Hai hai TemaNda! 

Kita ketahui bersama, paska pandemi ini semua orang berjuang untuk memperbaiki kualitas hidup masing-masing. Apalagi tidak dipungkiri kondisi paska hadirnya Virus Covid-19 terasa lebih menantang. Virus-virus lain hadir silih berganti membuat kekhawatiran pada setiap keluarga, terutama Manda selaku ibu rumah tangga. Selain mengkhawatirkan kondisi keluarga, Manda juga mulai mengevaluasi kesehatan diri sendiri.

Saat ini, semakin hari Manda merasa badan semakin banyak masalah. Berat badan meningkat, badan mulai terasa sakit di beberapa bagian, dan masih banyak hal lain. Seolah gayung bersambut, pekan lalu Manda dan teman-teman dari Blogger Bandung berkesempatan untuk mengikuti acara yang sarat makna. 

THealthy Penuhi Gizi Seimbang www.aliendasophia.com
Kelompok Jeruk bersama Teh Nurlienda Hasanah


Sebuah acara yang diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati puncak hari gizi nasional tahun 2023. Hari gizi nasional tahun 2023 membawa sebuah kampanye hidup sehat dan menurunkan nilai stunting, malnutrisi, dan obesitas yang diketahui meningkat prevalensinya dalam hasil SSGI 2022. Untuk turut menyemarakan kampanye ini, Teh Nurlienda Hasanah dari Bumi Gizi Madani bekerja sama demgan DKPP Kota Bandung, juga Rumah Amal Salman, menyelenggarakan acara sarat makna bertajuk T-Healthy #HGNAwareness "Penuhi Gizi Seimbang Demi Aset Bangsa di Masa Mendatang".

Acaranya super seru karena padat dan bermanfaat, terutama untuk Ibu dua anak seperti Manda. Acara seperti ini membantu kita menyadari manfaat dari menjaga gizi seimbang dan pola hidup sehat. Dimulai dengan simulasi lalu dilanjutkan dengan pembiasaan diri masing-masing. Gimana? Penasaran kan! Yuk kita bahas keseruan acaranya!

Mengenal T-Healthy Hari Gizi Nasional Awareness

Dari namanya yang ringan didengar, T-Healthy memiliki arti Sehat Ti Bandung, diharapkan dengan terselenggaranya acara ini kita semua warga Bandung bisa memulai hidup sehat dan memberi inspirasi pada sekitar. 

THealthy Penuhi Gizi Seimbang www.aliendasophia.com
Flyer Acara


Tujuan diadakannya kegiatan T-Healthy

Tentunya niat baik ini memiliki tujuan yang penuh manfaat. Maksud kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi dan memberikan pengetahuan tentang kebiasaan hidup yang bijak bagi bumi di Indonesia, terutama Kota Bandung. 


Adapun tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman generasi milenial mengenai pola hidup sehat yang bijak bagi bumi untuk mencegah masalah kesehatan seperti stunting dan obesitas
  2. Meningkatkan kesadaran kepada generasi milenial serta mendorong kreativitas generasi milenial untuk memanfaatkan sumber daya pangan lokal
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan lokal dalam #IsiPiringKu

Peserta kegiatan

Awalnya Manda ngerasa agak salah tempat karena dikelilingi anak SMA, hehe. Tapi justru ternyata membawa cerita lucu. Manda disangka masih SMA juga, hehe.

Kenapa? Karena peserta kegiatannya terdiri dari anggota Pramuka Penegak Kwartir Cabang Kota Bandung, mahasiswa dan masyarakat umum. Peserta dibagi ke dalam enam kelompok tim berisikan enam orang anggota. Nah Manda masuk ke dalam kelompok 3 bernama Jeruk (Orange) dan didapuk sebagai komandan jeruk, huhu. Kelompok kami terdiri dari Manda, Teh Neni, Tiara, Nayla, Faza, dan Asri.

THealthy Peserta Penuhi Gizi Seimbang www.aliendasophia.com
Peserta kegiatan

Sasaran diadakan kegiatan

Sasaran kegiatan ini adalah publik atau masyarakat umum khususnya di Kota Bandung yang terdiri dari anggota Pramuka Penegak Kwartir Cabang Kota Bandung, mahasiswa dan masyarakat umum.

Susunan acara 

Susunan dibagi ke dalam beberapa bagian yang saling terintegrasi dengan baik. Dimulai dari aktivitas fisik, Talkshow hingga pemeriksaan kesehatan. Semua berjalan dengan baik dan terasa sangat menyenangkan.

Aktivitas Fisik dan Campaign  #IsiPiringKu #KayaProteinHewani www.aliendasophia.com
Rundown Aktivitas Fisik dan Campaign  

Aktivitas Fisik dan Campaign #IsiPiringKu #KayaProteinHewani 

Aktivitas fisik ini dimulai dari pukul tujuh pagi dengan titik kumpul di Masjid Darul Hikam yang bertempat di daerah Dago atas. Setelah pengarahan, pembentukan tim kampanye, berkenalan, kami semua memulai kegiatan jalan sehat bersama. Jalan sehat dimulai dari Masjid Darul Hikam sampai Masjid Salman. Selama perjalanan, kami melakukan kampanye #IsiPiringKu #KayaProteinHewani. Kampanye ini dilakukan dengan cara menyanyikan Yel-yel bersama dan membagikan poster informasi mengenai pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat. 

Sesampainya di Masjid Salman kami beristirahat sejenak dan dilanjutkan dengan sambutan panitia. Setelahnya jeda talkshow dan dilanjutkan dengan keseruan bermain games.

Kelompok Jeruk (Orange) Hari Gizi Nasional
Aktivitas Fisik Kelompok Jeruk (Orange) 

Talkshow “Healthy Me, Healthy Planet” 

Asli yah, Manda baru deh ngerasain yang namanya Talkshow penuh ilmu, di ruang terbuka, tapi senyaman ini. Lesehan bareng teman-teman, sambil terus berfokus dengan informasi-informasi baru yang Manda dapat. Apaan tuh ilmunya? Nah, salah satunya adalah susu sudah bukan kesempurnaan dalam pola makan. 

Pernah dengar dong ya, dulu zaman sekolah kalau makan tuh harus empat sehat lima sempurna. Empatnya itu adalah karbohidrat, protein, sayur mayur, dan buah. Lalu disempurnakan dengan minum susu. Nah rupanya itu tuh sudah tidak relevan lagi lho saat ini. Nah simak yuk rangkuman belajar Manda, hasil transfer ilmu dari Teh Mona Fitria, S.TP, M.Si (Dosen Gizi Poltekkes Bandung) juga Teh Sarah Maharani, S.T, M.T. (Tenaga Ahli Teknologi Pangan DKPP Kota Bandung).

Acara Talkshow ini diawali dengan MC seru yaitu Kak Kido dan dibuka oleh Teh Nurlienda Hasanah. Selanjutnya acara ini dipandu oleh moderator cantik nan cerdas, Teh Zaira Siti Mecca, S.Gz. (Ahli Gizi RSUD Al-Ihsan)

Rangkuman Belajar dari Talkshow

10 Pesan Gizi Seimbang

  1. Syukuri dan nikmati anekaragam makanan
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah buahan
  3. Biasakan mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengkonsumsi anekaragam makanan pokok
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
  6. Biasakan sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

Makanan Pokok (Sumber Karbohidrat)

Makanan pokok adalah pangan yang mengandung karbohidrat yang sering dikonsumsi atau telah menjadi bagian dari budaya makan berbagai etnik di Indonesia sejak lama. Makanan pokok beragam, sesuai dengan keadaan tempat dan budaya serta kearifan lokal contoh beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, dan produk olahannya (roti, pasta, mie dll)

Lauk-pauk (Sumber Protein)

Lauk-pauk terdiri dari pangan sumber protein hewani dan pangan sumber protein nabati. Lauk-pauk hewani; daging (sapi, kambing, rusa, dll), unggas (ayam, bebek, dll),ikan termasuk hasil laut, telur, susu, dan hasil olahnya. Sedangkan lauk-pauk nabati-berupa tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang tolo, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau,dll).

Buah-buahan(Sumber Vitamin dan Mineral)

Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (Vit A, B, B1, B6, C) mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan.

Sayur-sayuran (Sumber Vitamin dan Mineral)

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral terutama karoten, Vit A, Vit C, zat besi dan fosfor. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran berperan sebagai anti oksidan. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sementara yang lainnya dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus, dan ditumis.

Nah semua rangkuman ini juga tercantum dalam poster informasi yang Manda dan teman-teman lain bagikan selama berjalan sehat.

THealthy Games Penuhi Gizi Seimbang www.aliendasophia.com
Talkshow Healthy Me Healthy Planet

Selama Talkshow diadakan juga sesi tanya jawab. Ada empat buah pertanyaan yang menarik dan dijawab secara detail oleh pemateri kita. 

Pertanyaan pertama dari Kak Annisa seputar masalah kesehatan yang dialami ketika haid apa ada hubungan dengan makanan kita, dan dijawab oleh pemateri beberapa rekomendasi yang baik dikonsumsi selama masa haid.

Pertanyaan kedua dari Pak Hamzah tentang kebutuhan asupan air mineral delapan gelas sehari apa boleh digantikan dengan jus buah atau sayur. Dijawab boleh bila memang tidak ditambahkan zat tambahan lain, misalnya pemanis.

Pertanyaan ketiga dari Teh Shanty, bertanya tentang kebutuhan asupan air mineral berdasarkan berat tubuh. Pemateri menjawab dengan menjelaskan perhitungan baku. Yaitu per setelah 20 kg berat badan kita membutuhkan 1500ml. Lalu sisa kg berat tubuh kita dikalikan dengan 20ml. Misalnya contoh kasus untuk berat 45 Kg berarti = 1500ml + (25x20ml) = 2000ml. Jadi kebutuhannya adalah 2 liter air mineral selama satu hari.

Pertanyaan keempat dari Manda tentang langkah makan untuk isi piringku, perlukah buah terlebih dahulu kemudian makanan lain di akhir. Pemateri menjelaskan belum ada panduan bakunya, namun untuk secara logika baiknya memang buah lebih baik dimakan di awal, karena tubuh sudah lebih siap menyerap, dan mencegah kita untuk mengonsumsi karbohidrat secara berlebih.

Acara ini kemudian ditutup dengan acara foto bersama dan berlanjut ke acara games kelompok. Games ini melombakan pengetahuan kita tentang materi yang telah dibagikan. Setiap tim perlu menyelesaikan tantangan yang terbagi ke dalam 3 pos.

THealthy Games Penuhi Gizi Seimbang www.aliendasophia.com
Games seru tantangan gizi

Pos pertama adalah tebak kata buah dan sayuran dalam bahasa Inggris. Pos kedua adalah menilai bekal yang kita bawa apa sudah sesuai dengan kaidah gizi seimbang. Yang terakhir adalah pos presentasi tentang zat aktif yang dimiliki sayur dan buah sehingga memiliki berbagai macam warna.

Perlombaan ini dimenangkan oleh kelompok Teh Shanty, disusul oleh kelompok Manda, kemudian kelompok Teh Gita. Alhamdulillah pulangnya bawa cokelat Silverqueen, hehe.

Pemeriksaan Gizi dan Kesehatan serta Konseling Gizi “Healthy Me, Healthy Planet”

Beriringan dengan susunan acara tersebut, kita difasilitasi pemeriksaan gratis. Keren ya, sudah diajak aktivitas fisik bareng supaya sehat, dibekali ilmu agar paham gizi seimbang, diberikan juga fasilitas pemeriksaan gizi juga kesehatan oleh para ahli. Gratis Mak, gratis! 

Testimoni Acara

Berharap banget acara seperti ini bisa menjamur dan menjadi sesuatu hal yang rutin. Kenapa? Ya karena menurut Manda, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya bagi anak sekolah, ibu-ibu, tapi seluruh masyarakat. Kebayang gak misalnya nanti rutin pengenalan gizi seimbang seperti ini? Nilai gizi masyarakat tentu akan meningkat. 

Selain pembagian ilmu, kegiatan makan dan berkegiatan bersama diketahui mampu meningkatkan kebahagiaan seseorang. Jadi sudah mah gizi membaik, hati bahagia. Semoga jadi sehat lahir batin semua, Aamiin! 

===

#IsiPiringKu

#KayaProteinHewani

#BumiGiziMadani

#HGNAwareness

#THealthy





SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS