Ternyata lincah tidak hanya berlaku pada olah tubuh seperti pada permainan olah raga. Tapi agility bisa juga diterapkan pada respon kita menghadapi tantangan hidup.

zona agility hexagonia

Dari sini kita akan mulai berkenalan dengan yang namanya kemampuan agility yang perlu dimiliki saat ini. Seperti yang kita ketahui, masa pandemi ini begitu penuh dengan ketidakpastian. Kejutan demi kejutan kita hadapi setiap harinya. Bila kita memilih untuk tetap tidak berubah atau bahkan pasrah dan terpuruk pada keadaan saat ini, bisa-bisa kita akan tergulung pada berbagai keadaan frustasi dan depresi. 

Sebagai salah satu yang gampang terkejut dengan keadaan, Manda merasa bahwa belajar menjadi lincah adalah hal yang sangat diperlukan. Terutama Manda yang memiliki dua putri yang secara fisik lincahnya pakai banget, hehe.

Yuk kita bahas apa saja lima Agility yang perlu dimiliki menurut Pak Ary Ginanjar, dikutip dari esqnews.id

Change Agility

Pertama kita perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan baik. Adaptasi ini dibutuhkan untuk mengahadapi berbagai perubahan yang terjadi, kapanpun. Jadi menjadi siap untuk berubah adalah kelincahan yang perlu kita miliki.

Manda pribadi ini masih sangat perlu dilatih. Terkadang untuk switch dari satu kondisi masih perlu loading beberapa saat. Yuk latih bersama.

Mental Agility

Kemampuan mental kita untuk bertahan dalam kondisi seperti apa pun. Dalam kondisi sangat berat, keadaan mental kita bisa jadi tidak stabil. Memiliki Mental Agility akan memudahkan kita untuk kembali stabil.

Bukan berarti mudah ya Gaes, kelincahan ini bergantung pada seberapa terlatih mental kita. Buat yang sering baperan kaya Manda mah masih perlu banyak berlatih supaya semakin lincah. Butuh waktu, tapi tentukan waktunya dan tingkatkan kemampuan kita ya!

People Agility

Mampu untuk bekerja sama dengan siapa pun! Wow, ini buat yang sensitif bisa jadi sangat menantang.

Kita boleh gak sih pilih-pilih orang untuk kerja sama. Bila mau panjang kerja sama, tentu sangat perlu. Karena berkaitan dengan rasa, terutama pekerjaan yang pakai rasa seperti desainer.

Namun bukan berarti ini menjadi alasan. Karena kemampuan bekerja sama dengan orang lain akan semakin terlatih dengan kita yang terbiasa bekerja sama dengan berbagai orang dengan sifatnya yang berbeda-beda.

Ini salah satu alasan besar mengapa Manda melatih Positivity sebagai karakter. Sebagai desainer sikap dan pikiran positif sangat dibutuhkan karena nanti hasilnya berpengaruh kepada hasil karya kita.

Learning Agility

Kemampuan untuk belajar hal baru dengan cepat adalah hal yang juga perlu dimiliki. Tidak perlu menjadi jenius untuk menjadi pembelajar yang cepat, tapi memiliki kekuatan tekad yang kuat.

Nah kekuatan tekad ini biasanya muncul dari kebutuhan, semakin butuh, semakin cepat kita belajar.

Result Agility

Yang kelima adalah hasilnya! Segala kelincahan ini akan membawa kita pada kemampuan untuk menjadi berprestasi dalam keadaan apapun. Keren ya!

Kalau sudah begini, kita akan jadi pribadi positif yang selalu fokus pada solusi. Memahami permasalahan untuk mencari jalan keluar, bukan untuk mencari biang keladi apalagi kambing hitam.

Gimana? Dari kelima tipe kelincahan di atas apa saja yang sudah TemaNda miliki? Atau sudah semua? Keren banget ini sih!

Yuk bagikan di kolom komentar.

Oh iya, pembelajaran tentang Agility ini sedang Manda pelajari di perkuliahan Institut Ibu Profesional.

Bisa juga baca perjalanan jurnal Manda sebelumnya : https://www.aliendasophia.com/2020/10/pengalaman-belajar-produktif-di.html?m=1

Dan berikut adalah catatan jurnal Zona Agility yang Manda tempuh.

Zona Agility

Setelah mempercepat langkah di Zona Xtra Miles, kini saatnya menjadi lebih lincah di Zona Agility. Kita berembuk untuk mengevaluasi perjalanan kita selama ini, dan kembali memperhatikan langkah kita yang sudah setengah jalan, seru!

Jurnal Pribadi


Saat mengisi jurnal pribadi ini Manda sedang dalam keseruan memperdalam ilmu ilustrasi Manda. 

Merasa pengalaman ilustrasi Manda pekan ini lebih meningkat karena kebutuhan. Tapi tantangan waktu memang masih perlu diasah lagi. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa.

Co House Journal

zona agility bunda produktif

Seperti biasa Manda memilih untuk membuat jurnal dan konten kutipan. Hal ini memang untuk mengingatkan Manda untuk senantiasa berpikiran positif.

Bisa juga baca tips Manda melatih pikiran positif : https://www.aliendasophia.com/2020/11/cara-melatih-berpikir-positif.html?m=1

Banyak juga keseruan pekan ini karena beberapa kali bertemu daring dengan teman-teman. 

Cluster Journal

Pekan ini sangat istimewa karena selain membuat jurnal pribadi dan Co Housing, kami juga diminta untuk membuat jurnal Cluster yang diwakili oleh para Co housing leader. Seru sekali lintas Co housing saling membantu projek satu sama lain.

Bisa juga baca perjalanan jurnal Cluster kami di link berikut : 
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS