Kaget, itulah yang Manda rasakan saat membuka wordpress hari ini. Draft yang usianya sudah lebih dari setahun ini tidak kunjung ditayangkan. Jadi, walau sudah mulai asam, karena terlalu lama difermentasi, mari kita selesaikan hari ini!

Kali ini Manda akan berbagi pengalaman Manda menjadi operator tayangan live di Facebook. Yap, pengalaman beberapa tahun lalu itu merupakan keseruan hakiki yang wajib sekali dibagikan.

Saat itu Manda berkesempatan belajar bersama di tim kreatif Matrikulasi batch 6 Institut Ibu Profesional. Manda yang juga menjadi ketua suku di tim tersebut, akhirnya belajar mengoperasikan Wisuda Akbar Online. Berikut adalah catatan pengikat ilmu, agar bisa lekat dan menjadi ridha Allah, Aamiin.

tutorial

MEMBUAT LIVE EVENT DI YOUTUBE


Live Event di YouTube bisa dibuat jauh-jauh hari sebelum hari event dilangsungkan. Langkah-langkah untuk membuat Live Event di YouTube adalah sebagai berikut:

  • Login ke YouTube.

  • Klik foto profil.

  • Klik YouTube studio (beta).


ss1.jpg

  • Setelah memasuki ​YouTube studio​,

  • pilih menu other ​features​,

  • kemudian klik ​live events​.  


01ssyt

Untuk membuat event baru, klik tombol ​+New Live Event​ pada sisi kanan atas.

02ssyt

Tentukan​ basic info​ dari ​new event antara lain :

  • Nama​ event

  • Waktu berlangsungnya ​ live event ​ (tanggal dan jam)

  • Deskripsi kegiatan​ live event. Secara ​default,​ live event akan bersifat​ public​ dan menggunakan ​Google Hangout On Air. Namun, hal ini  bisa diatur sesuai kebutuhan.


03ssyt

Untuk mengatur detail acara saat ​live event berlangsung, silahkan masuk ke bagian ​ advance settings.

Untuk Wisuda Online Akbar Batch 6,​ advanced settings tidak ada yang diubah, atau mengacu pada  default settings. Setelah seluruh pengaturan selesai dan dirasa sesuai, kita bisa memulai dengan klik ​Go Live Now.

04ssyt

HANGOUT ON AIR


Tahap pertama untuk memulai ​ live event di YouTube adalah dengan memulai​ Hangout On Air​. Hal ini  dapat dilakukan dengan klik​ ​ Start Hangout On Air​ pada events yang telah dibuat.

05ssyt

Selanjutnya akan akan terbuka window hangout conferencing seperti pada gambar berikut ini.

06ssyt

Pada tahap ini, ​ hangout video conferencing sudah mulai, tetapi belum di-broadcast ke YouTube atau  dikatakan bahwa keadaan masih​ ​ off air.

Ada satu catatan tentang memulai Hangout on air ini yaitu​ start hangout on air hanya bisa dilakukan  satu kali​ untuk setiap satu event.

Apabila​ Hangout on air sudah dimulai, kemudian ​ window hangout  ditutup​ (close)​ baik sengaja maupun tidak sengaja, ​ live event ​ sudah tidak bisa digunakan lagi. Sehingga  jika hal ini terjadi, harus dibuat lagi ​ live event yang baru.

Jadi apabila akan berlatih, gunakan link event yang berbeda dengan yang akan digunakan pada hari  H event. 

MENAMBAH PARCITIPANT DAN MEMBAGIKAN LINK SIARAN


Menambah participant ke​ Hangout on air Untuk menambah ​ participant ke dalam ​ hangout video conferencing klik ikon ​(add participant)​.

07ssyt

Maka, akan muncul ​ window invitation link sebagai berikut:

08ssyt

Copy invitation link,​ kemudian Close. Kirimkan​ invitation link ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Pada  latihan wisuda online batch 6, ​ invitation link dibagikan ke WA Grup Tim kreatif agar anggota lain bisa  urut berpartisipasi ataupun belajar. Namun pada hari H pelaksanaan event, cukup bagikan link ​ ini  kepada yang akan tampil, karena banyaknya yang mengakses ​link dapat membingungkan operator,  juga kurang indah dilihat. Hal ini disebabkan oleh munculnya​ participant di layar siaran.

Sementara untuk membagikan link​ siaran yang akan ditonton via YouTube, silahkan klik ikon Links yang terdapat di kanan bawah.

09ssyt

Maka kemudian akan muncul link​ yang bisa dibagikan untuk ditonton saat hari H siaran berlangsung. Silahkan bagikan link​ tersebut jauh hari sebelum acara berlangsung untuk menarik penonton.

10ssyt

MEMULAI SIARAN LIVE EVENT


Ketika semua pihak yang berkepentingan sudah tergabung ke dalam​ hangout video conferencing, live streaming di Youtube bisa dimulai dengan cara klik​ ​Start Broadcast​.  

11ssyt

Maka, status pada​ window hangout akan berubah dari ​OFF AIR ​menjadi​ ​LIVE.

12ssyt

MENGATUR TAMPILAN YOUTUBE SAAT SIARAN BERLANGSUNG


Secara​ default , semua ​ participant di ​ Hangout on air berada pada keadaan ​show in broadcast. Sehingga, apabila ​ participant lebih dari dua orang akan terlihat kotak kotak kecil participant di layar YouTube.

Agar kotak-kotak kecil ​participant tidak terlihat, maka participant yang tidak berkepentingan untuk  tampil di layar YouTube perlu di ​Hide from broadcast​.

Selanjutnya, untuk menampilkan seorang participant yang tadinya berada pada kondisi​ hide, caranya adalah dengan klik ​Show in broadcast​, lalu klik ​Present to everyone​ supaya ​participant yang lain juga bisa melihat.

13ssyt

SCREEN SHARING SELAMA SIARAN BERLANGSUNG


Pada saat live event​ berlangsung, ​participant dapat melakukan screen sharing misalnya untuk  menampilkan foto, video, maupun presentasi Power point ke YouTube.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara klik ikon di kiri atas ​(screen sharing)​.

14ssyt

Lalu klik​ application window​ untuk memilih aplikasi yang ingin di-share misalnya Windows Media Player, VLC, atau Microsoft Power Point, lalu klik ​Share​.  

15ssyt

Sementara bagi pengguna PC dengan lebih dari satu layar, bisa juga mengatur layar yang akan di​ share.  Selanjutnya memilih opsi ​Your Entire Screen,​ ​ setelahnya bisa kembali mengetik​ share.

16ssyt

Apabila yang ingin di-share adalah video, perlu diperhatikan terlebih dahulu setingan​ sound supaya  suara dari video tersebut dapat terdengar di YouTube.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Start

  • Settings ​ (pada komputer dengan​ ​ Windows Operating System​),

  • Kemudian pilih​ ​ System ​dan klik  Sound​ dan masuk ke ​Sound control panel. 


17ssyt

Pada ​Sound control panel ​ masuklah ke tab ​Recording​, ​ pastikan ​Stereo Mix​ ​ ​sudah ​enable, ​ ditandai  dengan adanya ikon ​checklist​ berwarna hijau.

18ssyt

Selanjutnya, speaker setting pada ​Hangouts ​ juga perlu dipilih ​Stereo Mix​. Caranya adalah dengan klik ikon​ Settings.

19ssyt

Kemudian pada​ drop down list untuk speaker pilih​ ​ Stereo Mix​ seperti terlihat pada gambar berikut ini.  Terakhir, klik ​Save.

20ssyt

MENGHENTIKAN SIARAN


Jika acara sudah selesai, ​live event di YouTube bisa dihentikan dengan cara menekan tombol ​Stop  Broadcast.  

21ssyt

Setelah acara siaran selesai, video rekaman acara ​live event secara otomatis akan tersimpan di folder video YouTube Bunda.

22ssyt

Nah, seru kan! Manda saat menjalankannya luar biasa tegang. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu latihan. Kunci kesuksesan live ini adalah membiasakan diri berlatih sesering mungkin hingga lihai.

Operator perlu menguasai timing dan ketenangan. Kemudian bila menggunakan narasumber dalam participant, perlu adanya latihan khusus menyesuaikan waktu untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan.

Contoh misalnya, jeda antara narasumber dan acara selanjutnya terlalu lama. Hal ini bisa diminimalisir dengan mencocokan waktu dan berlatih.

Selain itu, kunci sukses selanjutnya adalah stabilitas jaringan internet. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat jaringan putus, channel live event tidak bisa digunakan kembali. Oleh karena itu mutlak memerlukan jaringan internet yang baik.

Saat Manda pertama kali latihan bersama Mba Desi yang berdomisili di luar negeri, adanya gap yang signifikan. Hal ini dikarenakan kualitas internet kita memang perlu ditingkatkan seperti yang dimiliki di luar negeri. Semoga bisa segera terwujud ya, aamiin!

 

Referensi:   

Pelaksanaan Wisuda Online Akbar Matrikulasi batch 6 Institut Ibu Profesional 3 November 2018

Desi Pramudiwati, 2018 Tutorial Live Streaming Melalui YouTube, {Pdf}
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS