Bismillah, Hai hai TemaNda!


Uwaah udah lama gak nulis blog kangen rasanya! Banyak banget yang terjadi pekan ini, going extra miles baget!



Satu pekan ini sampai banyak kegiatan me time jadi terbatas sekali karena perlu menyelesaikan berbagai top prioritas. Begitu banyak hal baru dan menantang yang Manda coba di pekan ini. Salah satunya memberanikan diri untuk mengisi beberapa pelatihan via Zoom online.

Meski sering kali presentasi Zoom, atau konferensi di Zoom tapi tetap terasa banyak yang berbeda. Juga meski beberapa kali mengisi pelatihan, tapi biasanya via whatsapp, jadi banyak juga teknik baru yang Manda pahami. 


Kenapa akhirnya Manda mencoba banyak hal baru di pekan ini? Karena pekan ini kita belajar di Zona Xtra Miles!


Pertama kali dengar tema ini Manda langsung pasang kuda-kuda. Langsung otomatis berasa banget kita mau melakukan suatu hal yang lebih. Suatu hal yang memerlukan daya tahan ekstra untuk bersiap membuat lompatan.


Saat Founding Mothers mengingatkan tentang melakukan sesuatu yang sama dan mengharapkan hasil serupa adalah insanity, di situ ada pintu yang terketuk.


Jujurly, Manda selalu suka cara Bunda Septi memberi pemantik semangat tanpa kesan menggurui atau bahkan memaksa. Menurut Manda itu skill keren yang bisa dimodifikasi untuk saat mengajak anak melakukan suatu hal berbeda.


Jadi Extra Miles ini bisa berbentuk apapun selama bentuknya penambahan usaha kita ke dalam suatu kegiatan yang berdampak besar. 


Dalam dunia kerja contoh Extra Miles bisa dari hal kecil, memulai kebiasaan baru yang menambah nilai produktivitas. Misalnya membiasakan merapikan meja kerja setelah habis kerja. Atau menambah sedikit waktu kerja untuk mempersiapkan tugas esok hari yang lebih matang.


Tujuannya bukan untuk cari muka tentunya ya. Karena melakukan hal lebih, totalitas, dan terbaik itu bukan untuk terlihat. Melainkan untuk memberikan perkembangan terbaik bagi diri sendiri. Mungkin karena perkembangan ini akan terus dijurnalkan jadinya akan terlihat, tapi esensinya bukan itu, coba rasakan bedanya. Ada hal lain yang membuat kita merasa begitu nyaman saat melakukan hal yang optimal. Mungkin bukan penghargaan, tapi kepuasan dan kebanggaan diri, atau setidaknya, kita tidak akan merasa menyesal. 


Semua aktivitas extra miles ini akan membawa kita ke dalam pengalaman berharga lain yang bisa dibagikan kepada siapa saja.


Lalu apa yang akan kita lakukan di Zona Xtra Miles? Kita akan menambah effort kita dengan strategi terbaik. Kita akan membagi aktivitas projek passion ke dalam empat kuadran matrik, yaitu :


  • Quick Wins (Small Effort, High Impact). Ini adalah kegiatan mudah yang memberi dampak besar pada perkembangan projek kita.

  • Major Project (High Effort, High Impact) ini adalah aktivitas utama yang memerlukan usaha besar dengan dampak besar. Salah satunya projek cohousing.

  • Fill Ins (Low Effort, Low Impact) kuadran ini berisikan aktivitas yang memiliki usaha dan dampak kecil. 

  • Thankless Task (High Effort, Low Impact) yang terakhir adalah aktivitas yang sangat minim dampak namun membutuhkan usaha yang sangat keras. Bagian ini perlu mulai dikoreksi untuk sebisa mungkin dihindari.


Nah dengan membagi aktivitas kita kedalam empat kuadran matrik ini kita akan mampu menyusun strategi terbaik kita. Kenapa? Karena semua usaha ini membutuhkan energi, bila energi besar dikeluarkan pada hal yang memiliki dampak kecil tentu jadinya mubazir.


Oleh karena itu yuk kita mulai susun strategi Extra Miles kita!




XTRA MILES/EFFORT MATRIX ALIENDA

PROJECT LIST 


Aktivitas Umum di Project Passion 

  1. Menyimak live materi oleh Founding mother dan materi pengayaan oleh Bu Walikota Hexagon City

  2. Mengikuti diskusi Whatsapp Group Hexa Palette

  3. Menghadiri zoom pekanan CH 1 Desain Hexa Palette 

  4. Mengisi Pelatihan Desain Hexa Palette “Dasar-dasar desain grafis dan penerapannya”

  5. Mengisi template Jurnal Cohousing


Aktivitas Pribadi di Project Passion 

  1. Menjadi narasumber pelatihan branding humas

  2. Menjadi narasumber Pelatihan Desain Hexa Palette “Dasar-dasar desain grafis dan penerapannya”

  3. Menerima permintaan jasa desain (event dan buku)

  4. Memperdalam ilmu desain grafis dan branding selama menyiapkan materi

  5. Memperdalam positivity  selama menghadapi klien

  6. Belajar ilustrasi manual dan digital



QUICK WINS - high impact low effort


  • Berdiskusi bersama dengan tim Co-Housing.

  • Menyiapkan materi pelatihan

  • Memperdalam Positivity

  • Belajar ilustrasi manual




MAJOR PROJECTS - high impact high effort


  • Mengisi template Jurnal Cohousing

  • Menjadi narasumber pelatihan

  • Belajar ilustrasi digital

  • Menerima jasa

FILL INS - low impact low effort


  • Mengikuti kegiatan live Hexagon city siang hari sambil disambi

  • Skimming baca whatsapp grup



THANKLESS TASKS - low impact high effort



Perdalam dan Extra Miles Project Passion dengan Berbagi


Pekan penuh keseruan ini dimulai saat Manda menyetujui untuk mengisi dua pelatihan desain. Awalnya karena merasa sudah pernah mengalami sendiri di dunia desain grafis, Manda merasa tertantang untung mencoba membagikan ilmu yang Manda miliki.


Kenapa merasa tertantang? Karena Manda pribadi tidak terlalu yakin apa Manda memiliki kemampuan mentransfer ilmu yang Manda miliki ini. Manda merasa perlu banyak menata tata bahasa dan cara berpublic speaking yang lebih profesional. Ditambah lagi Manda teringat bahwa "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat". Karena sedang belajar menjadi lebih baik Manda memutuskan untuk mencoba sedikit menjadi bermanfaat. Jadi dari pada terus menerus bertanya-tanya, Manda memutuskan untuk mencoba dan mencari jawabannya sendiri.


Dan, boom! Manda justru merasa banyak belajar hal baru di sini. Keseruan baru bertemu banyak orang walau hanya virtual, dan cara menyajikan materi yang sebisa mungkin dipahami. Sangat menantang, Manda menyukai sensasinya. Namun fakta selanjutnya yang terkonfirmasi adalah, Manda jelas lebih menyukai mendesain dari pada tampil. Jadi memang kenyamanan Manda ada pada keintiman Manda dalam berkreasi, hehe.


Berikut adalah jurnal berbagi Manda pekan ini. Pertama, Manda mengisi pelatihan "Membangun Visual Branding" untuk Manager Humas Ibu Profesional pada hari Jum'at 11 Desember 2020 Pukul 13.00 -14.00 WIB melalui Zoom Meeting. Pengalaman seru bertemu dengan para Manager Humas dari seluruh Ibu Profesional memberi kebahagiaan tersendiri.


Dilanjutkan sorenya pukul 15.30 Manda berbagi di Live Instagram Institut Ibu Profesional. Di sini Manda membahas tentang Manager Media Komunikasi Nasional dan perhelatan sembilan tahun Ibu Profesional atau dikenal dengan Cloud 9 Event.


Besokannya seru-seruan sama Drakorclass di Live Instagram bahas Drakor dan Keluarga. Banyak ilmu pengasuhan yang Manda dapat dari Bunda Intan dan keseruan bahas drama bareng Mba Lendy.


Lalu di hari Senin 14 Desember 2020 Cohousing kami mengadakan pelatihan perdananya. Manda berkesempatan berbagi tentang Dasar-dasar Desain Grafis dan Penerapannya.


Saat sesi pelatihan berakhir, tiba saatnya kita membahas jurnal Cohousing yang berisikan tentang aktivitas Cohousing kita. Pengisian jurnal kali ini sungguh menantang karena pekan lalu Manda belum sempat mengikuti zoom meeting untuk bahas jurnal. Jadi sempat perlu beberapa saat kebingungan untuk mau menulis apa di dalam jurnal


Tapi syukurlah masih ada waktu untuk pengisian template tersebut.


Terima kasih sudah mampir, yuk bahas apakah Extra Milesmu!





SHARE 2 comments

Add your comment

  1. Setuju banget sama statement ini "melakukan sesuatu yang sama dan mengharapkan hasil serupa adalah insanity" ngelakuin sesuatu yang sama berulang kali tapi mengharapkan hasil yang berbeda adalah sebuah kegilaan. Perlu ada inovasi, perlu ada effort yang berbeda dan perlu ada treatment yang berbeda untuk sebuah hal baru yang diharapkan.

    Thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
  2. Mirip dg yg diajarin ibu saya waktu saya sekolah dulu. Tentu saat itu disampaikan dg bahasa yg sederhana. Hidup memang semacam trial & error gitu si. Tp justru disitu kita belajar. Ya kan?

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS