, puncak acara Indonesia Mendongeng digelar di Taman Margasatwa Ragunan. Sebanyak 1.000 anak akan turut mendengarkan dongeng yang membangun juga penuh kepedulian.

Tahun ini tema yang diangkat adalah "Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta". Tema ini bermakna agar tumbuh rasa cinta kepada sesama ummat dan alam semesta di dalam diri para anak anak dan santri TPQ. 

“Mengingat saat ini saudara-saudara kita di Palestina sedang berjuang mempertahankan tanah tumpah darah mereka. Dan kita selaku ummat muslim, perlu bersuara dan berdoa untuk keselamatan saudara saudara kita di Palestina. Oleh karenanya di edisi satu dekade ini kami juga mengajak para santri dan anak anak Indonesia untuk menyisihkan ssbahagiaan harta untuk infak terbaiknya untuk Palestina,” lanjut Al Razi Izzatul Yazid. 

Bantuan untuk Palestina

Seperti yang kita ketahui bersama, rakyat Indonesia satu suara untuk mendukung Palestina. Begitu pula dengan Rumah Zakat yang terus berperan aktif dalam penyaluran bantuan untuk Palestina. Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32.671 paket makanan siap saji, 1.515 paket obatan-obatan ke RS Gaza, 2.472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3.640 kaleng kornet Superqurban, 3  truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 ltr air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.

Untuk pekan 3 dan 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000  makanan siap saji, 1.000 food basket, 2.400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit Ambulance, juga 2 unit Desalinasi Air Bersih.

Kesimpulan

Kegiatan positif seperti Indonesia Mendongeng perlu didukung oleh segenap masyarakat agar terus berlangsung secara rutin. Disadari setiap anak Indonesia perlu diberikan pemahaman dan edukasi untuk menumbuhkan rasa empati terhadap anak lain yang lebih kurang beruntung.

Semoga Indonesia Mendongeng terus menjadi wahana positif dalam membentuk karakter anak-anak Indonesia yang peduli, berbagi, dan memiliki empati. Mari bersama-sama berkontribusi untuk menciptakan generasi penerus yang berdaya dan peduli terhadap kebutuhan sesama.

Indonesia Mendongeng


SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS