Hai hai, TemaNda! Di tengah cuaca yang tak menentu, seperti yang Manda alami di Bandung, pagi yang dingin dapat dengan cepat berubah menjadi siang yang terik dan panas. Perubahan cuaca yang cepat ini membawa dampak pada tubuh, terutama pada kulit bibir. Bibir, sebagai salah satu bagian tubuh dengan kulit yang lebih tipis, cenderung sulit mempertahankan kelembapan.

Seringkali, cuaca seperti ini dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan bahkan pecah-pecah. Rasa tidak nyaman seperti badan pegal dan tenggorokan sakit juga dapat muncul. Terlebih bisa sampai terkena penyakit seperti Influenza ataupun demam. Semua itu membuat anggota tubuh terasa kurang nyaman salah satunya pada bagian bibir.

Bibir yang mengalami kekeringan atau pecah-pecah sering disebut dengan istilah medis "cheilitis". Kondisi ini cukup umum terjadi dan bisa sangat mengganggu. Penting untuk memahami bahwa kulit di area bibir jauh lebih tipis dan sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, sehingga rentan mengalami kekeringan yang berujung pada bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Aman Melembabkan Bibir Kering


Bibir dapat mengalami kekeringan karena kurangnya produksi kelenjar minyak, sehingga tingkat kelembapannya menurun. Untuk mengatasi masalah ini, terdapat berbagai pengobatan alami yang dapat membantu memulihkan kondisi bibir sehingga kembali sehat seperti sedia kala.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara aman yang dapat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini.

1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Kondisi tubuh, termasuk kulit bibir dipengaruhi dari asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Saat makanan dan minuman yang kita konsumsi sehat, sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh kita, maka sehat pula anggota tubuh kita, termasuk bibir. 

Bibir lembab merupakan tanda tubuh kita terhidrasi dengan baik. Mencukupi kebutuhan cairan kita dengan baik adalah hal utama yang dapat kita lakukan untuk memastikan bibir tetap pada kondisi lembab. Pahami kebutuhan cairan harian kita masing-masing melalui perhitungan berat tubuh.

Tidak lupa, bila dibutuhkan, tambah asupan vitamin seperti Vitamin-C, Vitamin-E, dan Vitamin-D. 

2. Hentikan Kebiasaan Menjilati Bibir

Bibir yang terasa agak kering terkadang membuat kita secara refleks menjilati bibir untuk mendapatkan kelembaban. Namun ternyata, air liur justru mampu menghilangkan kelembaban alami yang dimiliki bibir kita. Kebiasaan ini justru membuat bibir kita semakin kering dan semakin lama menjadi pecah-pecah.

Oleh karena itu kita perlu menghentikan kebiasaan ini dan memilih membasahi bibir kita dengan air mineral secara cukup. Tentunya bila tubuh kita terhidrasi dengan baik, secara otomatis bibir kita pun akan terjaga kelembabannya. Dengan begitu kita akan berangsur-angsur menghentikan kebiasaan kita menjilati bibir dengan harapan menambah kelembaban.

3. Sebisa Mungkin Gunakan Masker Wajah

Setelah musim Corona atau Covid-19 mereda, sebagian orang di Indonesia kembali pada kebiasaan keluar rumah tanpa masker. Padahal penggunaan masker ini sangat baik terutama untuk melindungi wajah dari radikal bebas. Dengan tetap membiasakan diri menggunakan masker, kita dapat menjaga diri dari virus, juga mampu menjaga kulit bibir kita agar tidak menjadi kering akibat terpapar matahari.

4. Kenali Jenis Kulit Kita

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda. Oleh karena itu kita perlu dengan sadar memahami jenis kulit kita dan mengatur apa yang dibutuhkan oleh kulit kita, terutama pada bibir. Bagi pemilik kulit sensitif kita dapat dengan mudah mengalami iritasi baik ringan, sedang, maupun berat. Oleh karena itu kita perlu waspada, apabila kita memiliki alergi ataupun iritan tertentu yang mampu menjadikan kulit kita rusak, terutama pada bagian bibir yang rentan menjadi kering dan pecah-pecah.

5. Eksfoliasi Bibir dengan Bahan Alami

Mendapatkan bibir yang sehat dapat juga diraih dengan merawatnya secara rutin. Contohnya dengan membiasakan diri melakukn eksfoliasi dengan bahan alami. Bisa menggunakan campuran madu dan gula yang diaduk lalu dioleskan kepada bagian bibir kita.

Bila melakukan eksfoliasi, pastikan kulit bibir kita tidak dalam kondisi iritasi. Saat bibir dalam kondisi iritasi, pecah, ataupun sariawan, bakteri juga kuman akan dengan mudah masuk ke dalam dan menginfeksi kita. 

Jadi pastikan tidak ada luka terbuka saat kita hendak melakukan eksfoliasi pada bibir untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Jangan Biasakan Mengelupas atau Menggigit Bibir

Saat bibir terasa kering, tangan kita kadang merasa gemas dan mulai melakukan pengelupasan. Padahal perilaku ini dinilai tidak baik untuk bibir kita. Kulit bibir yang terkelupas atau tergigit dapat menimbulkan luka bahkan pendarahan. Risiko lebih tinggi bisa sampai terjadi iritasi, infeksi, hiperpigmentasi, bahkan sampai bisa terjadi sebuah pembentukan jaringan parut.

Oleh karena itu kita bisa mencoba menghentikan kebiasaan ini dari sekarang.

7. Pilih Produk Lipstik yang Melembabkan

Saat ini, tersedia banyak produk perona bibir dengan kandungan yang dapat membantu melembabkan bibir. Pilihlah produk lipstik dengan formula yang dapat merawat dan melembabkan bibir, sehingga tetap terlihat cantik dan sehat.

Pilihan produk lipstik, lip balm, lip butter, lip tint maupun lip gloss yang tepat dapat membuat kulit bibir kita menjadi lebih baik. Pastikan kita memilih produk lipstik dengan kandungan yang baik dan aman.

pilih produk lipstik alami


Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Manda dapat membantu menjaga kelembapan bibir dan menghindari bibir kering dan pecah-pecah. Penting juga untuk selalu memilih produk perawatan bibir yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Jika bibir kering tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Tetap jaga kesehatan dan kecantikan bibir, TemaNda!

SHARE 9 comments

Add your comment

  1. Bibir kering ini menjadi masalah sendiri ya, Mbak. dan ternyata, justru jangan dijilati oleh lidah, karena akan semakin kering. nantinya malah akan terkelupas dan kalau dikelupasi malah perih. Maka solusinyya makan makanan sehat dan bergizi, dan pakai pelembab.

    ReplyDelete
  2. wah berarti cara saya selama ini salah dong ya, saya sering menjilati bibir saat terasa sangat kering. Alhamdulillah walau terasa kering, tapi nggak pernah sampai pecah-pecah sih. Baiknya emang pakai pelembab khusus bibir ya mbak, untuk membantu supaya bibir nggak gampang kering

    ReplyDelete
  3. Saya sering mengalami bibir kering ini saat sedang panas dalam atau sedang berada di cuaca yang panas terik dan berada di luar rumah. Duh terasa banget itu pecah-pecahnya. Jadi sekarang kemana-mana selalu bawa lip-balm dan banyak mengurangi penggunaan lipstick agar tidak semakin parah.

    ReplyDelete
  4. Bagus banget nih tipsnya. Saya yakin pasti berguna untuk teman-teman semua, khsusnya yang punya masalah bibir kering di hari-hari yang panas seperti ini.

    ReplyDelete
  5. saya banget nih, bibir kering dan pecah-pecah
    padahal setiap hari selalu makan sayur dan buah
    Tapi sering lupa minum air putih :D

    ReplyDelete
  6. Bibir kering memang ga asik ya kak soalnya klo di kelupas kadang berdarah, klo saya kadang dioleskan pakai madu aja Alhamdulillah agak lembab walaupun sedikit hehee

    ReplyDelete
  7. Aku jg pny bibir kering. Suka gatel tangan kopehin kulit bibirnya.

    ReplyDelete
  8. Kadang daku juga suka iseng jilat bibir apalagi kalo kering huhu, ternyata itu kebiasaan yang gak oke buat diterapkan ya kak. Bagusnya pakai minyak zaitu atau madu sih ya biar gak kering

    ReplyDelete
  9. Aku ko gabisa konsisten Eksfoliasi Bibir pake Bahan Alami ya..
    Pake produk juga gak bisa konsisten sii.. padahal kalo face mask mah suka banget.
    Huhu.. dan bibir aku memang butuh pertolongan karena uda gelap dan sering aku gigit-gigit kalo kering. Kaya jadi kebiasaan ((kaya Jaemin)), wkkwkw..

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS