Hai Bunda, pernah mengalami kewalahan dengan tumpukan pakaian? Atau bagaimana cara merapikan lemari pakaian? Yap, salah satunya bisa dengan mengurangi pakaian kita.

Jurnal berbenah Manda hari ini disponsori oleh kenikmatan saat menyortir pakaian. Decluttering pakaian, atau mengeluarkan clutter pakaian kita, dimulai dengan kegiatan memilah antara pakaian yang masih digunakan atau yang menurut kita clutter (kekacauan).



Nah, simak tips berikut saat kita mau menyortir pakaian.

Pilih Hanya Baju yang Bisa Dipakai


Jangan menyimpan pakaian yang sudah tidak cukup. Apa lagi dengan dalih "Besok mulai diet".

Pertimbangkan lagi sudah berapa lama pakaian itu tidak digunakan dengan alasan tersebut. Lebih baik dipindah tangankan dan menabung untuk beli lagi bila kelak diet Bunda berhasil, hehe.

Untuk pakaian tidak cukup bisa dipisahkan untuk didonasikan atau dijual kembali. Bisa juga pakaian diubah fungsi menjadi bentuk lain. Misalnya dijadikan sprei perca, taplak, isian bean bag ataupun lap.

Hitung dan Bertanggung Jawablah

Biasakan untuk mengetahui jumlah pakaian yang kita miliki. Kita bisa memasukannya ke dalam daftar inventori kita.

Kemudian mulailah untuk bertanggung jawab atas semua pakaian kita. Bila jarang dipakai, simpan di tempat dan tutup dengan cover atau plastik. Jangan lupa semua pakaian kita akan dihisab.

Sesuka apapun dengan pakaian tersebut bila tidak digunakan ataupun dirawat, sama saja dengan tidak bertanggung jawab.

Pastikan Tempat Pakaian Cukup


Saat kita melihat foto-foto desain interior yang bagus, pasti kita melihat kerapihan di dalamnya. Yang membuatnya rapi tentu karena teraturnya barang yang ada.

Keteraturan lemari bisa dilihat dari cukupnya jumlah pakaian di dalamnya. Tidak terlalu padat ataupun bertumpuk.

Selamat menyortir! Bismillah semoga isi lemari kita serapi gambar ini.

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS