Setiap pribadi pasti memiliki peran masing-masing yang dirasa paling cocok untuk dirinya. Peran ini bisa dipilih dari menyesuaikan karakter ataupun kemampuan yang dimiliki masing-masing. Perjalanan memilih peran sejatinya bukan melulu perkara mau atau tidak. Pemilihan peran bisa juga dimulai dari adanya pilihan itu sendiri, dan mampu atau tidak kita menanggung konsekuensi pilihan tersebut.

Saat kita memulai untuk memilih peran sebagai istri, kita juga dihadapkan pilihan dengan hak juga tanggung jawab yang menempel pada seorang istri. Saat kita memilih peran sebagai ibu, kita juga perlu memahami apa saja yang akan kita tanggung selama pengasuhan anak kita. 

Semua peran memiliki konsekuensi seumur hidup. Peran yang terlihat kecil sekalipun sesungguhnya memiliki dampak tersendiri. Baik bagi pemilik peran atau orang di sekitarnya. Semua peran tidak ada yang sia-sia. Semua peran sama berartinya. 

Contoh pada suatu negara, peran yang dianggap penting bisa jadi adalah Presiden. Namun apakah Presiden akan mampu menjalankan perannya dengan baik bila tidak ada support system di sekelilingnya. Wakil dan Menteri, Staff, penjahit pakaian, Ahli Gizi, bahkan Cleaning Service yang bekerja di Istana juga sama pentingnya. Oleh karena itu mulailah dengan tidak mengecilkan arti sebuah peran.

Perjalanan Memilih Peran Speaker

Perjalanan Manda memilih peran kali ini adalah untuk partisipasi dalam Zona Open Space di Hexagon City. Setelah beberapa bulan di awal kita mempersiapkan diri untuk menjadi versi terbaik dalam sisi produktif kita, kini saatnya kita keluar menyuarakan berbagai ilmu dan kebaikan. Kali ini juga kita diminta untuk memilih satu diantara beberapa peran yang ada dalam perhelatan Virtual Conference Hexagon City. Perhelatan ini akan berlangsung pada tanggal 8 sampai dengan 22 Februari 2021. Sekitar 14 hari akan banyak bertebaran Ibu-Ibu inspiratif membawa cerita dan ilmunya masing-masing. Berikut adalah pilihan peran yang disediakan.

  • Speaker : Pembicara yang menyampaikan suatu materi atau kebaikan. Kita berperan sebagai Host yang juga menyusun dan mengumumkan jadwal tampil kita di Platform yang dipilih dari yang sudah dipersiapkan,
  • Participants : Peran sebagai peserta konferensi, berperan untuk memilih speaker sesuai jadwal yang sudah disusun oleh tim formula. Semua Participants memiliki tanggung jawab untuk mengikuti jadwal sampai akhir (1 jam untuk seorang speaker).
  • Butterfly : Kupu-kupu cantik adalah yang memutuskan untuk rehat dari konferensi dan merefleksikan ilmu-ilmu yang sudah didapat.
  • Bumblebee : Peran ini diperuntukkan bagi penyukan Window Shopping, yang mampir dari satu speaker ke speaker lain dan berbelanja banyak gagasan.



Dari semua peran tersebut kita diminta untuk memilih satu peran dan hanya boleh memilih peran Speaker sebanyak satu kali. Manda di awal merasa lebih nyaman dengan menonton saja dan mencoba menerapkan satu ilmu yang diminati. Namun karena dukungan dari beberapa orang terdekat Manda kembali memberanikan diri memilih peran sebagai Speaker. 

Rupanya seru juga cara pendaftaran menjadi Speaker Hexagon City Virtual Conference ini. Tata kelolanya rapi dan memudahkan juga. Paling berkesan adalah saat memilih jadwal. Manda awalnya sempat berpikir kalau sampai gak dapat jadwal ya sudah tak apa tak jadi. Rupanya memang jadwal dan platform yang menjadi jodoh Manda kali ini tersesuaikan dengan jadwal pribadi.

Bahasan conferencenya tentu yang sedang Manda latih selama di Hexagon City ini, yaitu Positivity.

Bisa baca materi seru yang Manda akan bawakan di sini ya : https://www.aliendasophia.com/2020/11/jadi-desainer-tanpa-baper.html

Yap berbicara tentang bagaimana menjadi Desainer yang Positif Thinking ini menurut Manda sangat perlu. Kenapa? Ya karena semua balik lagi kepada masalah transfer feeling. Karya yang akan kita hasilkan itu akan menyuarakan pikiran dan hati kita. Karya yang dihasilkan dengan pikiran dan hati yang positif diharapkan bisa menyentuh penikmatnya dan membawa keberkahan.

Karena bagi Manda mendesain bukan hanya sekedar menorehkan warna ataupun komposisi, desain adalah soal rasa.

Sooo, Manda akhirnya memutuskan untuk berbagi soal ini Insya Allah di IG Live Cityhexagon pada Rabu, 10 Februari 2021 Pukul 17.00-18.00. Semoga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Strategi belajar Manda di zona ini adalah untuk menjadi Speaker, Participant, lalu Butterfly. Manda rasa itu yang paling baik agar tidak terkena Tsunami informasi dan akan lebih berdampak bagi diri sendiri. Semoga dimudahkan semua!

Berbagilah tanpa khawatir sedikit atau banyak Berbagilah karena berbagi merupakan investasi bagi diri sendiri



SHARE 2 comments

Add your comment

  1. Haseeek...

    Duduk paling depan yeuh. Bisi baper kalo di bangku belakang 🥰

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS