Hai hai TemaNda!

Apakah kalian pernah merasa frustrasi ketika sedang bekerja atau bermain game, tetapi laptop kalian tidak dapat berfungsi dengan cepat atau lambat? Kejadian seperti ini biasanya membuat bad mood seharian. Nah untuk terhindar dari masalah mengesalkan seperti itu, kita membutuhkan laptop yang tangguh. Yaitu yang bisa untuk gaming, kerja, yang kenceng tapi ringkas dan ramah di kantong. Merapat, karena Manda punya rekomendasinya nih, Asus TUF Dash F15 (FX517)!

Laptop ini memiliki tampilan yang elegan, performa yang tangguh, tapi secara harga relatif terjangkau. 

Sebagai informasi, Asus TUF Dash F15 (FX517) adalah laptop gaming yang menggabungkan daya tahan dan performa tinggi dalam desain yang ringkas dan stylish. Laptop ini cocok menjadi pilihan anak muda, gamer, profesional, bahkan cocok juga bagi seorang ibu-ibu yang senang dengan keindahan visual seperti Manda.

Laptop termurah Asus
Tampilan Ringkas Laptop Asus TUF F15

Asus TUF ini dikenal sebagai adik dari Asus ROG ( Republic of Gamers). Asus ROG sendiri telah diakui sebagai laptop gaming terkuat dan paling diminati di Indonesia. Laptop Asus ROG ini mengusung fitur kelas atas dan tergolong premium. 

Seri TUF Dash pertama kali kemudian diperkenalkan pada tahun 2021. Seri ini dirancang sebagai laptop gaming yang berstandar militer namun memiliki desain bodi yang ringkas. Asus TUF Dash ini menjadi pilihan bagi pasar menengah yang memiliki anggaran lebih terbatas. 

Desain yang Ringkas Menawan

Pertama kali melihat laptop ini kesan pertamanya terlihat canggih dan modis. Desainnya minimalis dan terlihat futuristik. Cover depannya berhias logo Asus TUF kecil di sudut.

Dari segi desain, laptop ini terlihat sangat minimalis, dengan cover luar yang hanya menampilkan logo ASUS TUF yang dirancang dengan detail yang halus.

Ringan, elegan, minimalis, tidak banyak detail tapi memiliki sentuhan futuristik, mungkin itu yang terkesan pada desain ASUS TUF Dash F15 (FX517). 

Meskipun memiliki dimensi yang cukup besar untuk laptop gaming sekelasnya, TUF Dash F15 (FX517) memiliki berat yang kurang dari 2 kilogram. 

Selain itu ASUS TUF Dash F15 (FX517) tersedia dalam dua  tampilan warna yang elegan, hitam dan putih. Warna putih yang jarang ditemukan pada laptop gaming di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Tapi jangan khawatir, sekalipun desain bodi berwarna putih, bagian dalamnya tetap berwarna hitam.

Sebelumnya telah disebutkan bila laptop ini telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810G). Dengan kata lain, laptop ini telah berhasil melewati uji standar yang ketat, termasuk pengujian dalam suhu ekstrem dan uji jatuh. Hal ini memberikan rasa keamanan kepada para pemiliknya. menyajikan kemampuan gaming yang dapat diandalkan untuk bersama-sama berkarya dan bekerja.

Desain elegan Asus TUF Dash F15 (FX517)
Desain elegan Asus TUF Dash F15 (FX517) 

Performa Tangguh untuk Gaming dan Kerja 

Ditenagai oleh Prosesor Intel® Core™ i7-12650H generasi ke-12 dengan MUX Switch dan grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3060, laptop ini mampu menghadirkan pengalaman gaming yang lancar dan responsif. Laptop ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home, juga Pre-installed dengan Office Home and Student 2021.

Windows 11 Home, juga Pre-installed dengan Office Home and Student 202

Keunggulan lainnya termasuk keyboard RGB yang nyaman. menjadikannya pilihan ideal bagi para gamer yang mencari kombinasi kinerja tinggi dan portabilitas dalam satu paket yang tangguh. 

Performa tangguh laptop ini juga didukung dengan kipas Arc Flow dan total lima heatpipe yang terbuat dari tembaga. Sehingga menjaga suhu tetap terkendali dengan baik.

Sistem Operasi Canggih Asus TUF Dash 15
Sistem Operasi Canggih Asus TUF Dash 15

Layar Berkualitas untuk Visual yang Mengagumkan

Selain itu, TUF Dash F15 (FX517) dilengkapi dengan layar 15,6 inci sehingga menampilkan grafik yang tajam dan jelas. Memiliki ukuran layar dan resolusi FHD (1920 x 1080) 16:9, laptop ini memberi pengalaman gaming dan multimedia yang cukup memuaskan. Dijamin aman dan puas bila digunakan untuk game yang banyak dimainkan anak muda sekarang. Misalnya game Valorant, PUBG, Apex Legends, dan lain sebagainya.

Konektivitas dan Port

Dalam hal port dan konektivitas, ASUS TUF Dash F15 terhitung lengkap dan memuaskan. Di sisi kanan, terdapat satu port USB-A 3.2 Gen 2.Pada sisi kiri, terdapat satu port audio jack, port HDMI, dua port USB-C (satu dengan dukungan Thunderbolt dan satu dengan DisplayPort / power delivery), serta satu port USB-A 3.2 Gen 2. Antara kedua sisi port ini, terdapat keyboard dengan numpad dan empat tombol mikro untuk mengontrol volume, mikrofon, dan akses ke armory crate. Lampu latar berwarna putih juga menerangi seluruh tombol di keyboard ASUS TUF Dash F15, khususnya tombol WASD yang menunjukkan sifat laptop ini sebagai perangkat gaming.

Tampilan Keyboard Gaming Asus TUF Dash F15
Tampilan Keyboard Gaming Asus TUF Dash F15


Kualitas Audio

Untuk dipakai gaming, audio pada laptop ini memiliki standar yang baik. Beberapa teknologi audio di laptop ini adalah : AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 2-speaker system.

Kelengkapan audio pada laptop ini memberi keseruan lebih saat bermain game.

Portabilitas dan Daya Tahan Baterai

Dari segi portabilitas, laptop ASUS TUF Dash F15 juga menunjukkan kemampuan yang mengesankan. Dengan berat yang kurang dari 2 kilogram, laptop ini relatif ringan untuk laptop gaming sekelasnya, membuatnya mudah dibawa-bawa dan cocok untuk mobilitas sehari-hari.

Laptop ini juga memiliki dukungan pengisian daya cepat berjenis Type-C, dan baterai tahan lama dalam sasis tipis 19,95mm.

Jadi memang sangat praktis meskipun harus membawanya mengikuti berbagai aktivitas kita. Pekerja bisa dibawa rapat ke luar daerah tanpa risau. Bagi gamers, bisa juga dibawa ke tempat main game bareng bersama teman.

Detail Spesifikasi Asus TUF Dash F15

Model

FX517ZM

Operating System

Windows 11 Home

Processor

12th Gen Intel® Core™ i7-12650H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 10 cores: 6 P-cores and 4 E-cores)

Graphics

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU, 1452MHz* at 105W (1402MHz Boost Clock+50MHz OC, 80W+25W Dynamic Boost), 6GB GDDR6

Display

15.6-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Value IPS-level, Anti-glare display, sRGB:62.5%, Adobe:47.34%, Refresh Rate:144Hz, Adaptive-Sync, MUX Switch + Optimus

Memory

8GB DDR5-4800 SO-DIMM x 2, Max Capacity:32GB, Support dual channel memory

Storage

1TB PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 SSD

I/O Ports

1x 3.5mm Combo Audio Jack

1x HDMI 2.1 TMDS

2x USB 3.2 Gen 1 Type-A

1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC

1x RJ45 LAN port

1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™

Keyboard and Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard Single Light

Touchpad

Camera

720P HD camera

Audio

Dolby Atmos

AI noise-canceling technology

Hi-Res certification

Built-in array microphone

2-speaker system

Network and Communication

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.2 (*Bluetooth® version may change with OS version different.)

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.0 (*Bluetooth® version may change with OS version different.)

Battery

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Power Supply

ø6.0, 200W AC Adapter, Output: 20V DC, 10A, 200W, Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal

AURA SYNC

Yes

Weight

2.00 Kg (4.41 lbs)

Dimensions (W x D x H)

35.4 x 25.1 x 1.99 ~ 2.07 cm (13.94" x 9.88" x 0.78" ~ 0.81")

Microsoft Office

Office Home and Student

Xbox Game Pass

Xbox Game Pass for PC_1 month (*Terms and exclusions apply. Offer only available in eligible markets for Xbox Game Pass for PC. Eligible markets are determined at activation. Game catalog varies by region, device, and time.)

Security

Kensington Security Slot™

Trusted Platform Module (Firmware TPM)

Included in the Box

TUF Gaming backpack

*Included accessories vary according to country and territory. Please check with your local ASUS retailer for details


Spesifikasi Lengkap Asus TUF Gaming

Harga yang Terjangkau

Nah, ini dia yang menjadi alasan utama kenapa laptop ini wajib jadi pilihan. Yaitu karena harganya ramah di kantong! Berbeda dengan kakaknya (ROG) yang dibandrol dengan harga di atas dua puluh jutaan, sang adik ini lebih ramah di kantong. Sangat pas untuk para pengguna yang membutuhkan laptop all-round dengan spesifikasi sekelas laptop gaming namun memiliki desain ringkas dan ringan, terlebih dengan bandrol harganya yang mulai dari Rp16.799.000.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Asus TUF Dash F15 (FX517) adalah pilihan yang solid untuk berbagai kebutuhan, menggabungkan desain elegan, performa hebat, dengan harga yang terjangkau, ramah di kantong. Laptop ini telah memiliki nilai yang istimewa bagi para gamer, profesional, dan mereka yang menghargai kualitas visual. 

Jadi bisa banget menjadi pilihan TemaNda yang anaknya sudah beranjak remaja dan memiliki kebutuhan belajar juga bermain dengan kualitas terbaik. Bisa juga menjadi pilihan laptop pendukung kinerja kita para ibu yang bekerja dari rumah. Dijamin deh, mau dipakai Zoom Meeting, belajar, menginput data pesanan, atau sekadar drakoran. Kualitas hasil pekerjaan kita pun menjadi lebih meningkat dengan bantuan Asus TUF Dash (FX517).



SHARE 33 comments

Add your comment

  1. Baterai dengan kapasitas besar memang andalan saat kita bikin konten ya mbak, karena klo sampai kena lowbat suka bikin inspirasi buyar heheee

    ReplyDelete
  2. duh ASUS tahu banget kebutuhhan kita ya?
    SEbagai konten kreator, kita butuh laptop dengan spek mumpuni tapi harganya terjangkau
    Malah ASUS nambahin dengan eye care, agar kesehatan penglihatan kita terpelihara

    ReplyDelete
  3. Laptop ASUS TUF ini bagus untuk pilihan laptop gaming murah, bisa untuk kerja, dan editing juga. Pokoknya worth, aku pernah coba setitik pas acara launching, ya walaupun menurutku masih berat sih, ga cocok mobilitas tinggi

    ReplyDelete
  4. ASUS TUF kayaknya emang cocok untuk semua orang ya. Speknya mirip ROG harganya lebih avordable. Plus enak dibawa kerja kemana -mana. Keren eyeui.

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu tipe ASUS TUF DASH ini. Memang bener ya. ASUS itu tuh produksi dan inovasinya banyak banget. Bahkan untuk khusus gaming dengan visual mumpuni aja ada. Salut buat ASUS. Gak cuma HP gamingnya yang ngetop tapi juga laptopnya.

    ReplyDelete
  6. Solusi ni buat yang pengen laptop multitasking tapi jelas gahar buat bermain game di laptop

    ReplyDelete
  7. Cakep banget ini laptopnya ya Mandar
    Kalau punya laptop ASUS TUF ini, ngonten jadi makin semangat

    ReplyDelete
  8. Anakku yang baru kuliah ngincer ini nih, memang laptop ASUS TUF Dash memiliki nilai yang istimewa bagi para gamer, profesional, dan mereka yang menghargai kualitas visual ya..Pas banget anakku mau ambil prodi animasi

    ReplyDelete
  9. Wah baterainya wokeh juga ini.
    Pantesan jadi rekomendasi laptop gaming, yang bakalan bisa jadi pilihan sih ini.
    Apalagi buat kita yang kerja sebagai blogger bakalan mendukung ya

    ReplyDelete
  10. Banyak juga ya type laptop ASUS, baru tau ada TUF Dash, aku yakin semua tetap unggul di kelasnya, termasuk sudah lulus uji jatuh, keren banget deh

    ReplyDelete
  11. Wah, ada dua poin yang akan kukomentari, nih.

    Pertama, penulisan frustrasi. Kereeeen. Cara nulisnya sesuai EYD. Sementara di luaran sana banyak yang nulis frustasi.

    Kedua, tentang ASUS. Rupanya ini cocok banget utk konten kreator. Hmm. Apa iya, saya yang merasa jadi konten kreator kemudian beli ASUS? 🥳😃

    ReplyDelete
  12. Inovasi Asus nih tiada henti, selalu ada produk baru yang bikin ngiler. Jadi bingung kan mau beli yg mana

    ReplyDelete
  13. meskipun belum ngerasa perlu ganti laptop, tapi suka sih sama performa asus.. laptop aku kebetulan juga merk asus dan udah pakai dari tahun 2019..alhamdulillah masih belum ada kendala apa - apa :)
    asus keren sih!

    ReplyDelete
  14. meskipun belum ngerasa perlu ganti laptop, tapi suka sih sama performa asus.. laptop aku kebetulan juga merk asus (vivobook 14) dan udah pakai dari tahun 2019..alhamdulillah masih belum ada kendala apa - apa :)

    pelayanan service di tempat resminya juga memuaskan, kalo emang ngga perlu ada hardwares yang diganti, pun jujur bilang begitu..
    Jadi istilahnya cutomers ngga dikanibalin..

    yang harus berhati-hati sebagai pemakai asus adalah layar laptop baru boleh ditutup setelah memastikan lampu indikator yang ada di tombol power dan lampu yang ada di samping laptop mati, baru layar boleh ditutup..
    dulu karena permasalahan ini, laptop sempat ngga bisa booting..
    setelah dibawa ke tempat service resmi asus, alhamdulillah dapat pencerahan ini :)

    asus keren sih!

    ReplyDelete
  15. Harganya lumayan juga ya. Tapi untuk laptop gaming dengan spesifikasi yang wah, memang reasonable sih harga 16-jutaan untuk Asus TUF Dash F15 ini.
    Untuk Para gamers, recommended banget nih, biar tambah betah main game-nya dengan produk unggulan laptop gaming dari ASUS

    ReplyDelete
  16. wah speknya cakep banget ya mba, cocok banget buat para pecinta game niy, harganya masih ok karena speknya juga memang bagus jadi sebanding sih, layarnya juga seru banget luas

    ReplyDelete
  17. Wahh baru tahu ada varian DASH ini. Dulu pernah bingung mau beli asus apa HP. Tapi keinget jokes temen yang asus s terakhirnya diilangin jadi gak jadi deh🥲

    ReplyDelete
  18. Enggak salah aku tuh jatuh cinta sama Asus. Laptopnya punya inovasi yang badass. Bahkan laptop Asus yang jadul zaman kuliah tahun 2012 masih ada lo dan sekarang dipakai jadi server pribadi. Asus keren ih.. 🫰

    ReplyDelete
  19. Asus TUF Dash F15 (FX517) emang cakep dan elegan tampilannya ya kak, beneran bisa diandalkan banget buat kerjaan sehari hari. Performa sudah tidak diragukan lagi dan pastinya inovasinya selalu mencengangkan

    ReplyDelete
  20. Jelas ini laptop idaman semua, Asus TUF Dash F15 (FX517)! Ga cuma tangguh buat kerja tapi juga gaming, kenceng tapi ringkas dan ramah di kantong pulaaa...

    ReplyDelete
  21. Akhirnya aku bisa tahu laptop yang cocok untuk orang yang suka ngegame seperti aku. Btw Terima kasih atas rekomendasi laptopnya kak

    ReplyDelete
  22. Laptop ASUS TUF DASH F15 ini cocok banget untuk yang suka mobile dan senang man game yaa..
    Performanya tinggi, ringkas dan harganya ramah di kantong

    ReplyDelete
  23. Kalau urusan laptop yang bisa banget dipakai kerja -- apalagi buat yang kerjanya mobile ya soalnya beratnya cuma 2 kg doang -- bisa nih jadi pilihan. ASUS tuh seperti menguasai pangsa gadget terutama yang bersinggungan sama gaming sih. Bersisian dengan itu. performa dari gadget gaming yang enak banget kalau diajak kerja 'satset'.

    ReplyDelete
  24. Suami saya Arsitek, juga pengguna Asus Tuf Gaming. Asus Tuf Gaming mantab betul buat kerja yang berat-berat

    ReplyDelete
  25. Wah makasih ya, ini artikel yg kubutuhin secara anakku lg butuh laptop yg ramah kantong .Speknya mumpuni nih buat dia yg suka robotic. Bakalan kushare biar dia baca dah

    ReplyDelete
  26. Dari spesifikasinya sangat kuat dan tidak hanya tangguh buat main game tetapi kalau dibuat olah data yang besar dan rumit dijamin lancar.

    ReplyDelete
  27. Buat aku yang suka main game, laptop ini recommended banget karena dilihat dari spesifikasinya cocok juga dipake kerja selain buat main game.

    ReplyDelete
  28. Pas bgt lagi cari pingin cari laptop buat kerja
    malah dapat review bagus ini.....
    detail dan oh yes
    thanks alote mbakyu.....

    Salam BloggerHUB
    WHOnesia Sikoji

    ditgu kunjungan baliknya di lapak ane
    WHOnesia Sikoji

    ReplyDelete
  29. Asus mah, memang tiada duanya. Harganya memang sesuai dengan speknya yang yahud. Semoga satu hari ada rezeki untuk membeli TUF ini.

    ReplyDelete
  30. Cakep bangeet, bacanya auto naksir gt. Jadi inituh laptop gaming tp versi lite gt yah, dr segi harga lebih ramah nih tp kualitasnya tetep oke. Apalagi beratnya 2kg bahkan kurang ya, terus tahan banting jg, jd buat yg suka bawa kmn2 ga khawatir plus aman bgt hihi

    ReplyDelete
  31. gahar banget ya spek Asus TUF Dash F15. penasaran pengen cepet cepet beli produknya. Tapi asus ROG saya lebih gahar sih. hehe...

    ReplyDelete
  32. Wow, military standard, sudah pasti tahan banting nih, cocok buat pekerja lapangan yang mobilitas tinggi. Bahkan atlet parkur juga cocok punya laptop ini, gak khawatir guncangan dll.

    Joss, harganya, pantas jika disebut adiknya Asus ROG harganya ya masih lebih murah tapi lumayan juga buat saya hehehe pecinta laptop yang lebih murah hahahaha 😅

    ReplyDelete
  33. ASUS TUF pastinya tough untuk berbagai kebutuhan baik sekolah, kerja, bahkan untuk rekreasi.

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS