Bismillah hai hai Temanda!

Saatnya kembali mengikat ilmu! Tahap pembelajaran Bunda Produktif kali ini telah memasuki pekan kedua dalam Zona E atau 4 E. Banyak keseruan yang terjadi selama kami menganalisis aktivitas 4E!

Di zona ini kita diberikan waktu dua pekan untuk membagi strategi dan susunan aktivitas kita. Kita juga diminta memaparkan


zona easy earn enjoy earn

By the way, apa sih 4E? 4 E adalah Easy, Enjoy, Excellent dan Earn. 

Easy adalah bagaimana kita merasakan aktivitas yang kita lakukan terasa mudah.


Enjoy adalah saat aktivitas tersebut dapat kita nikmati dan nyaman saat dijalankan.


Excellent adalah saat kita dirasa sangat handal melakukan aktivitas tersebut. Biasanya selain pengakuan diri sendiri, juga menuai komentar baik dari orang lain. Misalnya saat ada yang memuji dan mengatakan desain kita bagus.


Earn adalah ketika kita mampu menghasilkan sesuatu dari aktivitas tersebut. Yang dihasilkan tidak melulu masalah uang atau penghargaan, bisa juga berbentuk manfaat yang diterima orang lain. Earn bisa semakin besar dan berdampak saat kita tekun menjalaninya.


Buku Bakat Sukses Karya Daniel Coyle


Pada buku yang Manda baca pekan ini, Bakat Sukses karya Daniel Coyle, menuliskan beberapa pertanyaan yang sering muncul di benak kita terkait bakat, antara lain :

  1. Bagaimana kita bisa mengenali bakat yang ada pada diri kita dan orang terdekat kita?

  2. Bagaimana kita memupuk bakat kita di tahap awal?

  3. Bagaimana kita dapat meraih kemajuan paling pesat?

  4. Bagaimana kita memilh strategi, pengajar, dan metode?


Dalam buku ini, Coyle memberikan tips terkait bakat yang dikelompokan ke dalam tiga kategori.


Memulai

Coyle menuliskan bahwa bakat bermula dari pertemuan singkat namun berpengaruh yang memicu timbulnya motivasi dengan menghubungkan identitas anda pribadi dan kelompok yang sangat berprestasi.


Dalam kategori memulai, Coyle memberikan tips bagaimana menyalurkan energi penyulutan motivasi menjadi cara paling konstruktif. Atau disebutkan, bagaimana membuat pemantik sebagai bahan bakar yang tersedia untuk latihan mendalam. 


Coyle memberikan bagaimana kita perlu terus melihat apa dan siapa yang mau kita tiru dan curi secara efektif informasi dari orang berprestasi.


Bila di Ibu Profesional kita terbiasa menyebutnya dengan ATM (amati, tiru, modifikasi). 


Semua bergantung pada konsistensi, Coyle memberi tips untuk terbiasa meluangkan lima belas menit sehari untuk mengukir kemahiran yang ingin kita miliki dalam benak diri.


Daniel Coyle juga memberi tips menarik yang bersifat neural, yaitu untuk selalu memilih kesederhanaan dibanding kemewahan. Ruang yang sederhana mampu membuat kita fokus pada latihan yang dilakukan : Berusaha, mengulang, dan berjuang.


Yang terakhir dari kategori memulai adalah jangan enggan menjadi bodoh.


Di Ibu Profesional menggunakan sistem pembelajaran dimana semua murid semua guru. Untuk itu kita selalu ditularkan untuk senantiasa mengosongkan gelas saat berhadapan dengan ilmu. Dengan ini diharapkan kita akan terus bersemangat belajar, jauh dari jumawa.


Temukan Titik Tertinggi, Lalu Gapailah

Kita perlu menemukan batas ambang tertinggi kemampuan kita. Yaitu keadaan dimana kita nyaris tidak mampu melakukannya. Sensasi yang dihasilkan dari keadaan ini adalah frustasi, kesulitan, dan waspada terhadap kesalahan. Bila dilihat, kita seperti menggapai-gapai suatu tempat tinggi yang tidak terjangkau. Kita berupaya menggapai dengan segenap kekuatan, namun terlihat tidak akan sampai, mencoba-coba terus, tapi nyatanyanya berhasil.


Manda beberapa kali berada di keadaan ini. Sebagai desainer, tantangan membuat desain yang benar-benar baru jelas di luar comfort zone kita. Tidak tahu akan berhasil atau tidak tapi kita mencoba mengerahkan semua usaha untuk mencapainya.


Untuk mengetahui titik tertinggi, kita terlebih dulu perlu mengenal diri dan kemampuan kita. Oleh karena itu kita butuh banget memiliki kreativitas untuk terus mengukur diri.


Mempertahankan Kemajuan

Manda merasa ini adalah kategori paling menantang. Dimana kita perlu untuk tidak cepat puas dan menjadikan diri terus di zona ternyaman.


Menurut Daniel Coyle, cara mempertahankan kemajuan adalah dengan melakukan pengulangan, hasilkan ketekunan dan rahasiakanlah tujuan utama.


Pengulangan, meskipun memiliki reputasi yang buruk, karena membosankan, telah terbukti menjadi hal yang paling ampuh dalam kemajuan yang telah dicapai. Latih secara rutin kemahiran kita, dan bila ingin lebih dalam mempelajarinya, mulailah dengan mengajarkannya kepada orang lain.


Selain menulis, berbagi ilmu adalah cara paling ampuh untuk kita mendalami ilmu tersebut. Guru atau mentor adalah yang senantiasa mempelajari ilmu tersebut ketika membagikannya.


Lalu yang terdengar unik menurut Manda, penasaran jadinya kenapa kita perlu merahasiakan tujuan utama?


Ternyata berdasarkan penelitian pada tahun 2009 di Universitas New York, terbukti subjek eksperimen yang merahasiakan tujuan mereka menjadi lebih termotivasi saat mengerjakan proyek yang sulit.


Menurut Coyle, mengungkapkan tujuan utama kita kepada orang lain mengakibatkan berkurangnya peluang untuk mencapainya. Otak akan terkecoh karena kepuasan semu yang dihasilkan dapat membuatnya merasa tujuan yang diinginkan telah tercapai.


Pekan Analisis 4E


Pada zona ini kami diminta menganalisis bagaimana aktivitas yang akan kami pilih untuk mengembangkan Habit. Kebiasaan dan karakter sebelumnya telah terlebih dahulu di pekan-pekan sebelumnya. Bisa baca ini dan ini ya untuk lengkapnya.


Nah pekan ini Manda mulai memetakan kembali aktivitas yang Manda lakukan antara lain adalah Content Creating dan Workshop Training. Kedua aktivitas utama ini yang dirasa paling menunjang keberlangsungan proyek tim dan proyek pengembangan diri pribadi.


Content Creating

Aktivitas yang temasuk ke dalam Content Creating ini cukup luas dan setiap Milestone berbeda. Yang termasuk di dalam aktivitas Content Creating pada Milestone 1 antara lain membuat ilustrasi untuk flyer dan perencanaan Pelatihan yang akan diadakan untuk Hexagonia maupun umum. Untuk aktivitas sebagai ilustrator Manda merasa sudah 4E. Sementara untuk aktivitas perencanaan pelatihan Manda rasa masih 3E.

Pada Milestone dua dan tiga kita bersepakat membuka jasa desain. Di sini Manda juga termasuk di dalamnya. Insya Allah ini juga 4E bagi Manda. Jasa desain yang Manda utamakan adalah seputar desain grafis. Untuk desain interior biasanya Manda hanya ambil pada waktu tertentu sesuai kesepakatan.


Membuat desain menurut Manda salah satu bentuk release ataupun katarsis. Saat melakukannya Manda merasa bisa mengurangi pikiran negatif. Rencananya kita juga akan membuat buku jurnal, Manda rasa ini juga cukup 4E untuk Manda.


Workshop Training

Manda sendiri agak kebingungan kenapa memilih membuka Event Workshop Training. Rasanya aktivitas ini baru 3E untuk Manda. 


Tapi diketahui saat berbagi kita akan semakin mendalami ilmu yang kita miliki. Jadi melatih orang lain adalah usaha Manda mendalami ilmu ini. Manda akan membagi seputar ilmu Basic Design dan Sosial Media. 


Aktivitas Pendukung

Manda akan membiasakan untuk tetap membuat quote positif untuk menjaga semangat di CoHousing. Pembuatan quote selain menjadikan kita melatih soft skill untuk fokus pada solusi juga melatih kemampuan kita mendesain.


Aktivitas membaca akan terus dibiasakan untuk tetap mendapat nutrisi seputas manajemen diri dan desain. Manda juga tetap membiasakan diri menonton dan melatih tutorial desain dari internet.


Pekan ini juga CoHousing diminta memaparkan proyeknya dalam sebuah parade proyek Hexagon City. Manda kebagian mengompilasi semua ide ke dalam video singkat sederhana.


Kita juga pekan lalu menjalankan pertemuan rutin via Zoom Meeting. Kita mulai membahas berbagai kesepakatan sesuai dengan kebutuhan proyek kita.


hexapalette zoom meeting

Proyek Hexapalette Studio semoga bisa terlaksana dengan baik!


Terima kasih sudah mampir, jangan lupa tulis di komentar ya apa aktivitas yang dirasa 4E. Juga bisikin ke Manda tips seputar memahami minat diri.




SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS