[caption id="attachment_24" height="2448" align="alignleft" width="3264"]Silaturahmi Ramadan Rhesus Negatif Indonesia dengan PMI Kota Bandung 2018[/caption]

"Rhesus negatif? Ada turunan bule ya?"

"Hah rhesus negatif? Punya anaknya susah. Katanya cuma bisa punya anak 1, karena anak selanjutnya akan keguguran atau lahir cacat." (Naudzubillah, Amit-amit Ya Allah)

"Itu kan darah alien. Pantes namanya Alienda." (Ini minta dilempar timun)

"Rhesus negatif, apaan tuh?"

Nah kalau ini yang lebih sering didengar. Masih banyak sekali yang awam tentang rhesus negatif. Manda sendiri baru bersinggungan tentang ini saat pertama kali Manda donor darah.

Tahun 2009, saat itu Manda mengikuti acara donor darah bersama komunitas ponsel yang Manda ikuti. Saat diperiksa golongan darah, Manda dinyatakan memiliki rhesus negatif. Biasa aja sih, perawat yang memeriksa hanya memberi tahu bahwa nanti akan cukup sulit mencari golongan darah yang sama. Saat itu Manda hanya berpikir golongan darah Manda lumayan langka.

Ternyata dugaan Manda meleset. Golongan darah Manda bukan lumayan langka, tapi sangat langka. Golongan darah Manda O dengan rhesus negatif.

Tahun 2014 Manda mendonorkan darah untuk pasien kecelakaan yang infonya Manda dapat via media sosial. Entah bagaimana, Allah gerakan Manda untuk menghubungi keluarga pasien dan berujung dengan dimintanya Manda datang ke Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Ternyata untuk pengambilan darah, harus dilakukan di PMI Jalan Aceh. Kami akhirnya bersama-sama ke PMI. Sepanjang jalan kami bercerita tentang golongan darah rhesus negatif. Berkali-kali sang keluarga pasien bertanya apa Manda yakin kalau golongan darah Manda O-. Manda bilang insya Allah yakin, karena sudah pernah tes darah waktu 2009. Karena menurutnya, sudah beberapa orang datang mencoba menolong tapi ternyata golongan darahnya O dengan rhesus positif.

Dibilang begitu, Manda jadi berdebar juga. Karena memang Manda baru cek sekali itu saja.

Sesampainya di PMI, Manda disambut oleh Pak Ade, saat itu beliau yang bertugas untuk mengurus kebutuhan darah. Bagaikan selebriti, Manda disambut sangat hangat. Berbagai pertanyaan ditujukan pada Manda. Pak Ade juga menceritakan betapa golongan darah Manda adalah sangat langka.

Golongan darah dengan rhesus negatif banyaknya ada pada ras Kaukasoid, yaitu sekitar 15% dari total populasi. Sedangkan pada penduduk Asia hanya sekitar 1%. Jadi kalau total penduduk Asia ada 4,3 Milyar, pemilik golongan darah dengan rhesus negatif ada 43juta. Per hari itu Manda resmi jadi selebriti di PMI, hehe.

Untuk pertanyaan-pertanyaan ajaib di atas, mari kita bahas satu-satu.

Kenapa Rhesus Negatif dibilang darah bule ? Well, seperti yang tadi Manda sebutkan, rhesus negatif mayoritas ada pada ras Kaukasoid, ras kulit putih pucat bermata biru yang biasa kita sebut bule. Tapi itu pun hanya 15% dari total populasi loh. Dan kalau ada yang nanya Manda turunan mana, Manda memang blasteran. Blasteran Garut-Banten, haha!

Rhesus negatif susah punya anak dan lahir cacat ? Big No! Pernyataan diatas sempat membuat Manda super duper drop. Jadi setelah Manda berhasil donor darah pada tahun 2014 itu, 2 minggu kemudian Manda positif hamil. Berarti kemarin itu Manda donor darah saat hamil dong yah, walah. Lalu pernyataan-pernyataan mengerikan tersebut Manda terus dengar dari berbagai pihak. Saat Manda merasa sangat terpuruk karena ketakutan, Allah pertemukan Manda dengan komunitas Rhesus Negatif Indonesia. Sekali lagi Manda seolah-olah mendapat bisikan "You are not alone."

Saat itulah Manda ngobrol banyak via whatsapp dengan ketua RNI, Ci Lici Murniati. Ci Lici yang cantik pake banget, memaparkan bagaimana kita ini langka bukan sakit. Persoalan susah punya anak tidak bisa dipukul rata bagi semua pemilik golongan darah dengan rhesus negatif. Rhesus negatif berarti di darah kita tidak memiliki antigen D yang menyebabkan bila janin kita memiliki rhesus positif, tubuh kita membuat antibodi yang menyerang darah janin. Itulah yang dipercaya menyebabkan keguguran atau lahir cacat.

Tapi itu semua ilmu lama, saat ini teknologi telah menemukan cara pencegahan untuk keadaan tersebut. Bagi ibu hamil rhesus negatif dengan bayi kemungkinan rhesus positif, dapat dilakukan pencegahan berupa suntikan immunoglobulin yang disuntikan pada 28 minggu kehamilan dan maksimal 3 hari setelah melahirkan. Harga suntikannya memang tidak bisa dibilang murah. Satu vialnya dibanderol dengan harga 2,4 juta. Anak Manda ada 2, dan sudah 4 kali suntik. Tapi tenang, kan anak pasti bawa rezekinya masing-masing.

Apa Rhesus Negatif adalah Darah Alien? Nah yang ini lebih baik Manda senyumin aja, haha!
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS