Hai Hai TemaNda! Siapa di sini yang setiap haid wajahnya sering breakout. Kalau Manda biasanya saat PMS, jerawat muncul beberapa dan besar-besar. Belum lagi terasa sakit dan perih. Kalau sudah begini rasanya malas sekali keluar rumah. Karena konon residu Sunscreen bisa memperparah kondisi kulit yang Breakout.

Itu baru dari wajah ya, belum lagi mengatasi persoalan mood yang naik turun saat haid. Rasanya setiap ketemu orang lain maunya senggol bacok, ngeri ya, hehe. Kalau soal ini biasanya Manda akan membuat pengumuman di rumah, kalau Manda sedang PMS atau haid. Anak dan suami sudah mulai terbiasa dan tidak heran saat intonasi suara Manda meninggi atau mendadak lebih mager dari biasa. 

Syukurnya keluarga Manda cukup suportif saat kita lebih komunikatif. 

Nah sekarang tinggal urusan wajah Breakout nih. Yuk kita bahas lebih lanjut soal Breakout pada wajah perempuan yang sedang haid. Pasti mau dong tetap Glowing selama haid. 

Tetap Glowing Saat Haid


Mengapa Wajah Breakout Saat Haid?

Kebanyakan wanita mengalami perubahan pada wajah mereka selama periode haid. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah timbulnya jerawat atau breakout. Hal ini dapat menjadi sumber frustrasi karena mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Yuk kita lihat beberapa alasan mengapa wajah bisa breakout saat haid:

1. Perubahan Hormon

Selama siklus haid, level hormon wanita, seperti estrogen dan progesteron, berfluktuasi. Peningkatan hormon tertentu, terutama hormon androgen, dapat merangsang kelenjar minyak kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya mengakibatkan jerawat.

2. Peradangan

Selama haid, tubuh mengalami proses inflamasi alami sebagai bagian dari siklus normal. Peradangan ini dapat mempengaruhi kulit wajah, memicu reaksi yang memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada atau menyebabkan jerawat baru muncul.

3. Retensi Air

Beberapa wanita mengalami retensi air selama periode haid, yang dapat membuat kulit terasa bengkak dan menyebabkan pori-pori tersumbat lebih mudah. Ini juga bisa memperburuk kondisi jerawat.

4. Perubahan Kebiasaan Perawatan Kulit

Kondisi kulit yang berubah selama haid mungkin mengharuskan kita untuk mengubah rutinitas perawatan kulit kita. Misalnya, kulit mungkin menjadi lebih sensitif atau berminyak dari biasanya, sehingga produk-produk perawatan kulit yang biasa digunakan mungkin tidak lagi cocok.

Nah ini yang sangat terasa oleh Manda. Kulit terasa lebih sensitif. 

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan, seperti stres, polusi, dan cuaca, juga dapat mempengaruhi kondisi kulit selama periode haid. Stres, misalnya, dapat meningkatkan produksi hormon stres, yang dapat berkontribusi pada munculnya jerawat.

Mengelola Jerawat Saat Haid

Meskipun wajah breakout saat haid mungkin tidak dapat dihindari sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemunculan jerawat atau masalah kulit yang lain. 

Rutin Perawatan Kulit 

Gunakan produk yang cocok untuk jenis kulit kita dan jaga kebersihan wajah dengan membersihkannya secara teratur.

Menjaga Polanya Makan 

Memakan makanan sehat, kaya akan nutrisi, dan hindari makanan yang dapat memicu peradangan, seperti makanan berlemak dan berminyak. Perbanyak buah, sayur, dan protein rendah lemak. 

Pola Tidur yang Sehat

Jangan pernah meremehkan porsi tidur kita. Pastikan kita mendapatkan cukup tidur setiap malam, karena kurang tidur dapat memperburuk kondisi kulit. Pastikan juga kita mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Pengelolaan Stres

Stres selalu menjadi pokok masalah dalam kesehatan. Selalu hindari diri kita dari keadaan stres berlebih. Temukan cara untuk mengurangi stres, seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan.

Konsultasi dengan Ahli Kulit

Jika jerawat kita parah atau tidak merespon perawatan rumahan, konsultasikan dengan ahli kulit untuk saran dan pengobatan yang sesuai.

Gunakan selalu Skincare yang sesuai dengan kondisi kulit sesuai rekomendasi. 

Tips Skincare yang Tepat Saat Menstruasi

Nah dengan memahami kulit pribadi kita akan mampu memilih Skincare yang tepat bagi kulit kita. Saat haid, hormon tubuh mengalami fluktuasi yang dapat memengaruhi kondisi kulit. Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan seperti jerawat, kulit kering, atau sensitivitas yang lebih tinggi. 

Oleh karena itu, merawat kulit dengan benar selama periode ini sangat penting. Berikut adalah beberapa tips skincare yang bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersih saat haid

Bersihkan Wajah dengan Lembut

Gunakan pembersih yang lembut dan tidak mengiritasi untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Hindari scrub kasar yang dapat menyebabkan iritasi, terutama saat kulit lebih sensitif selama menstruasi.

Gunakan Produk Anti-Inflamasi

Pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan anti-inflamasi seperti aloe vera, green tea, atau niacinamide untuk membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang mungkin terjadi pada kulit.

Hindari Produk yang Terlalu Beraroma

Bau yang kuat dari produk skincare bisa lebih mengganggu selama masa haid, karena indra penciuman bisa lebih sensitif. Pilih produk yang memiliki aroma yang lembut atau bebas aroma.

Perhatikan Kandungan Produk

Pilih produk skincare yang mengandung bahan yang cocok untuk jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dialami. Misalnya, produk dengan asam salisilat atau benzoyl peroxide bisa membantu mengatasi jerawat hormonal.

Gunakan Pelembap yang Tepat

Saat haid, kulit cenderung lebih kering dari biasanya. Gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit kita untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi ketidaknyamanan akibat kulit kering.

Hindari Paparan Matahari yang Berlebihan 

Kulit yang sensitif selama haid dapat lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar UV. Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan jika cuaca tidak terlalu terik.

Minum Air yang Cukup 

Pastikan kita tetap terhidrasi dengan baik dengan minum air yang cukup selama menstruasi. Ini membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Jaga Pola Makan yang Sehat

Konsumsi makanan yang sehat, kaya akan antioksidan dan nutrisi penting, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein sehat, dapat membantu mendukung kesehatan kulit selama menstruasi.

Hindari Sentuhan Berlebihan

Selama haid, hindari menyentuh wajah terlalu sering, karena tangan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Istirahat yang Cukup

Pastikan kita mendapatkan istirahat yang cukup selama menstruasi. Kekurangan tidur dapat memengaruhi kesehatan kulit dan memperburuk kondisi seperti mata panda atau kantung mata.

Kesimpulan

TemaNda yang punya masalah dengan hormon haid dan bermasalah dengan kulit jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Tapi bila masih dalam tahap wajar bisa coba tips-tips sederhana di atas. 

Dengan mengikuti tips-tips ini, kita dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersih selama masa haid. Selalu perhatikan bagaimana kulit kita bereaksi terhadap produk skincare dan lingkungan sekitar, dan sesuaikan rutinitas perawatan kulit kita sesuai kebutuhan. 

Jangan lupa selalu pilih yang memang memiliki efek baik bagi kita dan lingkungan. Dan yang utama, kondisi kesehatan dan mental kita saat haid juga mempengaruhi. Jadi jangan lupa untuk mengendalikan emosi dan stres kita, semangat! 

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS