Pergantian tahun biasanya selalu menyisakan banyak pertanyaan. Antara lain pertanyaan apakah tahun yang akan dilalui sudah dilalui dengan usaha terbaiknya. Atau justru dilalui dengan sedikit usaha karena banyak faktor yang berpengaruh.

welcome 2021

2020 sendiri merupakan tahun yang berat. Bukan hanya bagi Manda pastinya, tapi bisa jadi untuk sebagian orang di bumi. 

Bumi yang baik, yang usianya sudah tidak lagi muda.


Bumi yang bijak, yang selalu berusaha beradaptasi meskipun penghuninya mungkin tidak cukup bijak.


Bumi yang sedang dirundung duka, karena virus yang menghantui penghuninya.


Pergantian tahun ini tidak lagi sama. Gemuruh warna warni bunga api di langit tidak semeriah biasanya. Yang jualan terompet tidak meramaikan lagi jalanan protokol. Mereka yang berlalu lalang di jalanan, atau konvoi kendaraan, tidak terdengar riuh.


Manda tinggal di daerah Vila di Bandung Utara. Biasanya setiap hari raya atau hari besar, vila di daerah ini penuh dengan pendatang, meskipun di sini terpencil.


Namun kali ini tidak, sepi, sunyi, damai.


Manda masih ingat bagaimana anak-anak Manda yang masih bayi harus terjaga karena dentuman suara bunga api itu terus bersautan. Ada kalanya membuat Manda kesal karena bayi cenderung sulit kembali diajak tidur.

Tapi kini sepi, terasa begitu biasa. Tidak seperti sedang malam tahun baru. Jalanan dan komplek pun tidak berisik dengan suara tawa atau musik. Hening, didukung juga dengan udara dingin yang begitu menusuk.


Sudah melakukan apa di 2020?


Tahun 2020 diawali dengan ketegangan demi ketegangan. Berawal dari kehadiran Covid 19 dan diakhiri dengan berita hadirnya mutasi baru dari virus serupa.


Manda pribadi sudah melakukan karantina mandiri sejak bulan Maret akhir. Manda masih ingat bagaimana Manda perlu merelakan jadwal kencan berdua dengan Mysha di tanggal lahirnya di 20 Maret 2020. 


Untuk Nayyara sendiri masih sempat mendapat jatah kencan dengan Manda di tanggal lahirnya di 9 Maret 2020. Saat itu masih dalam rencana pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bandung. 


Setelahnya setiap hari kami hanya berkegiatan di seputar rumah. Semua kegiatan publik diubah menjadi daring. Kewalahan dalam pemberlakuan jam online untuk anak. Jam tidur tak teratur dan sebagainya.


Manda lalu menurunkan ekspektasi. Mulai dengan menerima keadaan dan berfokus pada solusi.


Kegiatan di komunitas Ibu Profesional menjadi fokus utama di samping urusan pendidikan Nayyara di PAUD.


Manda mulai belajar live dan meeting online. Hampir setiap bulannya dibiasakan berbagi melalui platform online.


Tetap produktif namun tetap waras. Mungkin itu tagar yang Manda usung. Jadi waras dan sehat adalah fokus utama.


Bukan hal mudah, karena setahun ini begitu banyak yang meninggalkan kita. Tidak hanya lingkar jauh pertemanan, beberapa keluarga terdekat pun pulang meninggalkan kita terlebih dahulu.


Tidak mudah untuk berduka tanpa bisa melakukan apa-apa selain berdoa. Ada sedih membuncah yang sulit diredam. Manda sempat menghubungi konsultasi Psikolog online saat itu terjadi. Katanya frustasi. Semua terasa begitu menghimpit.


Baca juga :

https://www.aliendasophia.com/2020/12/8-cara-bijak-menghadapi-musibah.html


Tapi Manda tidak menyerah. Perlahan tapi pasti Manda memaafkan diri sendiri yang seolah merasa tidak berdaya. Lalu Manda menyusun kembali Goals. Mencari solusi atas segala tantangan yang ada. Jika terpuruk, berilah terpuruk ini waktu, tapi tetapkan akhirnya kapan. Lalu berjanji setelahnya akan bangkit lagi.


Keseruan belajar online di perkuliahan Institut Ibu Profesional juga membantu Manda tetap fokus dan produktif. Selalu diingatkan untuk mencari solusi. Kali ini Manda belajar menjadi bunda yang produktif, mendalami peran Manda sebagai desainer. Manda mulai menerima setiap tawaran pekerjaan yang datang. Walau tentu masih dibatasi sesuai dengan jadwal luang untuk anak-anak.


2020 juga kembali mengenalkan Manda dengan dunia kepenulisan. Manda berhasil menyelesaikan 12 bulan tantangan menulis di Kelas Literasi Ibu Profesional. Tentunya dengan bantuan keseruan menonton drama Korea bersama rekan-rekan Drakorclass. Menonton drama menjadi lebih produktif karena menjadi artikel yang ditayangkan di blog. Juga banyak kebudayaan Korea yang dikenal dari bergaul dengan teman-teman sesama pecinta Korean Wave.


Tapi lalu Manda juga mendalami dunia Blogger yang penuh keseruan. Banyak sekali hal baru yang Manda pelajari. Dari tata cara menulis agar diminati mesin pencarian Google, sampai dengan cara meningkatkan pembaca laman kita. Walau semua ilmu tersebut tentu memiliki tantangan konsistensi sendiri.


Dari kepenulisan dan Blogging, 2020 mengenalkan Manda dengan dunia kontributor Google. Beberapa aplikasi kontribusi Manda ikuti karena ternyata seru sekali seperti permainan dan gamifikasi. Manda masih kagum dengan bagaimana Google mampu membuat berbagai komunitas yang berkelanjutan dengan sistem gamifikasi tersebut.


Baca juga : https://www.aliendasophia.com/2020/12/jadi-kontributor-di-aplikasi-google.html


2021 Mau apa?


Tentunya 2021 punya misi besar menjadi pribadi lebih baik lagi. Luar dalam. Jasmani rohani. Karakteristik dan spiritual.


Beberapa tujuan besar sudah ditancapkan dengan Key Performance Indicator yang akan dipegang teguh.


2021 juga Manda akan memulai konsep Homeschooling untuk dua putri Manda yang menolak belajar selain sama Manda. Padahal kan Mandanya merasa tidak mampu gitu lho. Tapi merekanya maunya begitu. Rencananya Manda mau mengikuti kurikulum sederhana yang tidak memberatkan kedua belah pihak. Memperbanyak ke luar rumah walau masih di dalam komplek adalah jalan ninjaku, hoho.


Belajar membaca dan berhitung pun di luar ruangan. Dan ini lebih dirasa mudah untuk mereka berdua.


Untuk soal ini Manda akan berbagi keseruan mengenalkan pelajaran ini bersama Pavi. Di waktu liburnya Pavi diminta bertugas menjadi pengajar dua balita aktif ini. Nayyara suka sekali belajar berhitung dan berolah raga dengan Pavinya. Dan dua hal tersebut juga bukan bidang yang Manda suka banget.


Manda lebih memperbanyak ilmu yang mereka suka dan dirasa perlu dengan upaya semenyenangkan mungkin. Karena kalau settingannya ngerjain PR biasanya entah anak dan Mandanya juga jadi agak kurang menikmati. Jadi berupa permainan ataupun kegiatan yang berhubungan dengan gerak tubuh. Manda observasi kedua anak Manda memiliki kecendrungan kinestetis. Meskipun yang satu tinggi di visual sementara satu lagi di audio.


Semoga 2021 ini sudah lebih sehat dan lebih aman. Manda berdoa semoga semua menjadi lebih aman dan tetap membahagiakan, aamiin.


Ambil waktu rehat secukupnya, jangan abaikan alarm tubuh, tetap sehat dan bahagia adalah cara yang paling efektif untuk melalui keadaan saat ini. Tidak perlu memaksa diri untuk kuat di saat hati berkata berbeda. Pilihlah untuk tetap menjadi kita yang memilih bahagia dalam menghadapi tantangan terberat sekalipun. Mudah? Belum tentu, tapi pasti bisa disaat kita memutuskan untuk benar-benar mengerjakannya."

 Teruntuk semua penghuni Bumi, semoga semua mampu tetap memupuk semangat. Manda doakan semoga semua yang terbaik untuk kita semua. Masih ada anak-anak kita yang memerlukan masa depan yang baik di jaman yang jauh berbeda dari sekarang. Yuk mari kita mulai semangat lagi. Terima kasih ya untuk semua yang sudah meluangkan waktunya membaca aliran rasa ini.

Yuk ngobrol di komentar, stay safe, stay healthy dan stay happy!

SHARE 17 comments

Add your comment

  1. Selamat tahun baru. Selamat menjemput tantangan baru dan selalu fokus pada solusi. ❤️

    ReplyDelete
  2. Belajar Belajar dan Belajar mumpung masih bisa... jangan lupa berharap pada-Nya agar diredakan covid-19 nya 😄

    ReplyDelete
  3. Ga berani sekarang bikin resolusi, karena resolusi tahun sebelumnya banyak tidak terselesaikan. Yang penting fokus kedepan, komitmen, konsekuen, dan konsisten. Selamat Tahun baru mbaaa

    ReplyDelete
  4. Manda kereeennn!!
    Alhamdulillah yaa, pandemi membawa kita pada kesempatan belajar ini itu.

    ReplyDelete
  5. Nah ini 2020 bener2 challenging seperti mbak bilang bener2 fokus biar ttp produktif tapi ttp waras selama pandemi. Moga taun ini bisa selese ya pandeminya

    ReplyDelete
  6. Betul kak tetep semangat. Jangan patah harapan, stay healthy tentu saja

    ReplyDelete
  7. semoga semuanya sehaaatt ya
    Sehat wal afiat, banyak rezeki berlimpah dan berkah
    aamiiin aamiin ya robbal alamiin

    ReplyDelete
  8. Wah semangat ya mba manda.. resolusi untuk memulai homescholling pastilah petualangan besar yang bakal dihadapi. Semoga mba dan anak2 bisa menjalani dengan bahagia dan semangat ya..

    Hup hup.. semangat 2021

    ReplyDelete
  9. Pengennya sih 2021 pandemi sudah berakhir. Tetapi, setidaknya bersyukur dulu sudah diberi kesehatan selama tahun 2020. Dan semoga aja di tahun ini masih tetap bisa bertahan :)

    ReplyDelete
  10. Semoga 2021 pandemi sudah berakhir, gara2 pandemi rencana bnyk bgt yg amburadul. Apapun semoga kita dikuatkan dan diberikan kemampuan utk menjalani kehidupan yg nggk jelas ini ya mbak.

    ReplyDelete
  11. Aamiin..
    Semoga di tahun 2021 ini harapan dan impian yg berlum terlaksana dapat terwujud.

    Selamat tahun baru, sukses selalu ya mbak..

    ReplyDelete
  12. Selamat tahun baru, Kak! Semoga tahun ini dimudahkan segala rencana baiknya, yaa :D

    Sintia - www.sintiaastarina.com

    ReplyDelete
  13. biar gimana pun, tetap terima kasih ya untuk 2020 yang memberikan banyak pengalaman itu ya Manda :)
    semoga tahun ini menjadi lebih baik, tetap sehat dan produktif :)

    ReplyDelete
  14. Selamat tahun baru, semoga mimpi dan resolusi di tahun 2021 bisa dicapai dan digapai semuanya. Jadi makin produktif dan semoga tahun 2021 jadi lebih bersahabat

    ReplyDelete
  15. Selamat tahun baru. Semoga tahun ini lebih baik dari kemarin ya. Aku udah lama penasaran ama homeschooling dan udah sempat siapin mental buat masukin anak ke homeschooling. Eh, negara corona menyerang. Ya udah deh sekolahnya di rumah aja. Alhamdulillah selama di rumah malah bisa belajar macem2. Yaaa homeschooling tipis2 lah. Haha..
    Tp ntar klo dah masuk skul pasti aku pertimbangkan lagi deh

    ReplyDelete
  16. Tahun ini sebenarnya tahun yang sangat di nanti. Ada satu rencana besar yang sudah di nantikan oleh saya sendiri dan orang-orang disekitar saya.
    2020? Sejujurnya tahun yang cukup menyenangkan untuk saya kalau dilihat dari sisi lain. Saya punya banyak waktu di rumah, punya waktu belajar dan produktif dari rumah. Seru lagi ketika gaji saya alhamdulillah naik di akhir tahun kemarin.
    Semoga 2021 lebih luar biasa dan keren lagi ya kak

    ReplyDelete
  17. tetap produktif namun tetap waras. like it!

    ReplyDelete

© Alienda Sophia · THEME BY WATDESIGNEXPRESS