Perkuliahan Bunda Sayang merupakan perjalanan belajar yang cukup panjang. Waktu tempuhnya sekitar 12 bulan tantangan, dan membutuhkan banyak amunisi untuk tetap menjaga komitmen dalam menjalankannya. Sering yang dirasakan adalah semangat tidak terjaga dan membuat tidak tercapainya tujuan yang disepakati. Kali ini saya mencoba menguraikan masalah yang telah dihadapi selama perkuliahan Bunda Sayang yang lalu dan mengubahnya menjadi solusi dan motivasi.

Tips dan Trik Menjaga Komitmen dan Konsistensi Fasilitator Bunda Sayang



  1. Meluruskan Niat. Senantiasa meluruskan niat menciptakan sebuah semangat baru dikala merasa kehilangan tujuan dalam menjalankan apapun. Hal ini pula yang kerap menciptakan rasa malas.

  2. Tetapkan tujuan akhir. Buatlah perkiraan apa yang ingin diraih, bagaimana strategi meraihnya, kapan batas waktunya, dan segala indikatornya.

  3. Breakdown indikator yang ingin dicapai menjadi sebuah checklist bulanan, pekanan, ataupun harian untuk menjaga keadaan ontrack.

  4. Berusaha sekuat mungkin untuk menjalani checklist tepat waktu dan mengevaluasinya.

  5. Bila terjadi rintangan, jabarkan rintangan tersebut dan temukan solusinya.

  6. Lakukan yang terbaik tapi jangan ragu meminta bantuan kepada siapapun apabila memang membutuhkan. No gengsi gengsi club.

  7. Menjaga komunikasi tetap produktif di dalam support systems terutama dengan suami dan anak. Banyak-banyak bercerita apa yang sedang dilakukan. Ingat selalu merekalah amanah utama kita.

  8. Membuat bonding yang baik dengan perangkat kelas (ketua kelas, koordinator bulanan, dsb). Menciptakan suasana belajar yang kondusif bersama sesuai kesepakatan.

  9. Kerja bersama para tim Bunda Sayang dan fasilitator lain. Karena akan terasa lebih ringan bila dilakukan bersama. Perkuat ikatan dan hubungan baik dalam kelas fasilitator.

  10. Enjoy the ride. Nikmatilah perjalanan ini dan setiap prosesnya. Karena waktu ini adalah kesempatan yang Allah berikan untuk mendapatkan pelajaran dan berbagi. Lakukan yang terbaik, turunkan ekspektasi dan lakukan dengan bahagia.



Berikut adalah checklist indikator yang ingin dicapai selama menjalankan amanah sebagai fasilitator Kelas Bunda Sayang. Semoga bisa tercapai dengan baik, Allahuma Aamiin.

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS