Hai hai TemaNda!

Tahun 2024 sudah berjalan dan waktu bergulir menuju usia yang baru. Tubuh juga semakin mendewasa, semakin banyak PR, terutama bagi Manda yang tahun ini tinggal tiga tahun lagi berusia 40 (Dihitung sendiri ya tahun baru jangan males, wkwk). Nah menjelang usia 40 ini, untuk menjaga kulit wajah tetap bugar ternyata kita sangat memerlukan penyesuaian dalam pola hidup kita. 

Selain itu kita perlu memperhatikan rangkaian perawatan yang selama ini kita gunakan, apa sudah sesuai dengan kebutuhan kulit kita atau belum. 

Usia 40 adalah fase di mana perubahan hormonal dan proses penuaan alami mulai terasa lebih signifikan pada kulit. Oleh karena itu, merawat kulit wajah dengan hati-hati menjadi suatu keharusan untuk menjaga kekenyalan, kelembapan, dan kecerahan kulit. 

Walaupun seringnya ber-skincare Filter ponsel sudah lebih satset, tapi mbok ya kalau bareface jangan sampai jauh banget hasilnya, hehe. Kenapa? Ya supaya diri sendiri gak terlalu kaget waktu ngaca di cermin, hihi. 

Oh iya jenis kulit Manda cenderung Acne Prone dan sensitif ya, jadi cukup menantang. 

Menjaga kulit wajah menjelang 40
Desain : Canva

Oleh karena itu, Manda akan berbagi catatan belajar tentang perawatan kecantikan kulit wajah yang sudah dirangkum. Kuy simak gimana sih baiknya kita menjaga kulit wajah menjelang usia 40. 

Pastikan Kulit Kita Terhidrasi

Perkara cairan tubuh ini sering banget ya dibahas untuk menjaga kesehatan. Tidak heran, karena air membentuk tubuh kita hingga lebih dari 50 persen komposisi. Memperbanyak konsumsi air menjadi hal utama untuk mencegah gangguan dalam tubuh kita. 

Air memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan kulit kita. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh, atau minimal delapan gelas air mineral setiap harinya. Tidak hanya soal kulit wajah tapi juga mencakup keseluruhan organ kita. Air yang cukup membantu menjaga kelembapan alami kulit dan membantu detoksifikasi tubuh dari dalam.

Baca juga : https://www.aliendasophia.com/2023/10/7-cara-aman-melembabkan-bibir-kering.html

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin adalah langkah dasar dalam perawatan kulit. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita. Gunakan pembersih dengan kandungan lembut dan hindari bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.

Sesuaikan juga cara membersihkan wajah sesuai dengan jenis kulit kita. Misalnya untuk pemilik kulit kering cukup menggunakan produk pembersih wajah hanya di malam hari untuk menjaga kadar minyak pada wajah. Atau tidak menggosok terlalu lama saat membersihkan wajah sensitif atau berjerawat.

Acne Prone skin cleansing
Desain : Canva


Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama penuaan kulit. Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau kita berada di dalam ruangan. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, yang bertanggung jawab atas kekenyalan kulit.

Pilih tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Manda pribadi perlu trial error beberapa saat untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan wajah. Karena beberapa tabir surya kadang tidak cocok untuk kulit senstitif berjerawat. Ada pula produk tabir surya yang menghasilkan White Cast yang signifikan. 

Kita perlu memerhatikan kandungan yang terkandung dalam tabir surya. Pilih yang mengandung SPF dan PA+++ disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Gunakan Pelembap Anti-Penuaan

Kulit yang lembab memperkuat ketahanan kulit kita (skin barrier). Kulit yang lembab menjaga keseimbangan produksi minyak dalam kulit. Penggunaan diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu kulit terpelihara kekenyalannya, dan mengurangi garis harus maupun kerutan.

Untuk kulit yang lebih dewasa, pemilihan produk pelembab juga perlu diperhatikan. 

Pilih pelembap yang dirancang khusus untuk kulit dewasa. Produk anti-penuaan sering mengandung bahan-bahan seperti retinol, asam hialuronat, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan. 

Disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan wajah ya. Bila terbiasa dengan penggunaan Cream malam dan siang, perhatikan apa sesuai dengan kondisi kulit kita. Kalau seperti kulit Manda tuh gak bisa pakai retinol terlalu sering, satu pekan sekali saja cukup. 

Oh iya selain itu kita perlu memahami kandungan bahaya yang terdapat dalam Skincare. Salah-salah, bukannya bersinar malah bisa membahayakan kondusi kulit kita.

Lakukan Perawatan Ekstra untuk Area Mata

Area mata cenderung lebih tipis dan rentan terhadap tanda-tanda penuaan. Gunakan krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C dan E untuk membantu mengurangi kantung mata dan kerutan di sekitar mata. Selain itu kita memerlukan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan area mata. 

Manda pribadi sudah sulit begadang, mulai rutin di pukul 21.00 kalau tidak ada janji. Misal saja sekali janjian tidur larut, keesokan hari mata panda dan punggung kencang mulai terasa. 

Tidur Berkualitas dan Cukup Waktu

Sudah di-spill di atas ya soal akibat begadang. Semakin dewasa kita dihadapkan dengan berbagai tanggung jawab dan kebutuhan. Sering kali bentuknya adalah pekerjaan yang kerap menyita waktu istirahat kita. Tidak jarang kurangnya tidur membuat wajah kita terlihat lebih lelah dan menua.

Mendapatkan cukup waktu tidur juga dapat memberikan efek penampilan yang lebih muda. Hal ini disebabkan oleh produksi kolagen, yaitu protein yang memberikan kekenyalan dan kelembutan pada kulit, serta hormon pertumbuhan yang berperan dalam perbaikan sel dan jaringan kulit, ketika tubuh beristirahat dengan cukup waktu tidur.

Perhatikan Pola Makan Sehat

Makanan berperan penting dalam kesehatan kulit. Perhatikan keseimbangan isi piring kita. Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan biji-bijian utuh adalah contoh makanan yang baik untuk kulit. Tentunya disesuaikan dengan kondisi tubuh ya

Saat ini Manda mulai membatasi gula dan karbohidrat. Tapi masih mengonsumsi secara terukur. Juga membatasi waktu makan atau biasa disebut Intermittent Fasting. 

Perawatan kulit rutin
Desain : Canva


Lakukan Perawatan Kulit Rutin

Perawatan kulit rutin sangat dibutuhkan setiap harinya. Berlatih konsisten menerapkan semua tips tentu membutuhkan niat kuat dan komitmen. Untuk perawatan kulit yang lebih terjangkau kita bisa melakukan perawatan mandiri seperti eksfoliasi wajah rutin dan menggunakan masker wajah.

Sesekali, lakukan juga perawatan kulit profesional di klinik kecantikan. Facial, Peeling, Microdermabrasion, atau perawatan laser dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit. Karena tidak dipungkiri untuk usia yang sudah lebih dewasa, bantuan perawatan seperti ini semakin diperlukan. Tapi tentunya disesuaikan juga dengan bajet yang tersedia ya!

Kesimpulan

Merawat kulit wajah menjelang usia 40 memerlukan komitmen dan perhatian ekstra. Dengan menjalankan poin catatan belajar di atas, kita dapat menjaga kulit tetap sehat, segar, dan menjadikan wajah berkilau, serta mengurangi tanda-tanda penuaan yang mungkin muncul. Setiap langkah kecil dalam perawatan kulit akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Kuncinya adalah dengan melakukan rutinitas perawatan secara konsisten. Konsisten tetap Koentji ya TemaNda, semangat!

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS