Hai hai TemaNda bagaimana kabarnya hari ini? Liburan lebaran hampir berakhir tentunya menyisakan berbagai kenangan baru. Ada yang menjelajahi tempat baru, ada juga yang melakukan perjalanan bersilaturahmi dengan sanak saudara, seperti Manda. Perjalanan mudik Manda dan keluarga tahun ini terasa seru sekali. Tentunya perjalanan puasanya juga tidak kalah seru!



Tahun ini ada yang berbeda, kedua putri Manda, Nayyara (7 tahun) dan Mysha (5 tahun) mulai berpuasa sampai adzan maghrib berkumandang. Setelah tahun sebelumnya berpuasa sampai pukul 12.00 WIB dan melanjutkan kembali, tahun ini mereka memutuskan puasa penuh.

 Alhamdulillah Nayyara dan Mysha mampu menyelesaikan puasanya. Dari 29 hari, Nayyara tidak puasa satu hari karena mual setelah perjalanan. 

Sementara Mysha menyelesaikan semua puasanya meskipun sempat tidak sengaja makan sebelum waktunya. Masih teringat ekspresi Mysha saat ia sadar makan padahal sedang puasa. Setelah hampir menangis karena merasa bersalah, Manda meyakinkannya kalau lupa tidak apa-apa, bisa melanjutkan.

Tapi dari sepanjang perjalanan puasa ini, yang paling menantang bagi Manda adalah mengatur menu makanan,  juga menjaga agar anak-anak tetap sehat bugar selama puasa.

Berikut adalah tips dari catatan belajar Manda selama berpuasa kemarin.

Semangat muncul dari niat

Saat memulai mengajak anak berpuasa, yang cukup menantang adalah mengenalkan manfaat dan kebaikan dari puasa. Terbiasa menceritakan tujuan, alasan dan hal positif dari puasa membuat anak memahami kenapa perlu berpuasa.

Saat anak terbiasa mendengar kebaikan berpuasa melalui orang tuanya, anak menjadi semangat dan meningkatkan kebahagiaan meskipun harus menahan lapar. Imunitas juga timbul dari bahagianya anak maupun Ibu. 

Menyusun menu bersama anak

Manda merasa menu berbuka adalah salah satu kunci agar anak bersemangat menjalankan puasa. Kenikmatan saat mendengar adzan maghrib akan semakin membuncah ketika disertai dengan hidangan berbuka yang menggugah selera. Menunya apa saja? Ini bisa disesuaikan dengan bajet maupun selera anak. Setiap keluarga memiliki alternatif menu berbeda. 

Bagi Manda pribadi hidangan kaya serat sangat diutamakan dalam menu berbuka maupun sahur. Sementara Nayyara dan Mysha paling suka berbuka dengan yang segar. Oleh karena itu, agar-agar atau puding hampir setiap hari ada dalam menu berbuka. Agar-agar bisa juga diganti dengan makanan lain yang mereka inginkan.

Menu yang menarik bagi anak sering menjadi booster saat anak mulai lemas menahan lapar. 

Pastikan anak meminum cukup air mineral 

Terasa sekali saat air mineral yang dikonsumsi kurang banyak, berpuasa terasa lebih lemas. Oleh karena itu kita perlu terus mengingatkan anak-anak untuk minum air mineral yang cukup. Dua sampai tiga liter sehari air mineral cukup untuk menjaga anak tetap bugar. 

Bisa menggunakan botol minum literan dengan model yang lucu agar anak semangat meminum air. Tidak lupa untuk terus menceritakan kebaikan dari air mineral.

Pengisian Jurnal menggunakan stiker lucu

Jurnal kegiatan selama Ramadan yang diberikan pihak sekolah sangat membantu menggenjot semangat Nayyara dan Mysha. Stiker yang dipilih mereka untuk digunakan adalah karakter kucing. Saat mengerjakan ibadah atau perbuatan baik, stiker kucing yang ditempelkan adalah stiker tersenyum. Sementara bila tidak mengerjakan kucingnya sedang menangis.

Manda meyakinkan kepada mereka bahwa tidak ada paksaan dalam melaksanakan ibadah. Jadi meskipun stiker yang ditempelkan adalah kucing menangis, Manda tidak marah.

Namun ternyata mereka tidak rela bila kucingnya harus menangis. Tidak jarang mereka akhirnya bersedih saat terlupa melakukan sesuatu.

Tidak melewatkan waktu sahur

Penting bagi anak agar tetap berpuasa dengan segar bugar. Salah satu caranya adalah dengan memastikan anak bangun dan makan sahur tepat waktu. Meskipun awalnya menegangkan membayangkan anak bangun dini hari, dengan seiring waktu akan terbiasa.

Caranya adalah dengan mengomunikasikan sebelum tidur lepas waktu isya. Ingatkan kalau anak akan dibangunkan pada dini hari untuk makan sahur. Bisa juga menggunakan lagu-lagu animasi lucu yang banyak beredar di internet. 

Pilihkan menu sahur yang mudah dikonsumsi, misalnya sop dengan sayur yang dipotong kecil-kecil. Buat juga kesepakatan cara sahur sesuai keinginan anak. Untuk Nayyara dan Mysha inginnya sahur sambil dipangku juga disuapi. 

Menambah waktu tidur di siang hari

Waktu tidur malam yang terpotong untuk sahur bisa diganti pada waktu menjelang siang hari. Anak juga diminta tidur lebih awal, tepat setelah pulang tarawih.

Bila pada siang hari anak tidur lebih panjang, tidak perlu dibangunkan sampai waktu solat tiba. Biarkan anak beristirahat sesuai kebutuhannya.

Tetap melakukan aktivitas seperti biasa

Bila anak masih ada jadwal sekolah di pagi hari, tetap biarkan anak terjaga sejak bangun sahur. Bisa tetap memandikan anak di pagi hari agar tetap segar. Juga olah raga ringan seperti jalan pagi atau senam santai bersama. Tidak perlu dipaksakan bila anak merasa mengantuk.

Pada akhir ramadan biasanya kita melakukan perjalanan mudik ke luar kota. Bila memungkinkan untuk tetap berpuasa, lakukan dengan mengedepankan kenyamanan anak. Salah satunya memilih moda transportasi yang tepat, maupun waktu keberangkatan yang ramah bagi anak.

Manda dan kedua anak melakukan perjalanan mudik dari Bandung ke Tangerang Selatan menggunakan bus travel antar kota di waktu ashar. Kami berbuka puasa di tempat peristirahatan jalan toll. Anak-anak tetap bahagia dan bersemangat karena tetap memilih menu berbuka sesuai yang diinginkan.

Segar bugar bebas dari masuk angin bersama Antangin

Selama berpuasa Manda terbiasa menjadikan Antangin sebagai penangkal masuk angin. Seharian berpuasa, perut kosong sangat rawan masuk angin. Antangin dengan khasiatnya menjaga Manda dan keluarga agar tetap segar bugar. 


Antangin adalah cairan herbal yang mampu meredakan gejala masuk angin, mual, kembung, sakit kepala, meriang, juga melegakan tenggorokan. Varian yang kami siapkan di rumah adalah Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Rasa manis dan hangat seketika mapu membuat badan kembali segar setelah mengonsumsinya. 


Nayyara sudah dapat mengonsumsi setengah dosis Antangin karena berusia 7 tahun. Antangin dapat dikonsumsi setengah dosis dewasa mulai usia anak berusia 6-12 tahun. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter bila ibu ataupun anak dalam kondisi khusus.

Lakukan secara bertahap tidak perlu langsung sempurna

Pelajaran berpuasa dan ibadah lain ini berlangsung sepanjang hayat. Oleh karena itu biasakan untuk melakukan setahap demi setahap sesuai kemampuan anak. Berfokus pada anak memahami esensi berpuasa dan menjalaninya dengan semangat, tetap segar bugar. Jadi bila anak merasa kurang sehat ataupun tidak sanggup melanjutkan berpuasa, ikuti saja, yang diutamakan adalah kejujuran.

TemaNda ada saran atau ingin berbagi cerita seputar puasa? Silahkan tulis di komentar ya!

Semoga bermanfaat!

SHARE 33 comments

Add your comment

  1. Semangat terus belajar puasanya dan tetap menjaga kesehatan, yang penting keep happy selalu Nayyara Mysha

    ReplyDelete
  2. Waah inspiratif sekali... Manda kereen, Nayyara & Mysha hebat... peluk peluk...

    ReplyDelete
  3. Harus dan perlu di repost ini artikel , kalian keren Manda, Nayya ma Mysha.. Sama itu Antangin anaknya kenapa kita samaan yaks ! Haha bocil kita sehati Ndaa

    ReplyDelete
  4. Hebat Nayyara n Mysha ... puasanya Full ... semangat yaa .. Belajar nya yg Rajin...
    Jangan tinggal Sholatnya... Ngajinya biar jadi Hafidhoh Alquran ... Aamiin ..

    ReplyDelete
  5. Keren nih Kakak Nay & Mysha puasanya. Aku masih PR emang nih, menjamin kecukupan minum air anak-anak kalau puasa. Makasih banget tips-tips nya Nda.

    ReplyDelete
  6. Waaah Nayyara sama Mysha keren udah puasa penuh. Tulisan Manda makin kece euy. Eh yu ketemuan yuuu, kangen niiih.

    ReplyDelete
  7. Hebat banget nih puasanya Nayyara sama Mysha bisa full sampai maghrib. Yang paling hebat lagi Mandanya sih, tetep strong dari mulai nyiapin menu makanan sahur+berbuka, nyuapin anak-anak sampai menjaga kesehatan keduanya. Wuuuhuu, kereen~

    ReplyDelete
  8. Bunda juga rutin lho minum . . . ini, selain segar berkhasiat dan bermanfaat sekali untuk kesehatan

    ReplyDelete
  9. Kereeen Ramadan kali ini udah bisa puasa full sampe maghrib yah. Alhamdulillah sehat semua, mau ikut sahur, dan minum Antangin.

    ReplyDelete
  10. Masya Allah! Tipsnya bermanfaat banget.. mudah2an anak2ku nanti bisa lulus puasa nih tahun depan! Makasih inspirasinya manda..

    ReplyDelete
  11. Waktu puasa kemaren, paling deg-degan deh kalau anak sakit, apalagi si Kakak tuh, tetap sekolah dan kebanyakan acara, hehehe.
    Untungnya si Kakak suka minum Antangin Habbatussauda, bikin dia tetap hangat dan bebas masuk angin serta lebih fit juga :)

    ReplyDelete
  12. omo omo daebbak udah puasa full👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻

    Chukkae Nayya dan Mysha... 🥳🥳🥳

    Tips dari tante Qure: Naya cobain deh antangin dibikin jadi agar-agar, enaq looo...

    ReplyDelete
  13. Eh pintar sekali masyaAllah adik naya, sama dengan anak fante namanya sakha juga lagi belajaf puasa, saat kemarin masuk angin dan menjaga imnn kita juga rutin konsumsi antangin ini :))

    ReplyDelete
  14. MasyaAllah, hebatnya Nayyara dan Mysha, puasanya full ya. Mengajarkan anak berpuasa memang perlu banyak ide kreatif ya Mbak.. Setidaknya supaya mereka selalu semangat dan tidak menyerah di pertengahan jalan..

    ReplyDelete
  15. MashaAllah hebat sekali Nayyara dan Mysha tahun ini sudah full puasanya :), kalau anakku masih dalam tahap pengenalan mbak, jadi alhamdulillah puasanya masih setengah hari.. anakku juga kalau masuk angin suka aku berikan Antangin Junior mbak ternyata malah antangin cair yang biasa bisa dikasih ke anak dari usia 6 tahun ya

    ReplyDelete
  16. Senang sekali kalau anak anak sudah puasa dan kita juga sebagai orangtua harus dukung ya mba agar anak tetap bugar sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik

    ReplyDelete
  17. Masyaallah hebat bener sih, duo salihah putri manda ini, sudah bisa berpuasa hingga maghrib. Sehat-sehat terus ya, nak, insyaallah ramadhan tahun ini membawa keberkahan buat semuanya. Apalagi ditambah kehadiran antangin, Ramadhan-nya semakin hangat deh, hehehe

    ReplyDelete
  18. Tahun ini saya juga sedang mendampingi Nak Bujang yang baru belajar puasa. Prosesnya sedikit lebih sulit ketimbang kakaknya, namun saya tidak memaksa. Yang penting memang ada niat dan kemauan, semoga tahun depan sudah ada progressnya. Amiin

    ReplyDelete
  19. Tahun ini juga tahun pertama anakku belajar puasa full seharian. Jadilah harus bener-bener prima dan sehat badannya.
    Biasanya kalau mulai nggak nyaman juga aku kasih Antangin tapi setengah kemasan itu

    ReplyDelete
  20. Masya Allah hebat nih anak2 puasanya ya mba. Sama nih tante jg andalannya kalau masuk angin dan mau perjalanan minum dl antangin biar aman badan terutama perut gak mual kembung

    ReplyDelete
  21. Wah, tips yang bermanfaat sekali nih.. Anakku 4 tahun juga mulai berpuasa full walau cuma beberapa hari saja.. Masih mencoba latihan sedikit demi sedikit sih.. Semoga dengan tips ini puasa tahun besok juga bisa full seperti kak Nayyara dan Meysha yahh^^

    ReplyDelete
  22. Bermanfaat nih tips nya. Kalau aku biasanya Antanginnya dimasukin ke teh hangat. Tapi tehnya juga cuma sedikit cuma untuk ngelarutin aja, itu kerasa enaknya di tenggorokan. Btw kalian hebat ih, semangat yaa cantik cantiks. Luv

    ReplyDelete
  23. MashaAllah~
    Barakallahu fiikunna, Nayyara dan Mysha yang sholiha...

    Aku jadi ingat anakku kalau shaum, beres belajar online langsung mapan bobok siang.
    Hahha...menghemat energi ceunah. Anak-anak penuh energi dan semoga senantiasa dijaga semangat dan fitrahnya oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

    ReplyDelete
  24. Wuah, ide jurnal dengan stiker lucunya menarik sekali, Mbak. Cakep banget nih dipakai buat nambah semangat bocah-bocah. Kapan-kapan kucontek ah. Antanginnya samaan nih kita. Aku juga sedia itu buat anak-anak dan suami. Sehat selalu ya semuanya...

    ReplyDelete
  25. Hebat sekali anak-anak puasanya bisa full. Tetap jaga daya tahan tubuh dengan Antangin ya..

    ReplyDelete
  26. aku jadi inget pertama kali memperkenalkan antangin ke anakku, dia bilang rasanya menggelitik perut tapi karena efeknya bisa langsung dirasakan jadi dia seneng deh minum antangin saat badan lagi gak fit

    ReplyDelete
  27. Nah setuju nih, meski berpuasa tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa ya, jadi anak-anak tidak merasa bosan menunggu datangnya waktu bedug yah hehe,,, Antangin sip deh membantu keluarga menjaga kesegaran dan kebugaran selama berpuasa.

    ReplyDelete
  28. Semangat & sehat selalu

    ReplyDelete
  29. Caco & naya.... keyeeeennn....
    Nanti baby ikutan aaahhh.... semoga bisa hebat kaya kk2 nya....
    Semangat caco naya... jadi anak sholehah ya nak... semangat terus... mmmmuaaaahhhh......

    ReplyDelete
  30. Subhannallah anak sholeha caco dan naya keren bgt ya sdh bisa puasa full sambil beraktivitas,, semangat trs ya sayang...

    ReplyDelete
  31. Terima kasih inspirasinya. Sehat selalu ya. Antangin ini segar juga dingin

    ReplyDelete
  32. MaasyaaAllah anak2 hebat & Manda yg luar biasa, sangat menginspirasi..., Semangat terus ya shaliha..., Barokallahu fiik....💗💗💗

    ReplyDelete
  33. Hebat Kak Nayyara & Dd Mysha, puasanya bisa full ❤️❤️❤️ semangat ya Shaliha Squad-nya Manda 👍👍👍

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS