Pada sesi pertama pada diklat yang diadakan oleh Recource Center Ibu Profesional, kita diminta untuk menganalisis permasalahan yang ada di regional dan menuangkan ke dalam strategi komunikasi yang unik khas masing-masing daerah.

Salah satu keunikan kota Bandung adalah dari jumlah kelompok belajarnya. Bandung memiliki tiga jenis kelompok belajar, yaitu Rumah Belajar (RB) , Rumah Belajar Berbagi (RBB), dan Kelas Berbagi (KB).

1. Kondisi Komunikasi Aktual Ibu Profesional Bandung

Ibu Profesional Bandung telah memiliki jalur komunikasi yang sistematik. Penggunaan google form digunakan sebagai pencatatan daftar kegiatan dirasa cukup optimal. Selain itu, jalur koordinasi yang jelas mempermudah pengurusan suatu kegiatan.

Namun tidak dipungkiri tantangan kerap menghampiri, dimana sudah cukup lama posisi manager offline tidak berfungsi dikarenakan kendala personal. Hal ini menyebabkan posisi ini kemudian dijalankan langsung oleh koordinator regional. Setelahnya pun rupanya masih terjadi banyak kemacetan komunikasi.

Beberapa kali terjadi pengurus secara tiba-tiba minta mundur tanpa melakukan komunikasi yang baik. Kemacetan komunikasi ini kerap terjadi disebabkan rasa segan para pengurus RB RBB KB untuk langsung berkonsultasi dengan Koordinator Regional. Padahal komunikasi yang baik merupakan kunci sukses terselesaikannya urusan kegiatan.

2. Ide Solusi dari Tantangan yang Terjadi pada Komunikasi

Untuk mengatasi kendala komunikasi, koordinator regional kerap kali bergerak aktif untuk dan menekankan pentingnya komunikasi, dan memberikan banyak ruang bagi RB RBB KB berkonsultasi langsung.

Demi mencari solusi bersama atas tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para pengurus, bisa dilakukan lebih banyak kegiatan offline. Yaitu menambah waktu berkumpul bersama untuk belajar bareng, main bareng, ngobrol bareng, juga makan bareng.

Selain itu diperlukan juga pendekatan personal antara manager offline ataupun koordinator regional kepada pengurus RB RBB KB. Atas hal ini sangat dibutuhkan pemahaman komunikasi asertif dalam komunitas.

3. Small Project Manager Offline Ibu Profesional Bandung

Project yang akan dibuat untuk mengatasi solusi komunikasi di IP Bandung adalah:



"Project Sinergi Satu Frekuensi"

Project ini disusun untuk mengembalikan sinergi dan frekuensi di dalam tubuh kepengurusan RB RBB dan KB di IP Bandung. Agenda dari project tersebut adalah:

Tour de RB KB RBB
Meneruskan agenda yang lalu, akan terus dijalankan agenda Manoff yaitu Tour de RB KB RBB, dimana Manoff menjadwalkan hadir dalam setiap kegiatan RB KB RBB

Ngariung RB KB RBB
Agenda sharing session ini dilakukan untuk mengikat bonding dan mencari solusi dalam setiap kendala yang terjadi di dalam RB KB RBB. Ngariung adalah bahasa Sunda yang memiliki arti berkumpul. Biasanya kegiatan ini disertai makan bersama atau botram. Tradisi ini dirasa sangat efektif mengikat keakraban antar pengurus dan melancarkan komunikasi.

Diklat Komunikasi Asertif oleh pakar komunikasi produktif. Agenda diklat ini akan diadakan secara online dan offline untuk kembali menyamakan frekuensi komunikasi.

Rancangan regulasi pengunduran diri. Regulasi ini diatur untuk para pengurus yang mengalami kendala dan tidak melanjutkan amanahnya. Regulasi ini mengatur bahwa pengurus perlu menginformasikan minimal 1 bulan sebelum mundur, dan mencari pengganti posisinya.

Timeline Project Sinergi Satu Frekuensi



Versi google spread sheet :

bit.ly/Sinergisatufrekuensi

Plan B
Bila agenda tersebut tidak dapat dilangsungkan secara offline, agenda2 tersebut dapat dialihkan menjadi agenda online dimana akan dibuat sesi sharing dari hati ke hati selama satu hari di dalam wa grup.
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS