Pengikat makna ke tiga dalam program Habituasi Sejuta Cinta Ibu Profesional ini sungguh membuat Manda merenung. Rasanya sedikit sekali yang pernah Manda lakukan untuk keberlangsungan social sustainability.

Tapi lalu dalam hati Manda berniat untuk mulai saat ini akan lebih aware pada lingkungan sekitar.

1. Lalu, apa saja yang telah Manda lakukan walau sedikit itu?

  • Mulai dari diri sendiri. Buang sampah organik pada tempat sampah khusus di pekarangan. Tempat sampah ini nantinya akan dipanen menjadi pupuk kompos

  • Membawa tas belanja sendiri. Pengurangan sampah plastik awalnya terasa sulit, namun dibiasakan insya Allah bisa

  • Mulai mengganti lampu dengan LED. Selain hemat, ini ramah lingkungan

  • Berhenti belanja baju terlalu sering terutama saat akhirnya nanti tidak terpakai


2. Saat Manda mengidentifikasi lingkungan sekitar, rasanya sedih. Belum banyak yang bisa Manda perbuat. Lingkungan kami terletak di daerah utara Bandung dengan jenis rumah vila. Jadi sering kali rumah-rumah tidak terisi, atau hanya ada penunggu vila.

Namun hal ini terbantu dengan terdapatnya kampung yang dekat dari pemukiman. Rakyat berbaur dan bekerja sama. Saat ini kami sedang menata daerah kami salah satunya perbaikan jalan dan kerja bakti.

3. Duh berat rasanya saat ditanya apa yang bisa kita perbuat untuk merubah perilaku lingkungan kita. Sementara Manda sendiri masih berbenah diri. Namun Manda percaya bahwa Manda mampu menularkan rasa semangat pada sekitar. Jadi sedikitnya Manda ingin berkontribusi dengan cara yang Manda mampu saat dibutuhkan.

Semoga Allah meridhai niat ini. Aamiin Allahuma Aamiin.
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS