Bismillah, 

Hai TemaNda! 

Bagaimana perjalanan produktivitas kita hari ini? Apa sudah mulai menghasilkan hal yang positif? Apa sudah semakin menjadikan kita berpikiran positif? Bila ya, itu sangat baik, karena positif itu kunci.

Begitu juga dalam produktivitas, pikiran positif perlu dijaga dengan baik agar kita senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri kita.


positivity is a key
Positif Itu Kunci | Pexels.com


Dari tadi Manda bahas kata 'positf' terus ya. Yap, positif adalah karakter yang Manda pilih untuk dilatih selama kelas Bunda Produktif di Institut Ibu Profesional. Manda insya Allah akan  melatih positivity dengan cara membagikan kalimat positif berupa grafis. Parameter keberhasilannya adalah apabila Manda berhasil membagikan lebih dari satu grafis selama setiap pekannya. 

Kenapa sih perlu melatih positivity? Kaitannya dengan produktivitas sebagai desainer apa ya? Yuk bahas bareng!

Membuat Lebih Tangguh dan Mampu Mengatasi Stres

Sebagai desainer, deadline adalah suatu hal yang niscaya. Saat menghadapi deadline kadar stres kita bisa meningkat. Berpikir positif dapat  membuat kita lebih cepat mengatasi stres. Rasa optimis dari karakter positif cenderung membuat kita selalu fokus pada solusi. Tidak melulu fokus pada masalah. 

Di saat kita kecewa dengan hasil yang dicapai, karakter positif akan mengangkat kita lebih cepat. Hal ini mampu mengurangi depresi, kemampuan untuk pulih lebih cepat. Untuk itu kita akan menjadi lebih tangguh!

Ketangguhan ini tentunya sangat dibutuhkan, ini membantu kita pantang menyerah dan berfokus pada progres. Karena disetiap kekecewaan kita dapat mengambil pembelajaran untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi. 

Imunitas Tubuh Orang Positif Cenderung Lebih Kuat

Berpikir positif dipercaya mampu melawan penyakit-penyakit yang membuat kekebalan tubuh menurun. Contohnya masuk angin, flu, dan sejenisnya. Penelitian New York Times menyatakan bahwa berpikiran negatif mampu membuat respon kekebalan tubuh terhadap virus melemah.

Pernah dengar ada yang bilang lawannya virus covid-19 yang kini mewabah adalah imunitas? Nah, yuk kita perkuat imunitas tubuh kita salah satunya dengan berpikiran positif.

Pada masa seperti ini, berpikiran positif membuat wawasan kita lebih luas. Saat ini informasi seputar pandemi banyak yang membuat kita tertekan. Pikiran positif membuat kita juga lebih membiasakan mencari informasi yang valid dan tidak mudah terpancing. 

Terus kenapa desainer butuh imunitas tubuh yang baik? Desainer dan semua pekerjaan lain membutuhkan kinerja tubuh yang baik. Dari tubuh yang baik, kreativitas dengan sendirinya akan mengalir deras!

Optimis dan Terencana

Menjadi desainer, selain kreativitas, kita memerlukan rasa optimis dan jadwal yang terencana. Desainer yang ingkar pada jadwal akan kurang disenangi kliennya.

Karakter positif akan senantiasa membuat percaya diri kita tinggi, selalu optimis, dan cenderung memahami kemampuan diri. Sama halnya dengan ketangguhan, menjadi optimis dan terencana membuat kita tidak mudah kalah oleh rasa kecewa. Karena disaat gagal kita telah memiliki rencana cadangan dan tetap fokus pada progres. Ini membuat kita semakin mengukur kemampuan diri. 

Saat kita telah mampu memahami kemampuan diri ini, dengan mudah kita mampu merencanakan berbagai hal dengan terstruktur, jelas tujuannya, dan penuh semangat. 

Cerita Co Housing Hexa Palette Pekan Ini

Alhamdulillah kita telah sampai di pekan karakter!

Pada pekan ini Manda memilih karakter positive character. Manda juga sudah mulai melatih positivity  dengan membagikan quote berikut.



Selain itu  cohousing kita diminta untuk menganalisis kebutuhan karakter yang menjadi bahan bakar dan yang membuat gagal dari proyek co housing ini. Perencanaan seperti ini membuat kita lebih terukur dan jelas menuju tujuan sesuai parameter yang dibuat. 





Kita lalu mulai memvisualisasikan semua karakter dan rencana yang akan dibuat selama cohousing. 

Seru sekali kan! Simak juga keseruan video karya Kak Azizah June berikut!
Selamat berlatih!
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS