Seru deh ikutan kelas Bunda Cekatan!

Kita bebas belajar dari mana aja, lalu hasil belajar kita dibagikan dengan sesama mahasiswi. Setelahnya kita bebas icip hasil belajar orang lain, seru kan!

Istilahnya hasil belajar ini ibarat potluck. Kita lagi datang ke acara makan bersama dengan membawa bekal masing-masing.

Semua yang hadir boleh mencicipi, Manda pun boleh cicip menu yang lain.Tantangan belajar ini adalah kita gampang banget lapar mata. Rasanya semua ilmu kita butuh.

Rasa pingin semua dipelajari.Untuk mengatasi ini, Bunda Septi telah mengingatkan untuk mengatakan, "Menarik, tapi saya tidak tertarik!"

Ya, dengan begini kita bisa menakar kebutuhan dan kemampuan kita. Merdeka belajar bukan berarti tanpa strategi.

Justru kita sangat perlu memilih strategi terbaik yang efektif bagi diri kita.Lalu berikut adalah hasil belajar Manda, ada panduan 1 dan panduan 2.

Panduan Satu




Pada panduan awal, kita diminta menuliskan tiga hal.

Pertama, apa ilmu yang sudah kita kuasai. Manda sejujurnya merasa tidak menguasai hal ini. Tapi dalam live-nya Bu Septi mencontohkan ilmu yang dikuasai, dipelajari bertahun-tahun.

Sebagai alumni mahasiswi desain interior, pernah bekerja sebagai desainer grafis, dan bekerja sebagai desainer mebel, rasanya ketiga topik ini cukup Manda kuasai. Walau kalau disebut ahli, Manda masih merasa kurang yakin.

Kedua adalah menuliskan apa yang ingin kita tahu atau pelajari. Ini sesuai dengan yang ada di peta belajar yang telah dibuat. Cek di sini ya!

Yang ketiga adalah apa yang telah dipelajari pekan ini. Nah di sini kita tuliskan apa saja yang telah kita pelajari, juga sudah mencicip potluck yang mana saja.

Panduan Dua




Panduan kedua ini, kita membahas tentang potluck kita. Apa saja yang sudah dipelajari pekan ini.

Manda membawa buku Time is Up! Manajemen Waktu Islami. Buku karya Dr. Yusuf Qardhawi ini sangat runut.

Manda meminjam buku ini di iPusnas. Banyak selfplak yang bikin ngerasa interospeksi banget. Baca deh, nanti mata kita terbuka deh.

Apa yang selama ini menghambat kita memanajemen waktu kita secara efisien, ketahuan deh. Tinggal setelahnya, keputusan ada pada kita. Mau berubah atau tidak?

Rasanya seru banget pekan ini! Semoga tetap bisa konsisten menyelesaikan merdeka belajar ini, aamiin!
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS