Pernah merasa bingung ga, kira-kira apa yang mau kita tekuni dalam hidup ini? Berada di persimpangan dan merasa gamang, pilih A atau B. Bagi Manda, keinginan diri selalu sangat jelas. Saya ingin A, ingin bisa A, atau ingin punya keterampilan A. Tapi justru memantik semangat untuk memulainya yang membutuhkan energi lebih. Jadi bagaimana cara menemukan cara belajar yang gue banget?

  • Pahami diri sendiri. Seringnya kita berfokus pada apa yang kita inginkan tanpa mencoba untuk menelaah lagi apa yang kita butuhkan. Jadi pertama, kenali, analisis, dan renungkan lagi, diri kita ini seperti apa dan mau apa.

  • Fokus pada kekuatan diri. Stop melihat kekurangan diri dan mulai fokus pada kekuatan kita. Saat kita mau mulai mencari ilmu, pilihlah ilmu yang menguatkan kelebihan diri kita, atau ilmu yang menunjang keterampilan kita. Ingat lagi untuk meninggikan gunung bukan meratakan lembah.

  • Strong why? Temukan apa yang menjadi alasan penting untuk kita menguasai satu bidang keilmuan. Saat kita menjalaninya, ingat selalu alasan kita mempelajarinya, senantiasa meluruskan niat.

  • Analisis Cara Belajar. Konfirmasikan pada diri sendiri, cara belajar bagaimana dan kapan yang membuat kita mudah paham dan mudah menguasai. Apa dengan bertemu guru langsung? Menonton tayangan atau membaca buku. Kombinasikan semua untuk menemukan cara belajar ala aku, yang gue banget!



Saat menonton Bunda Septi Wulandani di kelas Bunda Cekatan, Manda langsung tahu apa yang Manda inginkan dan butuhkan. Kelas Bunda Cekatan kali ini mengarahkan kita untuk menganalisis diri dan kebutuhan. Apa yang mau kita pelajari dalam 5 bulan ke depan?

Manda merasa sangat mendesak membutuhkan keterampilan memanajemen waktu dan berbenah rumah. Kedua hal ini dibutuhkan untuk mendukung kegiatan yang membuat Manda bahagia. Bahagia Manda ada saat mendesain, menerima curhat WhatsApp, dan juga menonton drama. Tapi seringnya hal ini membuat tanggung jawab lain terlunta-lunta.

Sebutlah saat Manda punya deadline, rumah bisa berubah jadi semrawut. Semrawut ini memantik stres, dan anak-anak akan cenderung mudah cranky. Bila ini terjadi akan melipat gandakan tingkat stres. Hal ini sangat perlu diatur dan dikuasai ilmunya. Manda harap dengan terampil mengatur semua, energi yang diperoleh dapat dialirkan ke dalam hal bermanfaat yang lebih banyak. Juga menghindari dari perbuatan yang sia-sia.

Oleh karena itu Manda memilih dua ilmu untuk dipelajari sesuai kebutuhan, penting dan mendesak.

  1. Manajemen Waktu. Untuk mengendalikan energi dan rasa bahagia agar tidak mendzalimi hak keluarga, Manda memilih ilmu manajemen waktu untuk dikuasai. Selain itu Manda membutuhkan latihan hingga lihai dan menemukan susunan kandang waktu yang pas untuk diri sendiri. Ilmu yang akan Manda pelajari adalah : Manajemen waktu dalam Islam, Cara menyusun kandang waktu yang cocok untuk diri sendiri, Berkonsisten menjalani kandang waktu yang disusun. Cara belajar yang dipilih adalah membaca buku, blog walking, menonton YouTube, dan praktek!

  2. Berbenah. Manda merasa sangat belum maksimal dalam menghargai apa yang Manda miliki, salah satunya dengan merawat properti milik sendiri. Hal inilah yang lalu membuat Manda memutuhkan untuk belajar berbenah. Karena di saat Manda menghargai yang Manda miliki, insya Allah akan diridhai Allah. Yang akan Manda pelajari dalan berbenah adalah, esensi berbenah, cara berbenah yang cepat dan mudah, dan zero waste. Cara belajarnya sama, yaitu membaca buku, blog walking, dan menonton YouTube.




SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS