Bismillah,

Hai TemaNda!

Hari ini Manda mau menceritakan perjalanan menulis Manda. Dari mulai biasa nulis di sosial media, notes FB, ternak blog musiman, sampai akhirnya nge dot com. Sebelum ikut rumah belajar literasi Ibu Profesional Bandung dan Kelas Literasi Ibu Profesional, kepikiran untuk buat blog dengan TLD rasanya tidak ada. 


akhirnya nge dot com
Nyaman itu bukan lokasi tapi hati | pexels.com


Toh pikir Manda, buat apa juga TLD, sementara isi tulisannya aja masih seputar curhat cucian sama tips mengusir ini itu dari dalam rumah, ahahah.


Tapi menulis ini rupanya punya efek nagih, walau butuh semedi. Setelah selesai menulis, ada efek lega semacam katarsis bagi diri sendiri. Keseruan menulis ini sangat menular, karena buktinya Manda juga begini efek pergaulan, gaeees!


Yuk, bahas sedikit bagaimana akhirnya Manda nge dot com. Sekaligus berbagi perjalanan blogging Manda di hari blogger ini. Selamat hari Blogger semua!


Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Bandung

Waktu berganti, 2017 Manda mulai dekat dengan Teh Dece yang lalu mengenalkan kepada perkumpulan orang keren di atas. Rumah belajar literasi IP Bandung selalu rajin mengadakan bedah buku. Pengurusnya juga keren-keren, selain Teh Dece ada juga Teh Echy, Teh Rifa, Agina, Qure, dan selalu ada Teh Gita juga. 


Dari sini, Manda mulai ketagihan baca buku, kenal perpustakaan digital, dan lain-lain. Kita terbiasa mengadakan event-event seru terkait literasi. Member Ibu Profesional Bandung pada masa Mama Wening insya Allah pasti pernah dengar acara-acara literasi ini.

Kelas Literasi Ibu Profesional

Dari rumah belajar literasi, Manda akhirnya tertarik juga ikutan ODOP 99 days, yang kini merubah nama menjadi Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Walau sangat menantang, Manda mencoba mengikuti uji konsistensi di kelas ini. Tujuan awalnya sederhana sih sebenernya, biar bisa ngobrolin buku sama ngobrol sama para penulis keren. 


Sampai akhirnya 2018, 2019, Manda tidak berhasil menyelesaikan uji konsistensi menulis sampai akhir. Ada aja alasan dan tantangannya untuk gak nyetorin tulisan. Padahal kalau dipikir lagi, perkuliahan Ibu Profesional kan nulis terus, dan bisa disetorkan.


Tapi ada yang berbeda di 2020. Ada Teh Gita di KLIP, hihi. Bikin tambah semangat nulis. Selain itu Manda juga udah tambah dekat sama Teh Shanty, yang anaknya cakep-cakep itu, eeeh.


Teh Shanty pernah ngajak Manda kopdar bareng blogger Bandung, belajar penulisan, seru juga!


Semenjak itu Manda tambah semangat lagi belajar nulisnya. Jadi penasaran sama belajar blogging juga. 


Media Komunikasi Ibu Profesional

Kembali pada pertengahan 2019, Manda menjadi bagian dari media komunikasi Ibu Profesional, setelah memberanikan diri mengambil tantangan dari Bunda Septi. Bagai masuk ke dunia baru, Manda mulai berkenalan dengan blogger keren sekelas Mba Ammah, Mak Ririt dan Mak K. 


Dari Mak K, editor website Ibu Profesional, Manda belajar banyak hal tentang penulisan. Manda sesekali membantu menulis di website walau masih ala kadarnya. Tapi perlahan, sedikit demi sedikit Manda belajar memperbaiki tulisan. Manda juga belajar hal-hal teknis, walau memang membutuhkan waktu. Learning by doing, tidak menunggu sempurna, belajar sambil memperhatikan.


Dari Mak K juga Manda belajar betapa bersuara itu perlu. Ceritakan apa yang kita alami hari ini, dan ceritakan apa yang kau butuhkan saat ini. Siapa tahu tulisan itu yang menciptakan perubahan kelak dan didengar. Semangat Mak sayang, perjuanganmu lewat tulisan selalu menginspirasi!


Selain Mak K, di tim media komunikasi juga ada Ibun Nastiti, Kak Shima, Mba Ami yang nemenin sebagai penulis. Bida sang desainer handal juga ditemani oleh bersama Kak Wenny dan Kak Aisyah. Di garda terdepan, yaitu pemegang sosial media, ada tiga orang hebat, Mba Indria, Teh Feli dan Kak Ajeng.


Semenjak sering bermain bersama dalam lingkungan media komunikasi, Manda jadi lebih bersemangat mengenal dunia penulisan dan blogging. Awalnya ngeri-ngeri sedap dan selanjutnya malah jadi tambah penasaran.

Drakor dan Literasi

Sampai akhirnya pergaulan yang membawa Manda sampai di sini, kelas ajaib pecinta dunia drama Korea. Ternyata di sini isinya banyak celeb blogger!


Sebut saja Lendy-ssaem, Bunda Intan, Kak Dee, Kak Risna, Kak Litha, Kak Rella, Kak Dwi, Kak Rella, Kak Rani, Teh Lala, Kak Ima, Mak Dey, Teh Nadya juga Kak Asri!


Last but the best, di sini Manda bisa kenalan sama kakak kelas SMA yang jadi penulis kekiniaan, Kak Rijo!


Dari sini Manda sering dapat banyak ilmu tentang dunia blog dan cara-cara menulis. Tapi memang masih berproses pastinya. Banyak yang perlu diperbaiki dan tingkatkan. 


Setidaknya kini nulis udah pakai heading, mengisi description, label. Judul blog dan foto juga dipikirin, jumlah karakter, kata kuncinya kadang dicari dulu, daaaannnn sampailah akhirnya Manda di sini, aliendasophia.com. Hasil nabung ilmu dan rezeki dari kerjaan sampingan Manda, dan semoga bisa jadi jalan keberkahan dan rezeki juga ya tentunya, aamiin!


Terima kasih untuk Mak K tersayang untuk terwujudnya blog ini. Semangat konsisten! Belajar menulis lebih baik lagi, Bismillah.





SHARE 8 comments

Add your comment

  1. Nggak nyangka ya, dengan menulis, kita mainnya jadi bisa rada jauhan ya Man. Nggak lu lagi lu lagi. Jadi nambah kenalan orang baru dengan wawasan mereka yang seru-seru. Selamat ber dot com ria. Semoga makin lancar rejekinya di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Tetehhh,, jadi banyak ilmu baru dan ketemu banyak orang baru yang menginspirasi.
      Bismillahhh
      Semangat belajaar, ini baru pindahan rumah, jadi belum lincah, hihiii,

      Delete
  2. Manda keshayangan di grup ajaib Drakor dan Literasiiii...
    Hooi..hoiii...

    Salut sama Manda yang selalu bisa multi-tasking dan totalitas di segala yang dikerjainnya.


    Semoga setelah dotcom, makin banyak belajar lagi...Makin banyak berkarya yang menginspirasi...boleh ngebucin juga Kita yaa...😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu Ssaem!!
      Makasih semua ilmu dan sharingnya, semoga bisa konsisten!!
      semangat berkarya dan ngebucin hiihihi

      Delete
  3. Manchin menginspirasi utk dot com juga, hihi. Selamat buat rumah barunya ya, Sayang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lets Go Kak Rijo!
      Menuju Rijotobing.com!!
      yeaaay, makasiih Kaaakkkk

      Delete
  4. Barakallah Manda. Bangga deh sama Manda❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,Tabarakallah.
      Eliin, bangga juga sama Kak Elin❤️

      Delete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS