Hai hai TemaNda! Bagaimana liburannya? Sepertinya ada yang sudah kembali ke rutinitas dan ada pula yang sedang memperpanjang waktu liburnya, seperti Manda? Gwenchana! Yang penting semua disyukuri ya! Untuk Manda sendiri yang kedua putrinya sekolah dengan metode Blended Learning, liburan dan sekolah bisa dilakukan secara bersamaan. Karena sekolah rutin dilakukan dengan daring. Sementara untuk luring bisa menyesuaikan kebutuhan. Jadi bila sedang memperpanjang liburan seperti saat ini, anak-anak akan daring dari lokasi liburan (saat ini di rumah Grandma). Lalu bila butuh luring, anak-anak bisa menyesuaikan bersekolah di Hub terdekat. Jadi liburan bisa  disesuaikan asal tugas dan kehadiran daringnya terpenuhi. Tidak heran kami bisa berpindah-pindah lokasi sesuai kebutuhan. Dari daerah panas ke daerah yang cenderung lebih sejuk.

Bila sudah seperti ini yang paling dipikirkan adalah merawat kulit wajah yang terdampat perubahan cuaca yang cukup drastis. Selain perlunya adaptasi bagi wajah, kita juga perlu melakukan perawatan yang mempermudah penyesuaian tersebut. Biasanya Manda akan melakukan beberapa tips berikut :

tips perawatan wajah pada cuaca panas dan dingin


Perawatan untuk Cuaca Panas

Cuaca panas dapat menyebabkan penumpukan minyak dan zat-zat lain pada kulit, sehingga pori-pori dapat tersumbat dan jerawat muncul secara tiba-tiba. Penting untuk membersihkan wajah di pagi dan malam hari agar kulit tetap segar dan bersih setelah riasan dan kotoran terangkat dengan baik.

Untuk hasil optimal, lakukan double cleansing dengan pembersih berbahan dasar minyak untuk menghilangkan sisa make-up dan kotoran. Selanjutnya, gunakan pembersih dengan Niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih atau pembersih dengan Salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kebersihan pori-pori. Pilihlah pembersih Hypoallergenic yang cocok untuk jenis kulit kita.

Selalu Gunakan Sunscreen

Sunscreen menjadi kewajiban saat cuaca panas dan terik. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi secara rutin, baik untuk wajah maupun tubuh. Pastikan untuk mengulang penggunaan Sunscreen, terutama jika sering berada di luar ruangan, agar perlindungan tetap maksimal.

Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Teriknya panas matahari dapat menyebabkan keringat berlebihan dan kulit menjadi kering serta kusam. Pastikan kulit tetap terhidrasi dengan menggunakan pelembab berbasis air di pagi atau malam hari. Pilih pelembab yang ringan, bebas minyak, dan Nonkomedogenik, seperti yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kelembaban. Selain itu, pastikan juga untuk minum air yang cukup dan mengonsumsi makanan yang kaya air.

Gunakan Produk Berbahan Vitamin C

Produk yang mengandung vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV dan memberikan nutrisi untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Vitamin C berperan sebagai antioksidan, melawan efek buruk dari asap, polusi, dan paparan sinar matahari. Produk seperti ini juga dapat merangsang produksi Kolagen dan Elastin, serta mengurangi hiperpigmentasi dan ketidakmerataan warna kulit.

Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Pada cuaca panas, hindari penggunaan makeup tebal yang dapat menyumbat pori-pori dan menahan keringat dan minyak. Pilih produk Makeup yang lebih ringan atau mengandung SPF untuk memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Biarkan kulit bernafas dengan meminimalisir penggunaan makeup, terutama saat cuaca panas.

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu menenangkan dan menghaluskan kulit setelah terpapar panas dan kehilangan kelembabannya. Gunakan masker wajah secara teratur setelah membersihkan wajah untuk menghilangkan minyak dan residu yang tidak diinginkan. Masker juga dapat menjaga kelembaban kulit dan memberikan kesegaran.

Oleskan Krim Malam

Pilih krim malam yang sesuai dengan jenis kulit kita untuk membantu proses regenerasi sel kulit yang berlangsung lebih cepat pada malam hari. Krim malam membantu menutrisi kulit, meningkatkan elastisitas alami, dan mendukung siklus perbaikan kulit. Dengan krim malam yang tepat, kulit akan terasa segar, halus, dan cerah secara alami saat bangun tidur.

skincare perawatan cuaca panas dan dingin


Tips Perawatan di Cuaca Dingin

Perubahan cuaca tentu memerlukan waktu khusus untuk penyesuaian. Cuaca dingin cenderung membuat kulit kita lebih kering dari biasanya. Perawatan yang tetap harus dilakukan di berbagai cuaca termasuk cuaca dingin adalah konsumsi air dan penggunaan Sunscreen.

Pastikan kita tetap terhidrasi dengan baik. Udara dingin dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Minumlah air yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan dari dalam.

Untuk perlindungan matahari, meskipun cuaca dingin, sinar UV tetap ada dan dapat merusak kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF saat keluar rumah, terutama jika bersentuhan langsung dengan sinar matahari. 

Tips perawatan wajah, rambut, dan kulit yang kita lakukan secara rutin akan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelembapan selama cuaca dingin. Berikut beberapa saran yang mungkin dapat membantu:

Gunakan Pelembab

Cuaca dingin cenderung membuat kulit lebih kering. Penggunaan pelembab maupun Face mist bisa dipilih untuk menambah kelembapan dan menjaga kulit kita tetap terhidrasi. Diharapkan dengan penambahan produk yang melembabkan ini, kulit terhindar dari kering dan iritasi yang bisa mengganggu waktu liburan kita.

Sinar Matahari dan Vitamin D

Meskipun cuaca dingin, upayakan untuk mendapatkan cukup sinar matahari. Paparan sinar matahari membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang penting untuk kesehatan kulit dan tulang. Jika sulit mendapatkan sinar matahari, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D.

Pijat Kulit Kepala

Selain menggunakan minyak untuk kulit kepala, pijat ringan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu nutrisi mencapai folikel rambut, dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Perhatikan Asupan

Asupan makanan juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut. Pastikan asupan kita kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, E, omega-3, dan protein untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut.

Pakaian yang Tepat

Selain jaket dan selimut, pastikan pakaian yang kita kenakan terbuat dari bahan yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat karena dapat mengiritasi kulit.

Rutin Olahraga

Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat memberikan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah olahraga untuk menghindari pori-pori yang tersumbat.

Kesimpulan

Tips perawatan kulit wajah pada cuaca panas yang Manda sarankan antara lain melakukan double cleansing, menggunakan sunscreen, menjaga kelembaban kulit, menggunakan produk berbahan vitamin C, menghindari makeup berlebihan, menggunakan masker wajah, dan mengoleskan krim malam. Ini bertujuan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan menjaga kelembaban kulit.

Sementara itu, saat cuaca dingin, kita tetap perlu mengonsumsi air yang cukup, menggunakan pelembab, mendapatkan sinar matahari, menggunakan perlindungan matahari, melakukan pijatan kulit kepala, memperhatikan diet, memilih pakaian yang tepat, dan rutin berolahraga. Semua saran ini ditujukan untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dan rambut selama cuaca dingin.

Dengan begitu, kita memberikan perhatian khusus terhadap perawatan kulit sesuai dengan perubahan cuaca, memastikan bahwa kita semua dapat menikmati liburan dengan kesehatan kulit yang terjaga.

Jangan lupa juga bahwa setiap orang memiliki jenis kulit dan rambut yang berbeda, jadi pilihlah produk dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan khusus kita. Selalu konsultasikan dengan ahli perawatan kulit atau dokter kulit jika memiliki kondisi kulit tertentu atau jika ingin mencoba produk baru.

TemaNda punya tips lain seputar perawatan wajah, boleh dong ditulis di komentar ya!

SHARE 14 comments

Add your comment

  1. Panas dingin. Kayak lagi meriang. Setara dengan musim pancaroba kali ya. Tipsnya boleh juga nih, nanti mau aku aplikasikan biar wajah tetap terpelihara.

    ReplyDelete
  2. Merawat kulit ternyata harus disesuaikan dengan musim atau cuaca juga, ya. Beda cuaca, beda juga treatment nya. Tapi untuk kulit sehat dan glowing, tak jadi masalah beda cara perawatannya, sing penting hasilnya maksimal, ya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting terutama dimusim hujan seperti ini, hindari hal yang dapat membuat kita mudah sakit.

    ReplyDelete
  5. Perawatan wajah mmg perlu ya sist biar wajahnya bersih, glowing dan awet muda

    ReplyDelete
  6. Perawatan kulit wajah ternyata ga sama ya untuk cuaca yang berbeda-beda. Tetapi banyak kesamaannya seperti disebutkan di atas. Pakai sunscreen dan skincare dengan kandungan vitamin-vitamin itu wajib banget. Perawatan dari dalam juga baik dilakukan dengan mengonsumsi vitamin, makan sayura, buah-buahan yang bagus manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

    ReplyDelete
  7. Baik cuaca panas atau dingin kulit wajah harus tetap di rawat ya. Pakai sunscreen di cuaca yang terik banget berasa banget di wajah jadi lembab. Kalau cuaca dingin aku nggak berasa jadi kering malah wajahnya, tapi tetep pakai pelembab juga biar makin terawat.

    ReplyDelete
  8. Berarti skincare dan make up di daerah tropis dan daerah yang beriklim 4 berlainan ya, Kak? Lhah untuk dingin dan panas d8 negara kita saja sudah beda perlakuan dlm perawatan.

    ReplyDelete
  9. Kadang kita mikirnya kalau pas cuaca dingin, kulit nggak perlu banyak treatment. Tapi ternyata pas cuaca dingin itu malah kulit bisa terancam jadi kering ya.

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini sudah masuk musim hujan. Namun hujan masih jarang dan malah sering panas. Dengan membaca artikel ini kita bisa mengantisipasi kondisi ini dalam menjaga perawatan wajah. Thanks untuk artikelnya kak.

    ReplyDelete
  11. Keren banget, semenjak musim panas wajah saya sering jerawatan dan kusam. Mau coba ikuti coba cara di atas

    ReplyDelete
  12. Sebagai orang yang tinggal di daerah dingin, kemudian dapet suami yang dari daerah super panas ... wkwk akhirnya jadi tahu dulu kalau kulit itu butuh treat yang 'beda'. Karena pulang dari rumah suami, kulit berasa kebakar dan makin sensi. Karena ga biasa sama cuaca, tapi akhirnya tahu juga gimana atasinnya pake skincare yang tepat.

    ReplyDelete
  13. Sekarang lagi musim hujan. Berarti harus rajin olahraga nih plus makan makanan yang kaya nutrisi ya kak.

    ReplyDelete
  14. Wahhh nambah lagi ilmuku nih soal perawatan wajah dari blog ini, sama loh kupikir kalau lg musim dingin gitu yasudah tidak perlu terlalu dirawat, ternyata malah itu yang bikin kulit jadi lebih kusam ya

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS