Copy of Copy of Orange White Rays Illustration Book Donation Poster

Informasi lama yang ternyata baru Manda tahu hari ini melalui habituasi Sejuta Cinta Ibu Profesional, Indonesia adalah negara paling dermawan!

Wow, berdasarkan data BBC, pada tahun 2018 Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Hal ini merujuk pada hasil survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga amal di Inggris, Charities Aid Foundation (CAF). Menurut laporan World Giving Index 2018, Indonesia mendapat skor 59 yang merupakan tertinggi dibanding yang lain. Posisi selanjutnya diisi Australia, Selandia Baru, Amerika, dan Irlandia.

Indonesia tertinggi dari tiga aspek kebaikan yang diukur. Tiga aspek tersebut adalah

  • Membantu orang yang tidak dikenal

  • Memberi sumbangan

  • Menjadi relawan


Pada keseharian, tentu hal ini pun bisa terlihat jelas oleh kita sebagai warga Indonesia. Betapa ringan tangan dan mudahnya warga Indonesia mengulurkan tangan bagi sesama, Masya Allah.

Dari informasi tersebut, kelas habituasi memberi tantangan untuk mengikat makna kedermawanan di Indonesia. Sungguh menantang, karenan kita akan membahas perbedaan antara Charity dan Filantropi.

Copy of Copy of Orange White Rays Illustration Book Donation Poster (2)

Charity


Sumber Gambar _ halodoc.com (17)Charity berasal dari Kata Perancis Kuno “Chrite” yang artinya menyediakan keperluan bagi yang membutuhkan, kemurahan hati dan memberi. Perilaku charity melibatkan pemberian uang, barang, atau waktu untuk orang yang tidak beruntung, baik secara langsung atau melalui lembaga. Charity lebih bersifat emosional, respons langsung dari sebuah keadaan, berfokus pada penyelamatan.

Perilaku yang terbilang charity biasanya pemberian secara langsung (direct giving), dan tujuannya untuk mengatasi gejala dari permasalahan.

Filantropi


Sumber Gambar _ halodoc.com (18)Filantropi Berasal dari Bahasa Yunani yang dapat diterjemahkan sebagai “Love of a mankind” yang artinya cinta untuk sesama manusia. Filantropi kemudian dimaknai sebagai upaya untuk berbagi menyalurkan sumber daya dan berderma secara terorganisir untuk kepentingan strategis jangka panjang dan berkelanjutan.

Hal menarik yang terjadi, beberapa tahun terakhir ialah sisi pemberdayagunaannya yang kian meluas. Cakupan filantropi saat ini pemberdayaan merambah berbagai sektor seperti ekonomi, perempuan, antikorupsi dsb. Hal ini tentu adalah hal menarik yang merupakan perkembangan baik dan dibutuhkan di masyarakat.

Perbedaan antara charity dan filantropiCopy of Copy of Orange White Rays Illustration Book Donation Poster (3)



  • Charity bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dari masalah sosial tertentu, sementara filantropi bertujuan untuk mencoba untuk mengatasi sumber masalah dari akarnya.

  • Charity subjek pemberinya biasa perorangan atau komunitas, sementara filantropi biasanya berupa lembaga, yayasan, organisasi, ataupun independen.

  • Saat dampak dari filantropi lebih luas cakupannya, charity lebih terbatas.

  • Jangka waktu dari charity cenderung lebih pendek sementara filantropi lebih panjang dan berkesinambungan.

  • Pemberian charity lebih keperorangan dan bersifat langsung, sementara untuk filantropi lebih terorganisir dan terukur.


Pengikat makna : analisis perilaku dermawan di sekitar kita


Lokasi tempat tinggal kami dekat dengan DT Peduli Bandung | LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Kantor Perwakilan Jawa Barat. Dompet Peduli Ummat adalah sebuah Lembaga Amil zakat nasional dan merupakan lembaga nirlaba yang bergerang di bidang penghimpunan (fundaraising) dan pendayagunaan dana zakat, infaq, shadaqah dan wakaf (ZISWA). Didirikan 16 Juni 1999 Oleh KH Abdullah Gymnastiar.

Manda melakukan analisis singkat pada DT peduli yang merupakan lembaga filantropi. DT Peduli mengorganisir perilaku charity agar cakupannya tersampaikan sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa kegiatan DT Peduli yang didapat dari instagram DT Peduli.030201

Memperhatikan perilaku dermawan memberikan inspirasi tersendiri juga sebuah amanah. Terpikir kelak akan mengajak Nayyara dan Mysha untuk bisa lebih sering bersinggungan dengan dunia charity dan filantropi. Semoga kelak mereka bisa menjadi bagian dari salah satu dermawan Indonesia. Aamiin ya rabbalamiin.

Referensi


https://www.bbc.com/

https://www.instagram.com/dtpeduli/

https://dpu-daaruttauhiid.org/web/

https://medium.com/@Philanthor/the‐difference‐between‐charity‐and‐philanthropy‐fe29e327acac


https://en.wikipedia.org/wiki/Philanthropy


https://www.learningtogive.org/resources/philanthropy


https://kabar24.bisnis.com/read/20200111/79/1189170/ini‐bedanya‐filantropi‐csr‐dan‐charity


https://majalahcsr.id/filantropi‐berkelanjutan‐jadi‐cara‐ber‐filantropi‐masa‐kini/


https://beritagar.id/artikel/gaya‐hidup/kegiatan‐filantropi‐tak‐hanya‐sekadar‐urusan‐materi


https://www.slideshare.net/fransiscuswelirang.com/filantropi


https://filantropi.or.id


https://www.referensimakalah.com/2013/05/pengertian‐perilaku‐filantropi.html

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS