Hai hai TemaNda! 


Manda lagi makin seru kontribusi pakai aplikasi Crowdsource sama review di Local Guide. Walau Manda ini baru banget belajarnya dan rasanya telat banget mungkin ya.





Tapi ternyata seru sekali. Manfaat buat Manda banyak sekali rasanya. Bila sebagian besar orang lain menggunakannya untuk killing the time, tapi banyak sekali manfaatnya selain itu lho! 



Manfaat Kontribusi di Google


Manda ngapain sih mainan kontribusi aplikasi Google? Hihi, soalnya seru banget! 


Bener banget emang ini buat ngabisin waktu. Tapi banyak manfaat lainnya juga, Manda ceritain yah satu-satu. 


  1. Bisa ketemu banyak orang dari berbagai daerah. Layaknya komunitas lain, kita bisa bertemu orang-orang baru, yang otomatis menambah relasi dong ya! 

  2. Banyak ilmu baru yang didapat di sini. Tidak hanya seputar produk Google, kita bisa dapat ilmu tentang apapun di sini! 

  3. Berkesempatan mengikuti virtual meeting dan bertemu orang dari berbagai belahan dunia. Nah, yang ini Manda suka banget, jadi bisa sekalian melancarkan bahasa Inggris kita, yang kalau Manda kan gitu yah bahasa Inggrisnya, kaku kaya kanebo kering. 

  4. Berkenalan dengan orang dari berbagai negara membuat kita mengenal banyak kebudayaan yang sangat beragam. Hal ini justru yang membuat Manda jadi lebih peduli sama budaya Indonesia. Melihat negara lain begitu masif peduli dengan budaya dan bahasanya masing-masing, that's cool, kenapa kita gak gitu juga! Pernah Manda ikut virtual meeting yang bareng orang Malaysia, Jepang dan India, mereka menyalakan lagu India dan Jepang sebagai latar. Kenapa Manda malah gak terlalu kenal kekayaan negeri sendiri? Hmmm tertohok sekali. 

  5. Pandemi terasa lebih berwarna semenjak unduh aplikasi Crowdsource! Manda juga kemarin sempat Gmeet dengan Crowdsourcer dari Bandung. Dan jadi malah penasaran dan jadi nyangkut ngulik kontribusi di Google Maps sebagai Local Guide, hihi. Tapi memang untuk Local Guide sendiri sudah sangat banyak sekali kontributornya. Manda sendiri memang seneng aja kalau diajakin nyoba-nyoba yang baru. 

  6. Insomnia berakhir, hehe. Semenjak punya aplikasi Crowdsource Manda kalau belum ngantuk di malam hari tinggal mulai kontribusi aja. Cobain verifikasi label gambar dan langsung ngantuk jadinya, hahaha. 

  7. Ide media belajar baru anak-anak. Manda jadi sering ngajak anak-anak mencari benda atau hewan yang ada di foto. Ternyata seru juga yah mencari missing piece. 

  8. Menjadi kontributor berarti membantu banyak orang. Seperti yang diketahui pengguna Google banyaknya bukan kepalang. Membantu berkontribusi di sini sama dengan membantu mesin pencari menjadi lebih pintar. Saat mesin pencari lebih pintar, kita juga ikut membantu semua pengguna produk Google. 

  9. Sebagai sarana promosi bahasa dan budaya Indonesia. Kekayaan bahasa dan budaya kita bisa dibanggakan karena begitu beragam, oleh karena itu kenapa tidak kita dulu yang merasa bangga dan mempromosikannya. 

  10. Saat level meningkat kita bisa mendapat banyak badge lucu-lucu. Konsep gamifikasi ini terasa sangat perlu dipelajari karena seru sekali! 


Cara berkontribusi di Google Crowdsource


Dari kemarin Manda ditanyain cara ikutan ini gimana sih. Gampang pake banget! 


Tinggal cari "Crowdsource" di Playstore dan unduh ya! Setelahnya bisa langsung berkontribusi  dan ikutan di komunitasnya. Tapi untuk aplikasinya baru bisa di Android ya. Untuk IOS bisa pakai browser. 


Kalau Local Guide tinggal isi review di Google Map ya. Nanti semakin banyak akan naik levelnya dan bisa ikutan komunitasnya juga. Banyak lagi yang seru-seru. Tapi jangan lupa prioritas tetap dijaga yaaaa, semangaaat! Terima kasih sudah mampir. Kalau ada yang sudah ikutan bisa komentar juga ya. 


SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS