Bismillah, hai hai TemaNda!

Apa kabar semua hari ini? Sudah semakin mantap dengan pilihan langkah produktifnya kah? Atau masih disusun sedemikian rupa agar tidak terseok-seok? Hehe, ini sih Manda ya. 

Sepekan terakhir ini cukup terasa berat karena banyaknyaa berita duka yang membuat Manda cukup down. Tentunya berita duka adalah pelajaran paling berarti bagi yang masih diberikan umur sampai saat ini. Kita sudah punya apa bila kelak dipanggil Yang Maha Kuasa. Apa saja sih yang sudah dipersiapkan?

Tapi seperti kata sahabat Manda, memikirkan hal begitu cuma bikin lelah, ya mulai saja persiapkan. Karena yang terjadi pasti akan terjadi tepat pada waktunya. Jadi teruslah melangkah, walau sedikit yang kau mampu, lakukanlah.

Loh kenapa jadi bahas ini yah, hehe. Yuk balik lagi ke menyusun langkah sebagai pribadi yang produktif.

Pekan ini mahasiswi Bunda Produktif menyusun rapor pertamanya yang ditutup dengan jurnal kedua di Zona 4 E. Yang mau tahu tentang apa itu Zona 4 E bisa mampir ke tulisan Manda sebelum ini ya!

Nah di Zona ini kita akan menyusun kembali apa yang telah kita lakukan dari awal Bunda Produktif sampai sekarang. Dan berikut adalah susunan peta yang perlu dilakukan.


Setelah melihat peta gamifikasi pekan ini, kita ketahui panduan pengisian jurnal kontribusi kota dan cara pengisian jurnalnya. Yaitu antara lain adalah : Menuliskan pada jurnal tentang pribadi kita sebagai Passionate People, Character Cultivator, Habit Powered, dan Shining 4 E.

Selanjutnya kita akan melakukan kontribusi kepada Hexagon City melalui dukungan sosial media. Kita perlu menjadi pribadi yang aktif dan kooperatif, itulah salah satu tanda kita produktif. Dukungan sosial media antara lain dengan mengikuti setiap sosial media milik Hexagon City. 

Kemudian, mari kita mulai mengisi jurnal ini satu per satu!

Passionate People

Sebelum membahas passion Manda, yuk kita bahas dulu, apa yang dimaksud dengan passionate people.

Dari lifehack.org Manda menemukan beberapa karakteristik passionate people, antara lain adalah :

  • Mereka sangat sering menjadi sangat bersemangat dan bergairah. Dedikasi dan kerja keras mereka berikan untuk mimpi yang dimiliki oleh passionate people. Semangat dan gairah ini adalah bahan bakar penting yang perlu dijaga untuk pencapaian suatu tujuan
  • Mereka setia pada mimpi yang mereka miliki. Selain semangat, kehangatan dan cinta sangat diperlukan sebagai bahan bakar dari mimpi.
  • Mereka membiarkan pekerjaan menjadi bagian dari hidup mereka. Saat menemukan hal yang sangat kita sukai, kita akan membiarkan hal tersebut menjadi bagian dari kehidupan kita. Seorang passionate people selalu menemukan cara untuk membiarkan pekerjaan yang mereka sukai menjadi hal yang harus dilakukan setiap harinya, bagaimanapun caranya.
  • Mereka berpikir positif pada masa depan. Saat menjadi passionate people kita akan percaya kepada kemampuan diri kita. Kita tahu apa saja yang bisa kita lakukan dan akan dengan berbahagia merengkuh semua tantangan yang ada.
Wow banget kan ya! Nah, bagi Manda pribadi yang mungkin menjadikan Manda seorang passionate people  adalah ketikan Manda mendesain. Manda akan menjadi bersemangat dan berbahagia, memikirkannya saja sudah membuat bahagia, apalagi saat menjalankannya. 

Hal ini yang lalu membawa Manda terus berfokus di bidang desain. Dari mulai kuliah, kerja dan sekarang berkomunitas, semua Manda pilih apa yang Manda suka, mendesain. Dunia desain membuat Manda lebih bersemangat. Dulu saat bekerja di ranah publik, setiap karya interior yang Manda buat akan Manda sebut sebagai anak. Kenapa? Karena semua karya tersebut dibuat dengan rasa dan cinta. Kalau yang bikinnya males-malesan biasanya keliatan sih hasilnya juga beda. Pernah merasakan juga kan ya?

Desain sebagai pekerjaan yang menyenangkan bagi Manda selalu menjadi bahan bakar. Tidak jarang Manda lalu terlena pada apa yang Manda desain dan sesekali menghancurkan jadwal wajib. Nah ini yang sangat perlu dilatih.

Character Cultivator

Sebagai pemberdaya karakter baik kita perlu senantiasa menjaga karakter tersebut. Karakter yang Manda pilih adalah Positivity. Karatkter ini adalah yang akan Manda latih untuk menjadi desainer yang penuh dengan inspirasi. Inspirasi sejatinya datang dari pikiran yang positif dan lapang.

Latihan yang Manda pilih antara lain dengan senantiasa membiasakan berpikiran positf. Bentuk kontribusi untuk Cohousing adalah dengan memberikan kutipan-kutipan inspiratif pembawa aura positif. Tujuannya selain memelihara karakter positif, juga untuk meningkatkan kemampuan mendesain Manda. 

Serunya, latihan karakter ini penuh tantangan. Karena ada saja peristiwa yang membuat Manda perlu mengatur ulang pikiran untuk tetap positif. Kalau berhenti mencoba berarti kalah.

Oleh karena itu khusus pekan ini, Manda membuat kutipan yang khusus menyemangati diri sendiri.

The way to get started is to quit talking and begin doing - Walt Disney

Habit Powered

Kebiasaan yang dilatih untuk mengikat karakter positif antara lain pengisian jurnal syukur dan habit tracker untuk menjaga diri tetap berpikiran positif. Sering terlupa untuk yang ini. Ada saja ceritanya, mulai pekan ini akan mulai digalakkan lagi. Oleng boleh saja, tapi beri batas untuk bisa kembali ontrack.

Sementara untuk kebiasaan mendesain semakin dilancarkan agar terus meningkat. Salah satunya dengan tetap memegang desain untuk beberapa kebutuhan desain di Seknas Ibu Profesional, mengambil pekerjaan jasa desain, dan mengelola website pribadi.

Dari hal-hal ini banyak juga cerita olengnya. Fokus pecah kemana-mana karena jadi meleber belajarnya. Bila sudah begini, harus pintar berkata "Menarik tapi tidak tertarik."

Skill mengendalikan diri agar tidak berlebihan sangat diperlukan untuk menjaga diri tetap berpikiran positif, lho!

Yuk semangat!

Sharing 4E

Saat berbicara tentang passion, kita bisa mulai mengenalnya dengan melakukan analisis 4 E. Indikator yang digunakan untuk mengkonfirmasi passion antara lain adalah empat faktor berikut : Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn.

Enjoy : Adalah saat kita merasa hal yang kita lakukan menyenangkan. Saat kita menikmati melakukan suatu pekerjaan dan bahagia atasnya, bisa jadi ini adalah passion kita. Mendesain membuat Manda senang dan bahagia.
Easy : Aktivitas yang kita rasakan mudah dilakukan bisa jadi juga passion kita. Bagi Manda, proses mendesain sangat menyenangkan dan terasa cukup mudah untuk dilakukan. Dimulai dari mencari ide sampai eksekusi, selalu terasa menyenangkan dan cukup mudah dijalankan tanpa berat hati.
Excellent : Bila dibandingkan dengan orang lain, bisa jadi kemampuan Manda di level average, tapi bila dibandingkan dengan rasa di hati, cukuplah ini dibilang excellent. Pengakuan ini juga beberapa kali Manda dapatkan dari pihak lain, namun yang bisa mengkonfirmasi tentu panggilan hati. Saat kita merasa bangga akan kualitas karya kita, tentu atas izin Yang Maha Kuasa, bisa jadi ini passion kita.
Earn : Sebelum mengikuti kelas Institut Ibu Profesional, Manda memaknai earn sebagai penghasilan berupa nominal rupiah. Walaupun mendesain memang sudah menghasilkan pundi rupiah bagi Manda, namun di Institut Ibu Profesional, kita juga dikenalkan dengan bentuk earn yang lain. Yaitu rasa puas, kebermanfaatan bagi orang lain, dan peningkatan lain.
Desain menghasilkan semua ini bagi Manda. Mendesain adalah aktivitas 4E untuk Manda. And I'm a Proud Designer!



SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS