Bismillah, hai hai!

Setelah sebelumnya merencanakan Casa de Trevi, ternyata ada yang kurang tepat.

Ternyata lahan yang didapatkan hanya seukuran studio, alias rumah satu kamar. Alhasil rencana matang pembuatan Casa de Trevi akan digeser sebentar untuk produksi rencana Casa de Manda.

Pintu masuk Hexa House


Ada sensasi yang seru sekali saat Manda mulai mengerjakan tugas Bunda Produktif. Setiap mahasiswi diberi satu lahan Hexa House untuk dibuat sesuai kebutuhannya.

Akhirnya Manda mulai berimajinasi kembali.Tapi tentu saja kembali lagi kepada kebutuhan sendiri. Kebutuhan yang sesuai minat dan renjana.

Manda lebih mendahulukan keseruan dari pemenuhan tujuan produktivitas itu sendiri.

Untuk memenuhinya Manda kembali kepada minat Manda, yaitu desain. Selaku peminat desan, Manda sangat menikmati segala yang berbau seni dan teknologi.

Saat melihat sepetak lahan, bagaikan mendapat angin segar di kelas ini, Manda merasa girang sendiri. Terutama ketika menemukan asyiknya mendapat hal baru yang membuat memekik, Aha!

Ketika diminta merancang Hexa House, pikiran Manda langsung tertuju pada aplikasi apa yang mendukung perancangan ini

Jujurly, karena Manda sudah lama sekali tidak bergaul dengan program berbau housing maupun interior. Terakhir menggunakan program semacam ini adalah 5 tahun lalu saat Manda masih aktif bekerja (newly wed before two kids).

Akhirnya Manda mencoba kembali mengakrabkan diri dengan aplikasi desain housing yang ada di PC Pavi.

Manda, seperti biasa memilih aplikasi yang sudah ada saja, karena gak ngerti install-install, bisanya ngulik aplikasinya tok!

Benar saja pertama kali membuka kembali aplikasi Sketch Up, tangan Manda seperti kelu. Shortcut key yang biasa khatam dan refleks dalam ingatan, kini berasa hilang menguap bersama rebusan sayur sop (buat yang ngerti aja ya, hehe).

Lalu ternyata Pavi punya mainan baru di PC namanya Lumion. Manda akhirnya tanya-tanya Pavi dan Mba Yutub (yakin mba-mba?) lalu mulai mencari tutorial.

Seruuuu, pakai banget! Aplikasi yang sangat memudahkan.

Voila! Akhirnya selesai juga kebutuhan Hexa House Manda. Setiap garis dan material yang dibentuk teriring doa semoga kelak jadi kenyataan, bantu aamiin yaaa!

Oh iya, berikut adalah rincian kebutuhan Hexa House Unica Casa de Manda (Unik : Rumahnya Manda).

Idea Area

Di ruang tamu terbagi ke dalam dua buah area. Yang pertama adalah ruang ngobrol santai atau konsultasi. Kalau tidak ada tamu bisa dibuat tempat baca buku sambil nyari ide.


Idea Area | Tempat cari ide atau ngobrol 

Hello Area

Area penerimaan. Sederhana, ini seperti reception di kantor-kantor bila ada klien yang butuh briefing desain. Di sana ada meja penerimaan dan komputer. Backdrop belakangnya kosong supaya bisa dipake jadi greenscreen kalau live atau zoom meeting.


Hello Area di Unica | Tempat temu klien


Display

Di sini tempat menyimpan contoh - contoh desain. Bentuknya seperti pantry dengan full storage. Jadi bisa jadi banyak tempat menyimpan dan tetap terkesan neat.


Display di Unica | Tempat penyimpanan portfolio

Toilet

Di sebelah kanan ada kamar mandi. Diletakan terjangkau oleh tamu karena agar tidak perlu masuk ke ruang semi private. Di dalam toilet ada toilet seat, shower, wastafel dan lemari penyimpanan.


Warm Area

Area dengan meja makan kayu besar. Ini sebenarnya multifungsi, bisa dibuat meja makan atau meeting offline. Kebutuhannya untuk ngobrol yang butuh serius atau juga bisa untuk ngopi pagi bersama keluarga.


Warm Area | Tempat makan bareng atau meeting


FeedMe Area

Lalu ada area dapur, kitchen set mini, ketahuan kan jarang masak, hehe. Sederhana banget cuma ada sink, kompor listrik dan beberapa peralatan masak yang mudah. Pemilihan kitchen set mengutamakan kebutuhan makan penyimpanan walau minimalis.


FeedMe Area | Dapur kecil nan praktis


Solid Area

Dan ruang utama adalah ruang semedi alias ruang produksi. Di sini tempat desain diproduksi, ada spot photography, 2D dan 3D printing. Diletakkan di area terdalam karena Manda kalau produksi semacam semedi, alias butuh konsentrasi tinggi.


Solid Area | Tempat produktifnya Manda


Relax Area

Yang terakhir adalah ruang istirahat.

Semua bukaannya besar-besar karena Manda suka banyak cahaya. Sirkulasi udara juga akan lebih menyegarkan saat jendela besar dibuka.


Relax Area | Kamar tidur yang nyaman


Untuk situasi produksi cenderung bising. Oleh karena itu dindingnya pakai tambahan treatment akustik terbaik agar suara dari dalam tidak terdengar ke luar. 


SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS