Hai hai TemaNda bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya!

Semenjak pandemi hadir di tengah bumi pertiwi, rasanya kreativitas sebagai seorang ibu semakin ditantang untuk lebih melejit lagi. Budaya baru sekolah dan bekerja dari dalam rumah membuat setiap ibu dituntut untuk bertambah lentur menghadapi perubahan. Terutama saat kehidupan perekonomian keluarga turut terdampak pandemi. 

Peran ibu yang turut membantu perekonomian suami semakin bertambah. Tidak sedikit usaha menengah dan mikro (UMKM) yang baru hadir dan menjamur menyikapi maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK).  Banyak diantaranya dirintis oleh ibu rumah tangga.

Sebagai pelaku usaha bidang jasa seperti Manda, sangat terasa efek pandemi ini. Sempat terbesit niatan membuka usaha di bidang kuliner kecil-kecilan. Bidang kuliner Manda rasa merupakan bidang usaha yang target marketnya signifikan. Tapi banyak keraguan untuk melanjutkan usaha ini karena merasa ilmu usahanya masih terlampau dangkal. 

Bagai gayung bersambut, Manda Qadarullah berkesempatan mengikuti Webinar yang keren banget. Tajuk Webinar ini adalah "UMKM Naik Kelas : Produksi Pangan Sesuai Standar dan Strategi Pemasaran Berbasis Digital". Webinar ini terselenggara berkat kolaborasi apik antara Frisian Flag dan Dapur Ibu Bersama. 

Webinar ini berfokus kepada peningkatan usaha di bidang kuliner. Berdasarkan presentasi Kak Stefanie Kurniadi, industri makanan dan minuman adalah industri yang sangat menjanjikan pada masa pandemi ini. Dibuktikan dengan peningkatan industri makanan dan minuman mencapai 2,45% pada kuartal I-2021. Pertumbuhan ini merupakan salah satu yang tertinggi di sektor industri pengolahan. Selain itu industri ini diyakini sebagai industri yang menyerap tenaga paling banyak.

Yuk simak keseruan dan rangkuman ilmu yang Manda dapat dari webinar keren ini untuk membuat usaha kita naik kelas.




Kunci Sukses Strategi Pemasaran Digital

Pada sesi pertama mengupas tentang kunci sukses strategi pemasaran digital yang diisi langsung oleh Kak Stefanie Kurniadi seorang praktisi bisnis kuliner. Kak Stefanie mengisi webinar dengan sangat ringan dan mudah dipahami. Berikut adalah 5 poin penting yang menjadi kunci sukses dalam strategi pemasaran digital.


1. Fokus di media dan cara berkomunikasi yang populer

Saat ini media sosial merupakan cara komunikasi baru yang diminati berbagai kalangan pasar Indonesia maupun dunia. Pada masa pandemi ini dua media sosial yang paling diminati untuk promosi usaha kita antara lain adalah Instagram dan Tiktok. 

Seiring dengan diminatinya video berdurasi kurang dari tiga menit, Instagram Reels dan Tiktok menjadi media yang paling diminati. Mengoptimalkan Instagram Reels & Tiktok meningkatkan komunikasi interaksional produk kita.

2. Bangun brand yang memiliki Authority

Brand Authority sendiri memiliki pengertian dimana suatu Brand memiliki kemampuan untuk mempengaruhi. Menurut Kak Stefanie hal-hal berikut perlu diperhatikan untuk menjadikan usaha kita memiliki Brand Authority.

Memperhatikan Brand Identity dan memenuhi juga mengomunikasikan Reason to Buy. Brand Identity mencakup keselarasan desain logo, desain promosi media dan eksekusi yang dibuat secara baik dan matang.

3. Brand Memiliki WOW effect

Pembangunan suatu brand ataupun peluncuran produk perlu dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan WOW effect. WOW effect sendiri menjadikan produk kita lebih diminati.

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan WOW effect.

  • Apa yang akan membuat konsumen membicarakan brand anda
  • Apa yang akan membuat konsumen berminat untuk mencoba produk kitapertama kali
  • Apa yang akan membuat konsumen membeli lagi (repeat order)

Kita bisa menciptakan WOW Effect melalui produk yang kita jual dengan menambahkan unsur luar biasa atau tidak biasa sehingga membuat orang tertarik dan ingin mencoba.

Salah satu teknik WOW effect yang cukup ampuh adalah dengan memilih packaging yang tidak biasa. Kebiasaan baru konsumen saat ini adalah melakukan review melalui unboxing. Kita bisa memikirkan bagaimana packaging yang memiliki WOW effect, yang membuat konsumen bersemangat untuk melakukan unboxing pada media sosial mereka.

Teknik WOW effect selanjutnya bisa dilakukan dari sisi promosi yang bombastis. Menurut Kak Stefanie, program promosi yang menarik juga adalah yang sulit ditolak untuk konsumen. Misalnya promo potongan harga 50%, Promo Buy 1 Get 1, Makan Seikhlasnya, Gratis Makan Bayar Pakai Doa dan lain sebagainya. 

Biasanya program-program di atas dikombinasikan dengan strategi Loss Leader untuk tahap awal. Loss Leader adalah strategi marketing dimana penjual menetapkan harga suatu produk di bawah harga pasar. Meskipun terkesan merugi, strategi ini dinilai menguntungkan dengan mengundang banyak konsumen untuk membeli produk.

4. Menguasai teknis channel yang digunakan

Selanjutnya kak Stefanie menyebutkan taktik sukses jualan ditentukan juga dengan pemahaman kita pada channel yang kita gunakan. Misalnya dengan handal menggunakan online delivery, Marketplace, ataupun Whatsapp Bussiness. Setiap Channel memiliki taktik khusus yang perlu dipelajari untuk mengoptimalkan usaha yang kita rintis.

5. Kemampuan eksekusi yang baik

Pemahaman tentang eksekusi pemasaran digital juga meliputi kemampuan eksekusi yang mumpuni. Salah satunya dengan menguasai bagaimana pembuatan konten yang relevan dengan para audiensi. Selain itu kita perlu memahami desain yang sesuai dan diminati oleh Netizen.

Untuk memenuhi kebutuhan ini banyak sekali Tools ataupun aplikasi yang dapat digunakan. Antara lain Capcut, Canva, dan lain sebagainya.

Mau tahu lebih banyak tentang tips dari Kak Stefanie? Bisa langsung mampir ke Instagtamnya : https://www.instagram.com/stefanie.kurniadi/

Keseruan Webinar Produksi Pangan Sesuai Standar dan Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Webinar yang dilakukan dua hari pada 8 dan 9 Maret 2022 ini penuh keseruan dan inspirasi. Pengemasan Webinar yang dilakukan via Zoom Meeting ini terlihat rapi, seru, profesional, well prepared. 



Para pengisi acara 

Hari pertama Webinar dilakukan pada 8 Maret 2022 pukul 13.00-15.00 WIB. Hari pertama diisi oleh pemateri luar biasa :

  • Ibu Dra. Yunida Nugrahanti Soedarto, Apt, MP, Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM
  • Kak Stefanie Kurniadi, Fpunder & CEO Foodiez
  • Bunda Septi Peni Wulandani, Founder Ibu Profesional
  • Kak Andrew F. Saputro Corporate Affarirs Director PT. Frisian Flag Indonesia


Sementara untuk hari kedua dilakukan pada 9 Maret 2022 pukul 13.00-15.00 WIB, diisi keseruan pemateri keren :

  • Chef Nanda Hamdalah, Chef dan konsultan kuliner
  • Bunda Septi Peni Wulandani, Founder Ibu Profesional
  • Kak Andrew F. Saputro Corporate Affarirs Director PT. Frisian Flag Indonesia


Apiknya Webinar ini tidak lepas dari bagaimana Kak Dora Angela, sang pembawa acara, mengampu acara dengan cara santai dan menyenangkan. Studio yang disiapkan pihak Frisian Flag juga memberi kesan totalitas. Selain itu desain Virtual Background juga menambah kerennya Webinar ini. Manda jadi senang Screenshot muka sendiri, hoho.


Resep dari Chef Nanda

Keseruan hari kedua tidak lepas dari belajar menu-menu baru yang disajikan Frisian Flag. Pada sesi ini, Chef Nanda terjun langsung memberi pelajaran memasak yang berharga. Peserta disuguhkan dua resep yang menurt  Manda sangat cocok untuk diterapkan pada masa Ramadan nanti.

Dua resep ini adalah menu Bola Ubi Coklat Lumer dan Es Jelly Susu Nanas. 

Resep-resep istimewa Frisian Flag bisa jadi kitab khusus menu berbukan Ramadan nanti, bisa cek di sini ya Bun : https://www.frisianflag.com/resep-kami/resep-dengan-kental-manis

Chef Nanda sangat komunikatif dan banyak sekali memberikan tips untuk para peserta. Manda jadi ikutan lapar saat menonton Zoom memasak ini, hehe.

Salah satu tips yang Manda ingat adalah cara memasak sagu mutiara yang paripurna. Yaitu dengan merebusnya 5 menit, menutupnya 30 menit dan memasak kembali selama 7 menit.

Mau kenalan langsung dengan Chef Nanda? Bisa intip langsung di Instagramnya : https://www.instagram.com/chefnandayoung/

Keseruan Permainan

Untuk mengikat ilmu, peserta disuguhkan permainan seru. Permainan dilakukan melalui platform Kahoot id. 

Tidak tanggung-tanggung, setiap harinya, lima orang dengan skor tertinggi dalam permainan ini akan mendapatkan hadiah yang lumayan banget. Setiap orang berhak atas uang elektronik sebesar Rp. 200.000.

Tantangan Media Sosial

Pengikat ilmu yang sangat bermakna selanjutnya adalah tantangan berhadiah. Tantangan ini khusus diperuntukan bagi peserta yang mengikuti Webinar. Dibagi ke dalam empat kategori. tantangan ini juga bertabur hadiah. 

Berikut adalah kategori yang disediakan :

  • Recook resep 
  • Kreasi resep unik dengan kental manis Frisian Flag
  • Kreasi menu sarapan dengan kental manis Frisian Flag
  • Story telling


Manda mengikuti dua kategori yang disediakan untuk mengikat ilmu. Dibantu oleh asisten yang super semangat, Mysha, Manda membuat kreasi tahap demi tahap sesuai arahan Chef Nanda.

Suvenir Webinar

Tidak berenti di situ keseruannya. Tantangan di atas didukung juga dengan bahannya! Frisian Flag mengirim suvenir bagi seluruh peserta Webinar.

Suvenir berupa satu kardus kental manis Frisian Flag untuk bahan kita memasak ulang resep dari Chef Nanda. Tentunya bahan dukungan usaha juga bagi para peserta binaan Dapur Bersama Ibu. 


Tertarik mengenal Dapur Bersama Ibu lebih jauh? Klik langsung ya! https://www.instagram.com/dapuribubersama/

Hasil recook 

Jujur, memasak bukan salah satu renjana Manda, jadi keberhasilan membuat bola ubi tanpa hancur ini cukup membuat puas hati. Mungkin nanti bila ada kesempatan Manda mau coba buat usaha bola ubi, hehe!



Sang asisten gemas, Mysha, sangat menyukai kegiatan memasak. Konon kelak ia besar mau menjadi Chef. Keseruan memasak membuat Mysha semakin handal mencampur bahan. Semoga semakin dekat dengan cita-citanya, Aamiin. 

Setelah melalui berbagai kehebohan, ini dia hasil memasak kami! Hasilnya langsung ludes tidak bersisa disantap Pak Suami dan anak-anak gemas.

Yuk coba masak juga TemaNda!


#ibuprofesional
#WomenInCooLABoration
#IP4ID2022
#DapurIbuBersama






SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS