Growth Mindset itu apa sih? Kenapa bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih positif?

Growth mindset adalah pola pikir yang membuat kita terbuka pada suatu informasi. Setiap pribadi yang memiliki pola pikir seperti ini akan berpikir juga bersikap positif. Dalam pribadi dengan Growth Mindset memiliki pemahaman dimana kecerdasan adalah sesuatu yang akan terus berkembang. Perubahan zaman juga memungkinkan sesuatu untuk terus bertumbuh sesuai dengan kebutuhan pada waktu tersebut.

Pada pribadi yang memiliki Growth Mindset akan memiliki kecendrungan untuk selalu terinspirasi pada kesuksesan orang lain. Terinspirasi loh ya, catet, bukan malah membandingkan dengan diri sendiri lalu malah jadi terpuruk. Cerita sukses orang lain justru menjadi lecutan semangat, dirangkul, dijadikan bahan bakar untuk pencapaian misi pribadi kita sendiri.



Pola pikir seperti ini sangat membantu kita dalam menghadapi setiap tantangan yang akan dihadapi. Dengan pola pikir ini kita akan selalu fokus pada hikmah ataupun pembelajaran apa yang kita dapat pada suatu masalah. Pola pikir seperti ini membuat kita pandai mengenal diri kita dan lebih lincah menghadapi tantangan.

Bahasan tentang kelincahan bisa dibaca di sini ya: https://www.aliendasophia.com/2021/01/mengenal-agility-menjadi-pribadi-yang.html

Pernah gak kita merasa benar-benar merasa minder pada dunia? Kalau pernah, yuk bareng sama Manda belajar menjadi pribadi yang positif. Salah satunya dengan belajar Growth Mindset ini ya!

Lalu bagaimana cara kita untuk bisa memiliki Growth Mindset dan menjadi pribadi yang lebih positif? Yuk simak beberapa cara berikut!

Kenali Diri dan Terima Segala Kelebihan juga Kekurangan

Pertanyaan pertama adalah seberapa kita mengenal diri kita sendiri, potensi dan kekurangan yang kita miliki. Selanjutnya adalah apakah kita telah benar-benar menerima diri kita tanpa merasa frustasi dan merutuki segala kekurangan yang kita miliki?

Tidak ada manusia yang sempurna, dan berarti saat kita memiliki kekurangan, itu adalah hal yang sangat wajar. Anggaplah kekurangan yang kita miliki adalah seperti kode unik yang membedakan kita dengan manusia lain. 

Sama halnya dengan kekurangan, kita juga perlu menerima segala kelebihan kita dengan seutuhnya. Baik kekurangan maupun kelebihan kita bisa menjadi kekuatan berharga untuk menghadapi hari ini.

Berani Mengambil Resiko 

Bila merasa pernah takut membuat suatu kesalahan, jangan sedih, kalian tidak sendiri. Manda juga pernah berada pada satu situasi dimana merasa lebih baik diam daripada salah. Apakah itu buruk? Tentu tidak, karena itu adalah hal yang baik menjadikan kita mawas diri.

Namun pada situasi lain yang membutuhkan kita untuk berkembang, tentu ini perlu diubah. Berani mengambil resiko akan membuat kita terlatih untuk lebih handal. Saat melakukan kesalahan kita akan merekam dimana letak kesalahan kita dan belajar untuk menghadapi kesalahan tersebut.

Jadi silahkan porsikan resiko yang berani diambil dan jadilah semakin berkembang.

Terbuka Terhadap Masukan Orang Lain

Perkataan orang lain kadang terasa menusuk dan tidak nyaman. Tapi rasa tersebut yang akan nantinya membentuk kita ke bentuk baru. Terbiasa berpikiran terbuka terhadap masukan orang lain akan membuat kita semakin berkembang. Susah gak sih terbuka terhadap masukan orang lain? Yang pasti ini membutuhkan latihan ya. Bila kita tidak terlatih mendengarkan masukan orang lain bisa jadi kita masih terkungkung sebagai pribadi yang baperan.

Bila ada yang bertanya pada Manda, bagaimana cara mengatasi baper? Baper terjadi bukan serta merta, bisa jadi ada penyertanya yang membuat kita sensitif. Jadi saat kita merasa tertusuk dengan perkataan orang lain, silahkan dianalisis terlebih dahulu, apa yang dirasa kurang nyaman bagi kita. Sekali lagi, its okay to be not okay.

Hargai Proses daripada Hasil 

Setiap pencapaian yang dihasilkan tentunya memiliki proses dan pembelajaran tersendiri. Saat kita fokus pada proses dan pembelajaran, kita tidak akan mudah merasa kecewa saat hasil yang diperoleh tidak sesuai dari yang diharapkan.

Namun ini bukan berarti kita menjadi pribadi yang menggampangkan setiap persoalan. Kita tetap bersungguh-sungguh dalam menjalani proses karena kita menghargai dan memaknai setiap hal dalam perjalanan tersebut.

Berproseslah dengan sungguh-sungguh, maka hasil yang didapat akan sesuai dengan kesungguhan tersebut.

Terus Belajar Dari Mana pun

Saat kita berhenti untuk belajar maka kita menjadi pribadi yang tidak layak. Manda mendengar kutipan tersebut dalam pembicaraan dengan mentor panutan, Mba Utami. 

Untuk memiliki pola pikir yang berkembang, kita juga perlu menjadi pribadi yang berkembang. Berkembang adalah hasil dari belajar. Jangan berhenti belajar dan jangan merasa puas dengan ilmu yang kita miliki, apa lagi menjadi sombong atas ilmu tersebut. Ingatlah di atas langit masih ada langit.

Saat kita senantiasa mengosongkan gelas kita untuk mempelajari hal baru, kita akan terus berkembang dan positif.

Kita bisa belajar dari mana saja, dari siapa saja. Saat mendengarkan pemaparan ilmu, usahakan untuk menerimanya dengan empati dan gelas yang kosong. Urusan ilmu tersebut nanti tidak sesuai dengan nilai diri kita adalah urusan belakangan yang bisa kita koreksi dengan kesantunan.

Belajar adab sebelum ilmu adalah hal yang paling utama.

Zona Growth

Pada usaha memahami bagaimana pola pikir yang berkembang ini, kita di Hexagon City perlu memetakan apa yang kita akan kembangkan untuk melatih pola pikir ini. Berikut template dua template yang perlu kami kumpulkan dalam latihan kelas Bunda Produktif Institut Ibu Profesional.

1. Template Pribadi


2. Template Katalog Passion Project

Bisa dibaca di link berikut : Passion Project


 



SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS