1

Cerita pencarian Buddy untuk belajar di Bunda Cekatan ini seru sekali. Alhamdulillah pekan ini Manda berkesempatan langsung mengikuti Live Bunda Septi di hari kamis. Saat itu juga Manda langsung memikirkan siapa yang Manda inginkan menjadi Buddy.

By the way, di Padepokan Margosari  penggunaan Buddy System ini memang sudah lama digunakan. Buddy System adalah sistem belajar dengan cara memasangkan kita dengan pembelajar lain. Buddy memiliki tugas untuk menjadi pendukung belajar pasangannya dan menjadi tempat berbagi. Pemahaman tentang Buddy System ala Ibu Profesional bisa merujuk dari sini.

Lalu bagaimana Cerita Manda bertemu Buddy?


Saat sesi materi berakhir, seketika Manda teringat sesi curhat bersama Teh Echy pekan lalu. Teh Echy udah tau bagaimana kendala dan perjalanan belajar Manda. Saat itu juga Manda memutuskan untuk mencoba melamar Teh Echy sebagai Buddy Manda.

Teh Echy saat itu masih domestikan jadi belum bisa menjawab lamaran Manda. Alhamdulillah, subuh hari keesokan harinya Teh Echy menjawab lamaran Manda sebagai Buddy. Kita curhat-curhatan, berbagi aliran rasa dan merenungkan solusinya.

Manda bukan pemikir cepat, jadi butuh beberapa hari untuk memikirkan bekal untuk Teh Echy memecahkan solusi belajarnya. Hingga akhirnya tidak terasa sudah tiba di hari Cinderlella, hari terakhir pengumpulan jurnal Bunda Cekatan ini. Alhamdulillah akhirnya hari ini bisa menuangkan ide ke dalam eksekusi, Bismillah

My Buddy : Desi Irma Suryani


Desi Irma Suryani, biasa dipanggil Teh Echy, dan Ibu Uqi. Sohib dari semasa matrikulasi dan sesama pejuang di Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Bandung. Beliau bendahara daku sekretaris.

Jadi udah kenal banget deh ya, apalagi ternyata beliau perawat di tempat daku melahirkan Nayyara dan Mysha. Jadi banyak bahan obrolan yang nyambung deh pokonya. Setiap daku sakit, kepadanyalah daku berkonsultasi sebelum cari diagnosis dokter. Iyaaa, kami sedekat itu, ini buktinya, hehe.

Copy of Copy of Copy of Orange White Rays Illustration Book Donation Poster (3)

Aliran Rasa Buddy


WhatsApp Image 2020-03-05 at 19.09.48

Sesuai instruksi, Manda dan Teh Echy berbagi rasa, saling bertukar cerita. Dan berikut adalah aliran rasa My Buddy:
Aliran Rasa echy
Oyaa, mind map aku tuh topiknya fun learning activity, menjadi fasilitator uqi belajar dan bermain dengan menyenangkan, karena itu yang membuat aku bahagia dan berbinar 🥺😍
Setelah beberapa tahap di kelas ulat-ulat, qadarullah aku udah dikasih tantangan lebih besar untuk menyelesaikan segala macam yang terjadi dlm diri yang lebih ke emosi, sampai berfikir aku menderita mental illness yang aku pun gatau apa, intinya, si emosi ini malah mempengaruhi ke semua aspek kehidupan termasuk mind map. Jad mind map kayanya harus di ubah 🤭
Manajemen emosi yang harusnya terletak di pusat.
Pada akhirnya aku mengambil keluarga manajemen emosi, biidznillah Allah memang memberikan yang aku butuhkan manda🥺, disana aku malah banyak menemukan makanan bergizi dan berdaging yang masyaAllah aku harus pelan-pelan mengunyahnya karena takut tersedak 🤭
Banyak hal yang didapat terutama inner child yang menjadi pusat permasalahan dari manajemen emosi yang harus diselesaikan.
Begitulah.. 😁
Dan btw, sampai skrg aku masih blm benerin mind map😅
Oyaa harapan aku, selain aku bisa benerin mind map, meski aku udah tau tujuan utamanya kemana, mudah2an aku bisa benar-benar selesai dengan diri aku, sehingga topik mind map yang lain bisa berjalan dengan baij dan sesuai tujuan.

Manda sempat merasa ada kesamaan antara permasalahan diri sendiri dan permasalahan yang dialami Teh Echy. Hanya mungkin prioritas yang dipilih berbeda, tapi solusinya bisa jadi sama. Karena antara Manda dan Teh Echy memiliki tujuan dan fokus yang mirip sekali.

Manda juga bertanya kembali barangkali ada sesuatu hal khusus yang dibutuhkan dari Teh Echy. Dan berikut adalah jawaban beliau.
aku mah paling butuhnya menguatkan tekad, atau sesuatu hal yang membuat aku ajeg. Kadang udah semangat2, ehh melempem lagi

Lho? Ya sama banget ini masalahnya. Akhirnya Manda mencoba merumuskan apa yang akan terpakai untuk diri Manda sendiri dan juga akan bisa diterapkan oleh Teh Echy. Yuk kita bahas di Bekal untuk Buddy.

Bekal untuk Buddy


Setelah berhari-hari berpikir, Manda memutuskan untuk membuat template. Template kosong untuk mengarahkan niat, semangat, dan memantau apa yang Manda dan Teh Echy mungkin butuhkan.

Template ini terdiri dari enam buah dengan desain sederhana ala Manda. Template ini merupakan penggabungan inspirasi dari pelajaran yang Manda temukan, terutama dari terakhir ketemu Teh Chika juga saat sharing sessionnya Bubu Wiwik.

Template _ What is it_

Template : What Is It?


Di sini kita bisa tulis nama tajuk mindmapnya, dilakukan dan diresapi saat menulisnya. Kita menuliskan kembali Mindmap kita untuk memanggil kembali semangat saat menyusunnya.

Copy of Copy of Copy of Orange White Rays Illustration Book Donation Poster (4)

Template : Strong Why?


Tuliskan di sini, alasan paling mendesak apa, kenapa harus berubah dan menjalankan mindmap ini. Dituliskan dengan membayangkan setiap alasannya.

3

Template : What If?


Di sini, kita bisa tulis kira-kira bila tidak berubah, keadaan apa yang akan terjadi? Tuliskan ketakutan kita di sini dengan menyadari semua resikonya. Saat kita belajar menyadari situasi, kita akan menambah bahan bakar kita untuk semakin yakin ingin berubah.

4

Template : Dream it!


Bayangkan apa yang terjadi saat Goals dari mindmap ini tercapai, apa yang akan kita rasakan saat itu? Rasakan dan tuliskan rasa yang kita bayangkan itu.

5

Template : Say it!


Perkirakan, Goals ini bisa dicapai kapan? Tuliskan tanggal bulan dan tahun, jadikan deadline tercapainya Goals tersebut, sambil menjadikannya niat, bayangkan pada tanggal tersebut semua tercapai dan resapi perasaan dan semangatnya. Ucapkan niat baik ini dengan jelas, dan berharap Allah meridhainya, Aamiin.

6

Template : Habit Tracker


Terakhir, kita bisa coba pantau kebiasaan-kebiasaan yang membuat emosi lebih terjaga. Kita bisa tulis ceklis di setiap hari tercapainya indikator. Dengan ini kita akan bisa melihat keseharian kita dan berusaha mengendalikannya. Semoga Allah beri kemudahan dan jalan yang baik bagi kita yang berniat untuk semua yang ingin merubah dirinya, Aamiin.

7
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS