Copy of Copy of GEMAR RAPI TASK 1 (1)Proses Decluttering


Saya membagi kategori berdasarkan jenis pakaian dan kebutuhannya. Pada bagian gantungan diisi oleh sub kategori gamis, khimar, kemeja, cardigan, lingerie.Untuk laci diisi oleh sub kategori dalaman, kaos rumah, dan celana. Kategori dibuat untuk memastikan pakaian tersebut akan kembali lagi di situ tempatnya.


Pemilihan kriteria Pakaian adalah yang masih bisa digunakan dan masih pernah digunakan kurun waktu satu tahun ke belakang. Juga yang akan digunakan okasional. Untuk prosesnya saya tumpukan semua pakaian ke dalam keranjang besar, dan menyiapkan dua buah kardus.


Satu persatu pakaian saya sentuh, diperiksa apa masih layak, dan diingat kembali kapan terakhir digunakan. Yang layak pakai dan sudah tidak pernah digunakan akan masuk kotak donasi, lalu yang sudah rusak atau tidak layak pakai dimasukan ke box lain untuk digunting2 sebagai bahan prakarya anak-anak, isian bean bag atau dijadikan lap.


Pakaian saya tidak banyak karena saya juga sering tinggal di rumah orang tua saya di BSD city, jadi yang ditangani dalam proses decluttering kali ini alhamdulillah tidak cukup banyak, tapi yang buat lama justru berpikir saat menyortirnya. Ditambah emang masih ada yang tertunda seperti pakaian yang masih dijemur dan belum kering. Tantangan saat decluttering adalah saat anak-anak menjadikan clutter sebagai mainan, jadi sering mengulang lagi merapikan dari awal, hehe.


Copy of Copy of GEMAR RAPI TASK 1 (2)

Proses Organizing


Pada proses organizing saya berfokus pada tempat yang sudah ada, yaitu gantungan dan laci. Untuk gantungan dimulai dari sebelah kiri khimar yang digantung pada hanger bulat, kemudian gamis pada hanger pink, dan kategori lain dengan hanger warna lain. Penataan baju gantung menggunakan posisi gradasi warna agar lebih sedap dipandang dan mengingat posisi awal saat akan digantung kembali. Untuk laci, laci nomer 1 digunakan untuk menyimpan dalaman dengan cara dilipat, pakaian dalam dilipat dan diletakan pada box kardus bekas yang dilapis kain dari khimar bekas.


Tantangan saat menata adalah kebutuhan organizer. Belum terlaksana membeli organizer untuk menata agar lebih rapi, jadi sementara menyiasati dengan yang ada.


Rasa setelah berbenah pakaian lebih lega, namun masih memikirkan clutter yang lain, semoga bila sudah selesai semua bisa lebih lega lagi, aamiin


Copy of Copy of GEMAR RAPI TASK 1 (3)
SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS