Restoran yang ramai selalu memiliki keistimewaan tersendiri. Bisa dari rasa makanan, menu, konsep, interior Instagramable, sampai dengan teknik pemasaran yang out of the box. Namun viral belum tentu lancar bertahan. Bisa jadi viral setahun, dua tahun, lalu terpaksa gulung tikar. Melalui restoran yang telah bertahan semenjak tahun 2014, Manda mencoba mengupas kunci utama kelancaran bisnis Lacamera Coffee.



Lacamera Coffee terletak di Jl. Naripan No. 99 Bandung. Restoran yang menyediakan berbagai menu mulai dari western hingga menu khas Nusantara hadir di sini. Berkonsep interior tropis, Lacamera Coffee menyuguhkan nuansa kenyamanan tersendiri. Selain cocok untuk berkumpul bersama keluarga, Lacamera Coffee menjadi pilihan bagi pekerja kantoran maupun pelajar. Alasannya satu, sejak restoran ini dibuka, jaringan WiFi di sini sangat lancar. 

Rupanya bukan hanya diperuntukan bagi pelanggan, internet menjadi kunci utama kelancaran bisnis Lacamera.

Tidak dipungkiri lagi saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi bisnis kuliner. Sama halnya yang terjadi di  Lacamera Coffee. Menurut Bapak Trevi, manajer Lacamera Coffee, manfaat internet bagi restoran adalah pendukung utama bagi berjalannya operasional secara paripurna. Di sini, internet digunakan di hampir semua bagian operasional. Hal ini dikarenakan hampir semua operasional Lacamera didukung oleh berbagai aplikasi yang bersifat daring. Berikut adalah bagian dari operasional Lacamera Coffee yang dialiri internetnya Indonesia.

Buku Menu

Tampilan menu makanan dan minuman yang digunakan di Lacamera Coffee selain tersedia secara fisik, juga dapat dilihat melalui scan barcode yang tersedia di seluruh meja. Selain itu, barcode dapat diakses melalui akun Instagram resmi Lacamera Coffee. Hal ini dirasa sangat memudahkan. Terutama ketika kita berniat untuk melakukan reservasi menu terlebih dahulu. Menu jadi bisa diakses secara virtual di manapun dan kapanpun. 



Sistem Penjualan

Menu Lacamera Coffee selain bisa dinikmati secara langsung on the spot, juga menerima pelayanan Delivery Service melalui aplikasi Gofood dan Grabfood. Paket dan promo yang variatif dapat juga dinikmati sesuai dengan ketentuan dari aplikasi yang berlaku. Disaat kita merasa haus kemudian ngidam Bobba Laca, kita tinggal ambil ponsel dan pesan melalui aplikasi tersebut. 



Sistem Pembayaran

Cara pembayaran di Lacamera Coffee termasuk sangat lengkap. Selain melayani pembayaran secara tunai, Lacamera Coffee menyediakan cara pembayaran tunai yang aksesnya juga menggunakan internet. Untuk alat pembayaran non tunai, Lacamera Coffee menyediakan pembayaran kartu baik Debit maupun kredit menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture). 



Selain mesin EDC, Lacamera juga menerima pembayaran melalui uang elektronik seperti GoPay, OVO, dan ShopeePay.

Untuk pembayaran, Lacamera juga menggunakan aplikasi kasir yang terakses secara daring, Moka. Aplikasi kasir berbasis Cloud ini menyebut dirinya sebagai aplikasi yang dibangun untuk membantu dan meningkatkan sistem kasir yang ada dalam sebuah usaha. 

Baca juga tips wirausaha :

https://www.aliendasophia.com/2022/03/gaptek-tapi-mau-wirausaha-yuk-naik.html

Pembukuan

Selain itu, Lacamera memiliki catatan bisnis yang rapi dan tersentralisasi dalam perangkat lunak akuntansi berbasis daring, Mekari Jurnal. Fungsinya sebagai perangkat lunak pencatat, pengolah dan penampil data transaksi akuntansi bisnis (seperti pembukuan, laporan keuangan, pembuatan invoice, dan neraca keuangan) yang dapat diakses secara daring dan real-time. Hal ini sangat memudahkan bagi pengelola untuk memeriksa sesuai kebutuhan, kapan dan dari manapun.

Sistem Keamanan

Sistem keamanan Lacamera Coffee salah satunya melalui pemasangan CCTV yang dapat diakses juga secara real-time oleh pengelola. Sehingga pemeriksaan keamanan dapat dilakukan secara berkala dengan baik. 

Hiburan/Entertainment 

Lacamera Coffee menyajikan internet cepat WiFi yang dapat diakses oleh pelanggan. Tak heran bila Lacamera Coffee lalu kerap dijadikan pilihan terbaik untuk acara-acara berkumpul. Acara yang biasa diadakan di sini antara lain adalah acara kantor, rapat bisnis, arisan,  tugas kelompok mahasiswa, ulang tahun anak sampai dewasa, pertunangan, live streaming, konferensi pers, dan masih banyak lagi.


Lacamera juga menyediakan hari khusus bagi penikmat musik untuk menonton penampilan live band pada hari-hari tertentu. Persiapan live band seperti alat mixer juga menggunakan koneksi internet.




Semua teknis operasional ini membutuhkan kekuatan internet yang memadai. Salah satu penyedia layanan internet yang menyuguhkan kecepatan tinggi adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. IndiHome memberikan berbagai paket terbaik yang dapat dipilih oleh para pelaku bisnis.




SHARE 8 comments

Add your comment

  1. Kita perlu nih informasi tempat kumpul-kumpul buat komunitas yang seru kaya gini.

    ReplyDelete
  2. Wihh fasilitas dan pelayanannya lengkap banget yaa, mulai dari hiburannya, keamanannya, makanannya yang enak, dan tersedia layanan yang bisa dinikmati ditempat atau pesan bawa pulang.. Terbukti banget lah kualitasnya, semoga bisa buka juga di Belitung pasti tambah rame banget..

    ReplyDelete
  3. Senangnya jika kelancaran bisnis Lacamera makin sempurna berkat keberadaan layanan internet IndiHome. Memang kemudahan seperti melakukan reservasi menu terlebih dahulu akan jadi daya tarik bagi pelanggan. Menu jadi bisa diakses secara virtual di manapun dan kapanpun. Juga layanan lainnya..Menarik ini

    ReplyDelete
  4. Keren nih Lacamera Coffee di Bandung memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelanggannya. Iya dong, kini urusan pembayaran, pembukuan dan sebagainya memang banyak yang dilakukan tidak manual lagi melainkan online. Praktis, dengan jaringan inernet terbaik dari IndiHome tentu saja bisa maksimal pengelolaannya :) TFS.

    ReplyDelete
  5. Maju terus Lacamera coffee. semoga dengan bantuan teknologi dapat terus berkembang dan bisa menjangkau pelanggan lebih banyak. Teknologi memang sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  6. Kelancaran internet yg gak lemot turut juga membantu mengembangkan bisnis ya mba semoga usaha cafe semakin sukses dan berkembang ini dikenal banyak orang

    ReplyDelete
  7. menu pakai qr qode itu membantu banget sih mba. kalau aku lagi ke cafe juga biasanya biar cepet aku scan aja langsung menu di qr qode. bisa bikin kita cepet menentukan pesanan juga

    ReplyDelete
  8. Serba modern ya di sini, menu juga pake QR. Sistem pelayanan dan pembayaran pun modern. Kerennn

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS