Siapa bilang Emak-emak itu kurang kreatif? Sementara kreativitas adalah daya memecahkan masalah, dan Bunda tentu sering sekali bersinggungan dengan masalah kan?

Bukan masalah, karena yang ada hanyalah tantangan!

Kreatif itu bukan hanya soal seni atau hal berbau artistik. Kreatif adalah kemampuan seseorang menyelesaikan masalah atau tantangan.

Saat berada di awal bulan, Bunda ditantang untuk mengatur keuangan keluarga agar kebutuhan tercukupi. Daya kemampuan menyelesaikan tantangan tersebut adalah kreativitas.

Ada Bunda yang menyelesaikan tantangan tersebut dengan memilih aplikasi penyusun data keuangan. Ada juga Bunda yang memilih menggunakan amplop-amplop berbeda untuk menyimpan uang agar sesuai dengan posnya.

Saat Bunda di akhir bulan, bisa jadi kebutuhan bahan makanan menipis. Saat itu Bunda akan ditantang untuk menyajikan masakan yang bahannya terbatas.

Bisa jadi Bunda memilih untuk membuat menu yang tidak biasa. Mungkin juga Bunda memilih untuk mengurangi penggunaan bahan yang stoknya tinggal sedikit.

Saat itulah Bunda disebut kreatif. Dan, kreativitas itu bisa dilatih!

Cara Melatih Kreativitas


Rasanya karena sudah jadi Ibu, semua jadi tidak mungkin. Padahal melatihnya mudah saja.

Banyak Belajar dan Mengamati


Seorang Bunda pantang berhenti belajar.Jangan mau jadi Bunda kudet!

Bunda yang kurang update akan menjadi membosankan di mata ananda. Jadi, tetaplah belajar hal baru lalu berbagilah hal-hal baru itu pada ananda.

Bunda yang rajin belajar akan sering mengeluarkan ide kreatif. Setiap masalah diubah jadi tantangan dan terselesaikan secara seru!

Meniru Hal Seru


Bunda yang rajin belajar juga akan sering menemukan hal baru. Hal baru ini jadi sumber ilmu bagi Bunda untuk berkembang.

Tirulah dan latih hal baru tersebut. Tentunya meniru dengan adab yang baik ya Bunda. Adab yang baik akan menghasilkan keberkahan pada ilmu.

Misalnya, Bunda melihat gambar yang keren dari seorang pelukis. Bunda yang tertarik dunia seni bisa mulai dengan menirunya hingga mahir.

Memodifikasi dan Lahirkan Kreativitas


Saat Bunda mahir di satu bidang, Bunda mulai terbiasa untuk memodifikasi. Gunakan rasa untuk mengklarifikasi.

Semisal ada yang kurang cocok diterapkan pada diri Bunda, jangan ragu untuk tidak menggunakannya. Mulailah untuk memodifikasi sesuai kebutuhan dan kecocokan Bunda.

Setelahnya, Bunda menjadi terbiasa kreatif dan menciptakan hal baru.

Lalu sekarang apa yang perlu dilakukan? Memulai dari sekarang, jangan menunda-nunda!

Cerita Kreativitas Keluarga Trevi


Keseruan level ini tentu menular pada keluarga Trevi. Manda jadi semangat melatih kreativitas diri.

Pertama, saat anak-anak ribut minta main di Playground, sementara Manda kurang sehat, Manda mencari ide.

Papan bekas lemari, yang saat ini jadi alas setrika, Manda buat jadi perosotan di kamar. Walau hasilnya saat Manda mau menyetrika, ada interupsi dari kedua anak yang tidak terima Playground nya diambil.

Kedua, suatu hari Manda mengejar deadline pesanan gambar. Pavi yang sudah pulang mengambil alih pengasuhan dua putri.

Permintaan mereka kali ini bukan main. Nayyara Minta dibuatkan tenda di kamar. Tenda yang menjadi hadiah ulang tahun dari Yangti saja jarang dimainkan, pikir Manda.

Rupanya Pavi menggunakan selimut dan mengikat setiap ujungnya ke atas tralis jendela. Lucu juga melihat mereka bermain di bawah tenda-tendaan.

Yang ketiga ini biasa aja sih. Ada sisa makanan saat akhir tahun kemarin. Waktunya pengiritan jadi menu makanan pun dibuat mengikuti yang bahannya tersedia.

Sisa bahan sop dibuat gorengan bala-bala. Ayam dan sisa ati dicampur lalu dimasak jadi nasi goreng.

Keseruan Kelas Bunsay Pranikah


Kelas pranikah memang memiliki banyak cerita seru dan berbeda. Kelas yang selalu penuh semangat dan bertabur ilmu.

Pada tantangan kreativitas kali ini ada yang berbeda. Tantangan yang hadir pada musim liburan ini memang sangat tricky.

Periode Tantangan yang Panjang






Rasa menantang hadir saat revisi kalender tiba. Periode tantangan yang panjang bisa sangat menyenangkan ataupun melenakan.

Dilihat dari perolehan badge rupanya cukup banyak yang akhirnya tidak berhasil menyelesaikan tantangan ini. Tapi tetap, beberapa mahasiswi sangat konsisten dan total pada setorannya.

Semangat Senin


Semangat senin yang istimewa hadir dari ketua kelas Bogor. Bunda @caturputri_ mengutip salah satu tulisan di situs yang menceritakan tentang kreativitas.


Bencana Banjir Nasional




Tantangan lain adalah saat terjadinya bencana banjir nasional. Beberapa mahasiswi ada yang terdampak. Alhamdulillah semua lalu mulai membaik.

Jum'at Hangat Penuh Cerita


Jum'at hangat kali ini sangat berbeda. Selain diadakan di hari sabtu, narasumbernya pun dua orang.

Setelah sempat batal berlangsung, kami memutuskan untuk merapel jum'at hangat level ini. Narasumbernya istimewa, keduanya lulusan perguruan tinggi ternama di Bandung.

Cerita-ceritanya pun seru dan penuh makna. Narasumbernya adalah Kak Husna dan Kak Aisyah. Berikut profil mereka.




Peraihan Badge Kelas


Peraihan badge level ini memang secara kuantitas menurun. Akan tetapi semua masih berhasil bertahan di kelas ini, alhamdulillah.







Para pengisi kolom partisipasi kali ini sangat unik. Karena ada dua nama yang ditulis ulang, hehe.

Kak Aisyah selaku koordinator level 9 sangat kooperatif dan cekatan. Pengisi host jumat hangat yaitu Kak Alief juga komunikatif.



Pada lembar teladan kita memiliki Kak Endy sebagai mahasiswi teladan.

Kak Endy menyelesaikan tantangan ke 9 yaitu kreativitas dengan sangat baik. Kak Endy berturut-turut 17 hari menyetorkan tantangan dengan berbagai kondisi.

Dalam tulisannya dapat terlihat bagaimana Kak Endy menyelesaikan tantangannya walau dalam keadaan berlibur juga saat memulai bekerja. Konsistensinya patut dijadikan teladan, juga dilihat dari tulisan dalam bentuk blog dan visual yang baik.

Konten cerita yang dibagikan pun sangat menarik dan penuh kreativitas. Aliran rasa yang dikirimkan pun sangat baik juga sarat makna.

Selain itu Kak Endy merupakan sosok yang sangat aktif di setiap diskusi kelas, dan juga suportif kepada teman sekelas.

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS